10 Cat Tembok Terbaik dan Tahan Lama di Indonesia (Update 2019)

Berencana untuk memperbaiki cat tembok rumah yang sudah tidak cerah lagi? Rumah dengan cat yang cantik dapat memperindah tampilan rumah anda. Enak untuk dipandang mata, dan enak juga dipandang oleh tetangga. Jika rumah anda tidak pernah dicat, maka akan terlihat lebih seram seperti tidak ada kehidupan. Keindahan rumah khususnya dalam hal pengecatan, akan membuat suasana rumah lebih ceria dan mempengaruhi sekali dalam psikologis si pemilik rumah. Maka dari itu, cara terbaik untuk membangun suasana baik di rumah adalah selalu rutin untuk memperbaharui cat tembok jika sudah mulau usang.

Kenyamanan di rumah sangat dibutuhkan oleh setiap orang, disaat setelah seharian beraktivitas maka diperlukan rasa nyaman. Pemilihan warna cat yang benar sangat berpengaruh untuk memberikan rasa nyaman si pemilik rumah. Selain itu, anda perlu memilih cat tembok yang bagus serta tahan lama agar keindahan rumah tetap terjaga. Dalam memilih cat tembok yang baik dan benar untuk mendapatkan hasil terbaik, anda perlu menyesuaikan dengan faktor pencahayaan yang terdapat pada ruangan yang akan diberikan cat.

Faktor pencahayaan sangat penting untuk anda pertimbangkan, tingkat pencahayaan yang baik akan memberikan efek terbaik bagi cat tembok. Ruangan akan lebih cerah dan warna cat akan membantu juga dalam menonjolkan keindahan ruangan anda. Maka dari itu, anda harus lebih paham terhadap ruangan rumah anda yang akan diberikan cat tembok baru. Anda bisa menyesuaikan warna cat dengan suasana pada ruangan tersebut. Misalnya saja anda ingin mengecat tembok kamar tidur, lebih baik gunakan warna yang lebih lembut. Apabila anda ingin mengecat ruang tamu, lebih baik gunakan warna yang lebih terang.

Cat Tembok Terbaik

10 Cat Tembok Terbaik dan Tahan Lama di Indonesia

Dalam memilih warna anda juga harus bijak, padupadankan warna yang masih senada dan jangan gunakan warna yang bertabrakan karena akan mengurangi keindahan rumah anda. Jangan gunakan warna yang terlalu banyak yang akan membuat ruangan anda menjadi hilang keindahannya. Sebelum memutuskan untuk menentukan warna cat, anda bisa berkonsultasi dengan toko yang menjual cat. Biasanya mereka memiliki kombinasi, campuran warna, turunan warna, hingga tingkat kontrasnya warna.

Jenis-Jenis Cat Tembok

Mungkin anda berfikir bahwa semua cat tembok sama saja, yang penting menghasilkan warna yang cerah dan sesuai dengan kemauan anda itu sudah lebih dari cukup. Tetapi, anda harus menentukan cat tembok yang sesuai dengan kebutuhan anda serta efek yang dimunculkan oleh cat setelah diaplikasikan. Saat ini, industri cat tembok terbaik semaki berkembang dan inovasi yang dibawa mereka juga beragam. Jenis-jenis cat tembok yang bisa anda dapatkan juga bermacam-macam, semua tergantung kebutuhan anda. Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa jenis cat tembok yang terbaik untuk diaplikasikan pada ruangan anda.

Flat (Matte)

Cat dengan jenis ini tidak menawarkan efek bersinar sama sekali, tetapi sangat baik untuk diaplikasikan pada ruangan yang jarang dilalui seperti ruang tamu dan kamar tidur. Bahkan langit-langit rumah juga lebih cocok untuk menggunakan jenis cat Flat Matte.

Flat Enamel

Jenis cat tersebut tidak memberikan efek kemilau sama seperti Flat Matte, tetapi cat ini mudah untuk dibersihkan. Anda bisa mengaplikasikan pada ruangan yang sedikit lalu lintasnya, dan pilihan terbaik untuk anda yang memiliki anak kecil atau hewan peliharaan.

Eggshell

Cat ini memiliki sedikit kilau dan salah satu pilihan terbaik untuk tembok anda yang memiliki lalu lintas sedang. Cocok untuk diaplikasikan pada ruang tamu, ruang kerja, dan kamar tidur. Selain itu, cat jenis tersebut lebih mudah dibersihkan dengan kain lembab.

Satin

Satin menawarkan warna cat yang lebih bersinar dan bekerja baik pada ruangan yang memiliki lalu lintas tinggi, bisa juga diaplikasikan pada ruangan yang memiliki kelembaban tinggi. Cat ini mudah untuk dibersihkan dari kotoran yang menempel, anda bisa mengaplikasikannya pada dapur atau kamar mandi.

Semi-Gloss

Menawarkan wara yang mengkilap dan sangat cocok untuk diaplikasikan pada tembok yang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi.

Hi-Gloss

Yap, Cat ini menawarkan warna yang berkilau. Hasil akhir yang ditawarkan oleh jenis cat tersebut adalah kilat seperti gelas, cocok untuk diaplikasikan pada permukaan yang lebih tinggi seperti pagar atau perabotan anda.


ADVERTISEMENT



10 Daftar Cat Tembok Terbaik Berbagai Merek

Nah, mungkin anda sudah mendapat sedikit gambaran bagaimana memilih cat tembok yang terbaik untuk rumah anda. Menggunakan cat yang benar akan membuatnya lebih tahan lama. Ditambah lagi momen lebaran, natal & tahun baru, hari besar keagamaan lainnya akan segera datang, maka dari rayakan hari besar keagaam anda dengan mengecat ulang rumah sehingga momen kehangatan hari besar akan lebih terasa. Dibawah ini kami akan merekomendasikan 10 merk cat tembok terbaik yang ada di pasaran.

1. No Drop Tinting

Harga Rp. 254.000 (4kg)

No Drop Tinting
Lihat produk ini di Bukalapak

No Drop Tinting adalah cat pelapis anti bocor dekoratif besutan dari Avian Paint. Cat tersebut dapat melindungi tembok dari retak rambut dan rembesan air yang biasa terjadi di rumah anda. Terdapat banyak pilihan warna yang bisa memperindah rumah anda dengan menggunakan cat tembok terbaik dari No Drop Tinting. Cat pelapis anti bocor tersebut dibuat dari resin yang memiliki kandungan acrylic sehingga bisa anda aplikasikan pada tembok luar dan dalam rumah.

Cat ini bersifat kedap air sehingga dapat menahan rembesan air, dan sangat elastis untuk menutup retak rambut yang biasa terjada pada tembok rumah. Ketahanan alkalinya juga sangat bagus, mengandung formula anti jamur. Memiliki warna yang bermacam-macam sehingga bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan tembok anda. Hasil akhir yang ditawarkan oleh No Drop Tinting adalah penampilan sedikit Gloss.

Pengenceran bisa menggunakan air bersih, waktu kering sempurna yang ditawarkan oleh No Drop Tinting 2 hingga 4 jam semua tergantung dari cuaca. Sebelum memberikan cat tembok, permukaan harus dalam keadaan kering, bersih dari debu, karat, minyak serta kotoran yang akan membuat cat mudah mengelupas. Cat tersebut sangat cocok untuk digunakan pada tembok, beton, asbes, dan plaster.

2. Jotun Jotaplast

Harga Rp. 120.000 (3.5L)

JOTUN Jotaplast

Lihat produk ini di Blibli

Cat Jotun menggunakan bahan dasar Acrylic yang sudah dimodifikasi, Jotaplast mampu memenuhi kebutuhan dasar dari dinding anda serta langit-langit interior pada rumah anda. Dengan menggunakan cat ini akan menutup ketidaksempurnaan pada permukaan tembok anda dengan lebih praktis. Jotun Jotaplast 100% bebas dari bahan kimia yang berbahaya untuk anda seperti APEO, Formaldehida, dan juga logam berat.

Produk Jotun ini sudah memiliki sertifikat Green Label dari Singapura. Tampilan yang halus dengan hasil matt memberikan keindahan pada tembok anda, anda lebih hemat dalam menutup ketidak sempurnaan pada tembok. Terdapat anti fungal sehingga dapat melawan petumbuhan jamur. Sangat mudah untuk diaplikasikan pada tembok diding anda atau plafon. Terdapat banyak pilihan warna yang cocok untuk diaplikaskan pada kamar tidur anda.

3. Dulux Catylac Interior

Harga Rp. 127.000 (5kg)

Dulux Catylac Interior

Lihat produk ini di Blibli

Dulux Catylac Interior merupakan salah satu merek yang terkenal dalam produk cat tembok terbaik. Cat tersebut telah menggunakan teknologi Chroma-Brite, dengan teknologi tersebut akan membuat cat tembok memiliki efek kilau. Produk ini sudah mendapat sertifikat Green Label dari Singapura, yang menjamin bahwa produk tersebut ramah akan lingkungan. Selain itu, cat Dulux Catylac Interior tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Cat Dulux Catylac Interior akan menghadirkan keindahan pada dinding interior rumah anda. Terdapat banyak pilihan warna yang bisa anda aplikasikan keseluruh ruangan rumah anda. Terdapat 2 kemasan yang bisa anda dapatkan, karena Dulux menyediakan kemasan 5 kg dan 25 kg. Anda bisa membeli sesuai dengan kebutuhan, Dulux Catylac Interior memiliki waktu sekitar 1 hingga 2 jam untuk kering.



4. Avitex Cat Tembok

Harga Rp. 105.000 (5kg)

Avitex Cat Tembok
Lihat produk ini di Bukalapak

Cat Tembok Avitex masih satu keluarga dari No Drop, dengan tagline Cat Orang Hebat-nya dapat mencuri perhatian banyak orang. Avitex dapat memperindah rumah anda dengan sentuhan warna-warna yang baik untuk anda. Menggunakan formula baru, cat tersebut mampu bertahan hingga lama dalam mewarnai kehidupan anda. Keistimewaan yang ditawarkan oleh Avitex adalah daya tutup terbaiknya. Sangat mudah untuk diaplikasikan dan mudah untuk dibersihkan juga dari noda kotor.

Hasil akhir yang ditawarkan oleh cat tembok Avitex adalah matt atau tidak mengkilap. Anda bisa menggunakan air bersih sebagai bahan pengencer. Cat dapat kering secara sempurna sekitar 8-12 jam, dan masa kering sentuh sekitar 30 menit yang tergantung dengan sirkulasi serta suhu sekitar. Cara pengaplikasiannya juga gampang, anda bisa menggunakan kuas, roll, ataupun spray. Pastikan permukaan yang akan dicat dalam keadaan kering dan besih.

5. PROPAN Go Fast A-1000

Harga Rp. 62.000 (0.9L)

PROPAN Go Fast A-1000
Lihat produk ini di Blibli

Go Fast A-1000 merupakan cat yang multifungsi karena bisa diaplikasikan pada cat besi dan kayu, serta tembok. Cat sintetik bisa anda encerkan dengan air bersih, anda tidak perlu menunggu lama karena cat tersebut lebih cepat kering. Daya lekat yang kuat ke substrat, tahan terhadap cuaca, serta mudah diaplikasikan, warna yang lebih tahan lama, tidak mudah pudar adalah keunggulan yang ditawarkan oleh PROPAN Go Fast A-1000.

Cat PROPAN Go Fast A-1000 tahan terhadap segala cuaca, karena kebanyakan cat tidak bertahan lama dengan cuaca yang terjadi di Indonesia. Terdapat banyak pilihan warna yang bisa anda aplikasikan pada tembok anda. Go Fast A-1000 menawarkan 2 jenis cat dengan hasil akhir Glossy dan Doff, anda bisa menyesuaikan dengan keinginan anda.

6. Nippon Spot Less Plus

Harga Rp. 155.000 (2.5L)

Nippon Spot Less Plus
Lihat produk ini di Blibli

Nippon Spot Less Plus merupakan varian terbaru dari Nippon Paint, produk tersebut merupakan penerus dari seri sebelumnya yang sudah dikenal dipasaran. Sehingga anda bisa mendapatkan cat tembok yang terbaik untuk rumah anda. Cat ini mampu menahan noda cair yang terkadang tidak sengaja menempel pada dinding, hal tersebut dikarenakan Nippon Spot Less Plus sudah menggunakan teknologi Stain Guard.

Keistimewaan yang ditawarkan oleh Nippon Spot Less Plus adalah memiliki teknologi anti bakteri, karena bakteri bisa saja menempel pada dinding tanpa kita sadari. Selain itu, cat tersebut tidak berbau sehingga aman untuk digunakan pada ruangan anda. Cat tersebut bisa anda apalikasikan pada ruangan tidur, tempat bermain, ruangan sekolah.



7. LENKOTE Aquamatt Cat Tembok

Harga Rp. 125.000 (5kg)

LENKOTE Aquamatt Cat Tembok
Lihat produk ini di Bukalapak

LENKOTE memiliki banyak varian warna dan anda bisa melihat mendapatkan kartu warna ditoko resmi yang menjual produk cat tersebut. Anda bisa mendapatkan kartu warnanya melalui Google Play ataupun App Store. Cat tembok tersebut mengusung konsep Velue for Money, LENKOTE memiliki daya tutup yang bagus dan merata. Terdapat perlindungan bakteri, jamur dan lumut sehingga rumah anda akan tetap sehat.

Long lasting color sehingga cat tersebut lebih tahan lama, hasil akhir yang ditawarkan oleh LENKOTE adalah matt atau tidak mengkilap. Pengencerah cat dapat menggunakan air besih sehingga lebih hemat, cat dapat kering sempurna dalam waktu 2-4 jam tergantung dengan suhu pada ruangan. Anda bisa mengaplikasikan cat tersebut dengan menggunakan roll, kuas, dan spray.

8. Puffin Insect Guard

Harga Rp. 88.000 (5kg)

Puffin Insect Guard
Lihat produk ini di Bukalapak

Cat Puffin Insect Guard merupakan cat anti serangga yang dapat melindungi keluarga anda dari serangan serangga. Serangga selain mengganggu juga membawa kuman yang dapat menyebabkan penyakit seperti malaria, alergi dan demam berdarah. Puffin Insect Guard bukan hanya sebagai anti nyamuk, tetapi cat tersebut dapat mengusir rayap, lalat, kecoa, semut, dan serangga lainnya.

Puffin Insect Guard mengandung bahan kimia alami yang didapat dari ekstrak tumbuhan yang telah dikeringkan dan bahan tersebut hanya berpengaruh pada serangga saja. Cat tersebut tidak berbau dan beracun, selain itu mudah untuk diaplikasikan ke tembok. Cat tembok terbaik ini dari Puffin ini sangat aman untuk manusia dan hewan peliharaan anda. Produk tersebut sudah mengalami pengujian dari Health & Safety Executive dari Inggiris dan juga TUV dari Singapura. Anti jamur juga ditawarkan oleh cat Puffin Insect Guard dan mudah untuk dibersihkan pastinya. Hasil akhir yang ditawarkan oleh cat tersebut adalah Glossy dan Clear Satin.

9. ARIES Cat Tembok

Harga Rp. 40.000 (5kg)

ARIES Cat Tembok
Lihat produk ini di Bukalapak

ARIES Cat Tembok sudah cukup dikenal dipasaran, harga yang ekonomis adalah keunggulannya. Karena dengan harga dibawah Rp. 50.000 anda sudah bisa mendapatkan cat tembok terbaik dari ARIES dengan ukuran 5 kg. Terdapat banyak pilihan warna yang bisa anda padupadankan dengan berbagai warna setiap ruangan anda. Cat tembok berkualitas dari ARIES dapat digunakan untuk semua jenis ruang dalam atau luar ruangan.

Cat ini memiliki daya tutup yang baik dan tahan akan jamur serta lumut. Tidak menggunakan merkuri dan timbal, sehingga lebih aman untuk digunakan. Hasil akhir yang ditawarkan oleh ARIES Cat Tembok adalah matt atau tidak mengkilap. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, direkomendasikan untuk mengaplikasikan sebanyak 2 lapisan. Cara pengaplikasiannya juga gampang, anda bisa menggunakan kuas, roll, maupun semprot.

10. Mowilex Cendana

Harga Rp. 120.000 (5kg)

Mowilex Cendana
Lihat produk ini di Bukalapak

Mowilex Cendana adalah cat tembok yang masuk dalam kategori untuk kebutuhan interior. Tampilan ruangan anda akan terlihat lebih lembut dan tampak lebih hidup. Anda bisa mendapatkan warna dengan akurasi yang baik, anda bisa menyesuaikan warna yang ada butuhkan dengan Mowilex Cendana ini. Anda bisa memanfaatkan teknologi Tinting untuk mendapatkan warna cat dari hasil pencampuran yang baik.

Terdapat ratusan variant warna yang bisa anda dapatkan, warna cat tersebut juga tahan lama dan formulanya juga telah dikembangkan dengan baik. Anda bisa mendapatkan cat tersebut dalam 2 kemasan yaitu 5 kg dan 25 kg dalam bentuk kaleng plastik. Cara pengaplikasiannya juga gampang, anda bisa menggunakan kuas atau roller.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang kami bagikan kepada anda terkait cat tembok terbaik dan tahan lama. Semua produk yang kami tampilkan memiliki kelebihannya masing-masing, jika anda ingin menggunakan cat dengan dukungan anti serangga, anda bisa memilih cat Puffin Insect Guard. Harga yang kami tampilkan diambil dari berbagai sumber toko online yang ada di Indonesia, harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa proses pemberitahuan sebelumnya.

Anda bisa membeli produk cat tembok terbaik tersebut dari link yang telah kami sertakan pada setiap produk. Setiap link terdapat kode affiliasi yang memungkinkan kami mendapatkan komisi dari setiap produk yang dibeli, jika anda membeli produk tersebut dari link diatas tidak ada perbedaan jika membelinya langsung melalui toko onlinenya. Semoga informasi yang kami bagikan berguna untuk anda dalam memilih cat yang sesuai dengan anda.