10 Rekomendasi Mesin Penghancur Kertas Terbaik (Update Tahun 2019)

Bagaimana cara anda memilih produk mesin penghancur kertas dan yang terbaik untuk keperluan di rumah anda? Atau anda mencari mesin mana yang sesuai dan direkomendasikan untuk kantor? Mungkin anda masih bingung membedakan mesin penghancur strip-cut, cross-cut, hingga micro-cut. Membeli penghancur dokumen terdengar sangat mudah, tetapi beberapa hal perlu diingat. Itu sebabnya kami menyarankan anda untuk membaca panduan dalam membeli mesin penghancur kertas, sehingga anda tahu apa yang harus dipertimbangkan ketika membeli mesin tersebut.

Memilih mesin penghancur kertas atau peralatan kantor lainnya seharusnya tidak menjadi sesuatu yang sulit. Fitur yang dimiliki oleh mesin penghancur kertas juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Karena, setiap produsen pastinya akan memberikan kelebihan yang mungkin saja tidak dimiliki oleh produsen lainnya yang ada di pasaran.

Cara Memilih Mesin Penghancur Kertas Terbaik

Cara Memilih Mesin Penghancur Kertas Terbaik

Untuk memilih mesin penghancur kertas memang diperlukan ketelitian karena jika salah membeli akan membuatnya menjadi sia-sia. Untuk penggunaan pribadi akan berbeda dengan penggunaan untuk kantor, kapasitas penggunaan di kantor lebih besar jika dibandingan dengan untuk dirumah. Yuk, simak cara memilihnya dibawah ini.

Pastikan Ukuran Kertas Yang Didukung

Dalam proses pengambilan keputusan untuk membeli mesin penghancur kertas dimulai dari ukuran kertas yang didukung oleh mesin tersebut. Anda pastinya sudah mendapat gambaran untuk ukuran kertas yang biasa anda gunakan pada kantor atau rumah anda. Sebagian besar kantor memutuskan untuk menggunakan mesin penghancur kertas yang memiliki ukuran letter.

Namun terkadang anda juga membutuhkan lebih banyak lagi jenis ukuran kertas yang didukung oleh mesin penghancur kertas tersebut. Misalnya saja dokumen pajak atau slip pembayaran tertentu yang dicetak dengan lembaran persegi ekstra besar. Mungkin saja anda bisa mengakalinya dengan cara melipat satu atau dua bagian sebelum memasukkannya ke mesin penghancur tersebut. Tetapi, ketika tumpukan mencapai jumlah yang banyak pastinya akan menyulitkan anda.

Nah, maka dari itu dibutuhkan untuk memastikan ukuran kertas apa yang dapat dihancurkan oleh mesin tersebut. Jika anda lebih banyak menghancurkan ukuran kertas Letter, maka pastikan mesin sudah mendukung ukuran tersebut jika anda membeli untuk kertas kuarto mungkin akan menyulitkan pastinya. Memang hal tersebut dapat diakali dengan melipat kertas atau menyobeknya menjadi dua bagian. Tetapi, anda membutuhkan kerja ekstra untuk memprosesnya dan mungkin saja akan menambah waktu anda.

Pilih Mesin Dengan Cacahan Yang Diinginkan

Anda mungkin menganggap semua mesin penghancur kertas terbaik adalah sama, itu adalah pikiran yang salah. Tidak semua penghancur kertas itu menghasilkan potongan atau cacahan yang sama. Maka dari itu, mesin penghancur kertas dikategorikan menjadi 3 jenis, untuk membedakannya anda bisa melihat ulasannya dibawah ini.

Stip-Cut Shredder

Penghancur kertas ini akan menghasilkan potongan-potongan kertas berbentuk strip, biasanya digunakan untuk menghancurkan kertas-kertas yang bukan merupakan dokumen rahasia. Ini akan merobek kertas secara vertikal dalam bentuk strip yang sempit dan panjang sehingga masih mudah untuk dibaca. Untuk tingkat keamanan, strip-cut tergolong rendah sehingga memang digunakan untuk menghancurkan dokumen yang tidak sensitif.

Bentuk kertas yang dicacah layaknya seperti spageti, potongan hanya berbentuk vertikal. Untuk ukuran kertas mesin hanya menampung sekitar 39 strip per dokumen yang dirobek untuk ukuran A4. Mesin dengan jenis ini memiliki tingkat keamanan yaitu DIN P-1 dan DIN P-2.

Cross-Cut Shredder

Untuk anda yang memiliki dokumen rahasia dan tidak ingin diketahui oleh orang lain. Menggunakan mesin penghancur kertas dengan tipe Cross-Cut adalah pilihan yang terbilang yang bagus dan terbaik untuk anda. Mesin penghancur kertas ini akan memotong kertas dengan cara menyilang atau cross, dokumen yang termasuk rahasia akan dicacah dengan menyilang. Robekan kertas akan dibuat secara diagonal dari kedua sudut dalam partikel pendek sehingga tidak bisa dibaca oleh orang lain.

Untuk tingkat keamanan, Cross-Cut Shredder termasuk menengah dengan tingkatan keamanan DIN P-3 dan DIN P-4. Dokumen sensitif akan dirobek dengan partikel-partikel yang kecil dan berbentuk kecil. Untuk kertas berukuran A4 akan terdapat sekitar 400 partikel per dokumen yang dihancurkan.

Micro-Cut Shredder

Mungkin anda belum merasa puas jika menggunakan mesin penghancur kertas dengan tipe Cross-Cut. Anda bisa menggunakan mesin penghancur kertas micro, mesin tersebut bekerja dengan baik untuk merobek dokumen yang sangat rahasia sekalipun. Mesin akan merobek kertas secara diagoal dari kedua sudut dalam partikel yang berbentuk persegi, sehingga hasil cacahan tidak dapat dibaca lagi.

Untuk tingkat keamanan, mesin penghancur kerta tersebut terbaik sekali dengan tingkat kemanan yang tinggi. Dokumen anda yang sangat sensitif akan dirobek dengan baik. Jika anda menghancurkan kertas berukuran A4, akan terdapat sekitar 3.700 partikel dalam satu dokumen. Level keamanan untuk mesin tersebut adalah DIN P-5 atau lebih tinggi dari itu.

Manakah Yang Lebih baik Cross-Cut atau Micro-Cut

Jadi, apa jenis mesin penghancur kerta terbaik untuk anda? Apakah menggunakan mesin yang dapat mencacah tipe Cross-Cut atau Micro-Cut? Semua tergantung dengan apa yang anda butuhkan, jika dilihat dari sisi keamanan dan jenis dokumen apa yang ingin anda hancurkan. Jika kebanyakan dokumen yang akan dihancurkan bersifat rahasia, ada baiknya untuk menggunakan produk dengan DIN P-3, DIN P-4, atau DIN P-5. Maka dari itu, penggunaan pengancur kertas jenis Cross-Cut atau Micro-Cut bisa menjadi pilihan yang aman.

Semua tergantung dengan tingkat keamanan dokumen yang anda hancurkan, jika bersifat sangat rahasia menggunakan Micro-Cut bisa menjadi pilihan yang tepat. Shredder menggunakan Micro-Cut akan menghancurkan kertas menjadi partikel jauh lebih kecil sehungga informasi yang terdapat pada kertas tidak dapat dibaca. Hal tersebut bisa anda dapatkan dengan mesin penghancur kertas micro-cut.

Apa itu DIN?

Mungkin anda belum paham maksud DIN pada tulisan diatas, DIN merupakan singakatan dari Deutsches Institut für Normung atau German Institute for Standardization. Ini merupakan standar yang membantu pengguna untuk tingkat keamanan pada produk mesin penghancur kertas yang terbaik dan digunakan di Eropa. Bahkan di Amerika Serikat sendiri, produk-produk tersebut dievaluasi oleh Badan Keamanan Nasional Amerika atau National Security Agency (NSA).

Setiap produk penghancur kertas anda akan melihat klasifikasi DIN di sebelahnya. Misalnya saja anda akan mendapati DIN P-1 atau DIN P-3, tapi apakah anda sudah tau apa artinya tersebut? DIN digunakan secara resmi oleh Jerman sejak tahun 2012 dengan standar German DIN 66399. DIN digunakan untuk standar dalam penghancuran kertas, semakin rendah DIN P-Levelnya maka kertas yang dicacah akan dapat dilihat isinya, dan sebaliknya cacahan akan semakin kecil jika DIN P-Levelnya tinggi.

Pada standart DIN 66399 yang sebelumnya DIN 32757, standar DIN terbaru ini memiliki tingkat mulai dari DIN P-1 hingga DIN P-7, untuk standar sebelumnya hanya menggunakan DIN P-1 hingga DIN P-6. Semakin tinggi tingkat DIN-nya semakin kecil pula partikel kertas yang dicacah oleh mesin penghancur kertas tersebut.



Perhatikan Jumlah Pengguna Mesin Shredder

Ini juga harus anda perhatikan sebelum memutuskan membeli mesin penghancur kertas, apakah anda hanya menggunakannya sesekali seperti halnya didalam rumah? Jika anda menggunakannya tidak begitu rutin mungkin menggunakan mesin shredder dengan ukuran kecil bisa menjadi ide yang tepat untuk menghemat ruang serta budget. Apakah anda merupakan pengguna dengan intensitas yang rutin dan ingin menghancurkan kertas-kertas dokumen rahasia setiap hari di kantor? Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan mesin dengan kapasitas yang lebih besar, karena lingkungan kantor memiliki jumlah pengguna yang lebih banyak.

Untuk menemukan mesin penghancur kertas yang sesuai, mesin ini dikategorikan dalam beberapa segmen yaitu:

  • Personal Shredders for Home, jenis ini biasanya digunakan untuk 1 hingga 2 pengguna saja.
  • Home Office atau Small Office Shredders, anda bisa menggunakan mesin tersebut untuk 1 pengguna hingga 5 orang pengguna.
  • Commercial Heavy-Duty Shredders, cocok untuk digunakan pada lingkungan seperti departemen karena bisa menampung lebih dari 5 pengguna.
  • Industrial Paper Shredder Machines, kalau jenis mesin ini dikhususkan untuk penghancur kertas dengan skala volume yang besar.

Pilih Kapasitas Lembar Sesuai Kebutuhan

Setelah kita menentukan jenis pencacahan kertas dan jumlah pengguna yang akan menggunakan mesin penghancur kertas tersebut. Anda juga harus memperhatikan kapasitas lembar yang dapat ditampung oleh mesin shredder tersebut. Penghancur kertas dasar biasanya dapat merobek 1 hingga 3 dokumen sekaligus, tapi penghancur kertas yang lebih tinggi lagi akan dapat menelan hingga 20 lembar kertas dalam sekali jalan. Kemampuan untuk menghancurkan lembaran dokumen dalam jumlah yang banyak akan mempercepat waktu pekerjaan anda.

Rata-rata mesin penghancur kertas terbaik yang ada di pasaran yang cocok digunakan pada kantor kecil atau rumah, dapat berjalan untuk merobek kertas antara 10 hingga 20 lembar kertas A4 dalam sekali lewat. Nah, pastinya anda sudah paham berapa lembar yang mungkin anda ingin hancurkan dalam sekali waktu?

Mesin Penghancur Kertas Manual atau Otomatis?

Mesin penghancur kertas dibagi atas dua varian yaitu dengan feed manual atau feed otomatis. Penghancur kertas dengan varian ini, anda harus menggunakan tangan untuk memasukkan kertas ke dalam slotnya. Jumlah kertas yang dapat dimasukkan tergantung dengan kemampuannya, setelah kertas dilahap sampai habis, anda harus memasukkannya lagi sampai semua kertas yang ingin anda hancurkan sudah habis.

Berbeda halnya dengan mesin penghancur yang menggunakan feed otomatis, untuk mesin tersebut lebih hemat akan waktu karena proses penghancuran kertas dapat dilakukan lebih cepat. Cara kerja mesin penghancur otomatis ini mirip dengan printer kantor atau mesin fotokopi. Anda hanya mengisi sejumlah kertas didalam bak yang telah tersedia, lalu menekan tombol mulai dan shredder akan menanganinya. Jumlah kertas yang hancur dalam sekali sesi tergantung dengan mesin penghancurnya tersebut. Beberapa feed otomatis dapat menampung hingga 100 lember dokumen A4, dan mesin lainnya juga dapat menampung hingga 500 lembar banyaknya.

Pilih Mesin Penghancur Dengan Fitur Keamanan

Mesin penghancur kertas bukanlah mainan karena berisi satu set pisau pencacah yang tajam. Disarankan untuk menggunakan mesin tersebut selalu berhati-hati saat dioperasikan, jangan sekali-kali meninggalkan mesin penghancur kertas dalam pengawasan. Terutama terdapat anak-anak atau hewan peliharaan pada sekitar anda. Cabut selalu mesin shredder jika anda sudah tidak menggunakannya lagi, lalu letakkan pada tempat yang aman dari jangkaian anak-anak.

Maka dari itu, penting untuk anda mencari fitur keamanan terbaik yang ditawarkan oleh mesin penghancur kertas tersebut. Dengan fitu keselamatan khusus akan mencegah terjadinya cedera pada tangan atau anak-anak anda. Cari produk yang menggunakan beberapa fitur seperti safety lock dan safety sensor. Safety lock akan mengunci shredder bahkan mesin dalam keadaan dicolokkan. Sedangkan safety sensor, mesin dapat bekerja dengan baik jika sensor mendeteksi kertas yang masuk, dan jika tangan atau jari menyentuh lubang, mesin akan segera mati secara otomatis.

Nah, anda pastinya sudah mendapat gambaran produk mana yang sesuai untuk anda gunakan. Mesin penghancur sekarang mudah untuk didapatkan dan bisa anda temui dibeberapa mall yang menjual peralatan kantor dan rumah. Untuk harga memang bermacam-macam, semua tergantung dengan fitur yang dibawa oleh masing-masing shredder.

10 Mesin Penghancur Kertas Terbaik di Pasaran

Kami akan mengulas 10 mesin penghancur kertas terbaik yang ada di pasaran saat ini. Untuk anda yang sedang mencari mesin penghancur kertas, mungkin rekomendasikan kami dibawah ini bisa membantu anda. Yuk, simak daftarnya dibawah.

1. EBA Dino 28 Auto Feed Shredder

Harga Rp. 9.680.000

EBA Dino 28, mesin penghancur kertas best seller

EBA Dino 28 adalah salah satu produk penghancur kertas yang terbaik di pasaran. Mesin penghancur ini merupakan auto feed shredder atau mesin penghancur otomatis. Dino 28 dapat mencacah kertas dengan ukuran 220mm atau setara dengan kertas A4. Untuk penggunaan manual, mesin penghancur kertas ini dapat melahap 6 lembar kertas dalam sekali jalan. Sedangkan untuk penghancur otomatis, EBA Dino 28 dapat menghancurkan kertas sebanyak 150 lembar.

Selain dapat menghancurkan kertas, mesin tersebut juga dapat menghancurkan staples dan compact disc. Untuk volume bak penampungan, mesin tersebut dapat menampung hingga 30 liter banyaknya kertas. Hasil potongan kertas adalah Cross-Cut dengan tingkat keamanan yaitu DIN P-4. Dimensi dari mesin tersebut sekitar 520mm x 444mm x 360mm dan membutuhkan daya listrik sebesar 230V. Terdapat beberapa tombol dan lampu yang menyala untuk memudahkan anda dalam mengoperasikannya.

2. Ideal 8283 CC Shredcat Auto Feed Dokumen

Harga Rp. 9.582.000

Ideal 8283 CC

Ideal merupakan brand asal Jerman yang sudah dikenal selama 65 tahun lamanya. Mesin penghancur kertas ini merupakan auto feed yang dapat bekerja dalam dua fungsi yaitu automatis atau manual. Untuk kertas memiliki berat 70 gram mesin hanya bisa menghancurkan 6 kertas secara manual dan otomatis sebanyak 300 lembar. Sedangkan kertas 80 gram bisa dihancurkan oleh mesin sebanyak 5 buah untuk manual dan 300 lembar untuk penggunaan auto feed.

Bukan saja kertas yang dapat dicacah oleh mesin ini, tetapi CD/DVD juga dapat dicacah menjadi 2 bagian. Terdapat beberapa tombol dan lampu LED yang memudahkan anda dalam mengoperasikan, lampu yang menyalakan akan memberikan informasi kepada anda tentang kesiapan mesin. Terdapat bak yang cukup besar sehingga dapat menampung hasil cacahan lebih banyak. Ketika bak sudah mulai penuh pada saat anda mengoperasikannya, shredder akan berhenti secara otomatis.
Untuk keamanan, Ideal memberikan fitur Locking untuk menjaga barang sensitif anda tetap aman selama proses penghancuran otomatis. Ideal 8283 CC menggunakan cacahan Cross-Cut dengan tingkat keamanan DIN P-4.

3. Aurora AS 1500CD Cross-Cut

Harga Rp. 3.600.000

Aurora AS 1500CD Cross-Cut

Aurora AS 1500CD merupakan mesin penghancur kertas terbaik dengan dukungan 3 slot untuk menghancurkan kertas, CD atau DVD, dan Kartu Kredit/Debit. Mesin penghancur kertas tersebut memiliki bak berkapasitas 35 liter dengan pisau pencacah Cross-Cut. Desain yang ditawarkan oleh Aurora AS 1500CD sangat simpel dan elegan yang dibalut dengan warna hitam. Mesin penghancur kertas ini bisa digunakan pada kantor dan instansi pemerintahan, berkas rahasia akan dihancurkan oleh mesin.

Pada bagian bawah terdapat roda yang memudahkan anda untuk memindahkannya sesuai dengan keinginan anda. Mesin penghancur kertas ini menggunakan fitur extra low noise operation sehingga lebih tenang dan tidak berisik. Terdapat informasi jika bak telah terisi penuh dengan cacahan kertas. Untuk security level, Aurora AS 1500CD telah sesuai standart DIN P-4.


ADVERTISEMENT



4. DAHLE Shredder 22114

Harga Rp. 7.370.000

DAHLE Shredder 22114

DAHLE 22114 merupakan mesin penghancur kertas dengan tipe cacahan Cross-Cut yang dapat menghancurkan kertas berukuran 4 x 36mm. Dalam sekali kerja, anda bisa memasukkan 10 lembar kertas berukuran A4 dengan bobot 80 gram. Bukan saja untuk mencacah kertas, tapi dapat digunakan untuk mencacah CD/DVD, Kartu, dan Paper Clips. Bak penampungan hasil cacahan terbilang cukup besar, terdapat perbedaan lokasi untuk hasil cacahan kertas dan CD/DVD.

Mesin penghancur kertas terbaik dari DAHLE menggunakan 4 roda yang memudahkan anda untuk memidahkannya ke tempat yang anda sukai. Pada bagian atas terdapat 2 lampur LED yang memberikan informasi Power dan Overload. Selain datang dengan cacahan tipe Cross-Cut, level keamanan untuk mesin penghancur tersebut adalah DIN P-4. Untuk suara, produk ini tidak terlalu berisik saat beroperasi.

5. SECURE Maxi 34CCM

Harga Rp. 3.820.000

SECURE Maxi 34CCM

SECURE Maxi 34CCM bisa anda gunakan untuk penggunaan di rumah atau kantor yang memiliki intensitas penghancuran kertas yang tidak terlalu sering. Produk SECURE Maxi 34CCM menggunakan jenis penghancuran Cross-Cut untuk kertas berukuran 3.8mm x 40mm. Mesin penghancur kertas terbaik ini cocok untuk mencacah dokumen atau berkas yang bersifat rahasia sehingga tidak mudah diketahui oleh orang. Hasil cacahan Cross-Cut sulit untuk disatukan kembali sehingga aman, dan hal berbeda justru lebih tidak aman jika menggunakan Strip-Cut.

Mesin penghancur kertas tersebut dapat menghancurkan hingga 17 lembar kertas dalam sekali waktu. Kecepatan mesin untuk menghancurkan 3m dalam waktu semenit. Daya tampung mesin penghancur kertas ini cukup besar hingga 34 liter sehingga tidak perlu sering-sering dikosongkan. Bukan saja kertas yang dapat dicacah oleh SECURE Maxi 34CCM, bahkan CD dan Credit Card juga bisa. Terdapat fitur terbaik untuk SECURE Maxi 34CCM seperti LCD Display, Safe touch function, Bin full notif, Overload atau Overheat protection. Perangakat tersebut memiliki dimensi sekitar 390mm x 305mm x 645mm.

6. Kozure Paper Shredder KS-7500C

Harga Rp. 2.500.000

Kozure Paper Shredder KS-7500C

Kozure Paper Shredder KS-7500C merupakan produk penghancur kertas yang memiliki kapasitas penampungan cacahan hingga 24 liter. Dalam sekali waktu, mesin tersebut dapat menghancurkan 11 lembar kertas dengan tipe Cross-Cut dan memiliki standart keamanan DIN P-3. Terdapat 2 slot untuk mencacah, slot yang lebar dipergunakan untuk menghancurkan kertas sedangkan slot kecil untuk menghancurkan CD/DVD atau Kartu Kredit. Kozure Paper Shredder KS-7500C memiliki desain yang elegan yang dibalut dengan warna hitam.

Kozure Paper Shredder KS-7500C memiliki dimensi sekitar 365mm x 265mm x 555mm. Selain bak yang memiliki kapasitas cukup besar, Kozure dilengkapi dengan 4 roda yang sangat memudahkan untuk memindahkan perangkat ke tempat yang sesuai dengan kemauan anda. Terdapat 3 lampu LED yang memudahkan anda untuk mendapatkan informasi, apakah bin sudah penuh atau overheat.



7. HSM Shredder S10

Harga Rp. 1.900.000

HSM Shredder S10

HSM Shredder S10 adalah alat penghancur kertas yang dirancang untuk kebutuhan di kantor atau rumah anda. Mesin penghancur kertas tersebut sangat tepat untuk digunakan bagi mereka yang tidak heavy duty. Untuk kapastias hasil cacahannya tidak begitu besar seperti merek sebelumnya yang kami ulas, tetapi kapasitas 18 liter dirasa cukup untuk penggunaan yang tidak terlalu sering.

HSM Shredder S10 menggunakan pisau penghancuran bertipe strip-cut, untuk anda yang memiliki dokumen rasahasia, sebaiknya tidak menghancurkannya dengan mesin ini karena dapat disatukan kembali. Model strip-cut memberikan potongan penghancuran dengan lebar 6 mm. Dalam sekali pengoperasian, mesin ini dapat mencacah 10 lembar sekaligus. Mesin penghancur kertas terbaik ini memiliki bunyi yang halus sehingga tidak berisik saat penggunaannya.

8. GBC Prostyle+

Harga Rp. 2.600.000

GBC Prostyle Plus

GBC Prostyle+ adalah produk penghancur kertas dengan gaya potongan Cross-Cut. Mesin penghancur kertas dari GBC dapat mencacah kertas berukuran 4 x 35mm, anda bisa memasukkan 12 lembar kertas dengan bobot 70 gram dalam sekali waktu. Hasil cacahan ditampung di bak yang ada di mesin hingga 18 liter. Desain yang ditawarkan berbeda dengan produk lainnya, sangat minimalis dan elegan.

Produk GBC Prostyle+ bisa anda letakkan pada rumah atau kantor yang memiliki intensitas yang tidak begitu padat. Bukan saja kertas, terdapat slot khusus yang dapat mencacah cakram data menjadi kepingan-kepingan kecil. Untuk tingkat keamanan, GBC Prostyle+ terbilang aman karena menggunakan tipe Cross-Cut. Anda akan dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Bak dirancang dengan kaca untuk memudahkan anda melihat isi dari cacahan kertas.

9. ZSA Shredder Auto75

Harga Rp. 2.800.000

ZSA Shredder Auto75, mesin penghancur kertas yang bagus

ZSA Shredder Auto75 adalah produk pencacah kertas dengan teknologi Jerman yang bisa anda andalkan untuk menghancurkan kertas yang dirasa sudah tidak diperlukan lagi. Mesin penghancur kertas ini menggunakan auto feed sehingga bisa mencacah kertas dalam jumlah banyak. Produk paper shredder ini dapat menghancurkan kertas sebanyak 75 lembar dalam sekali waktu, cocok untuk digunakan pada lingkungan kantor atau perusahaan dengan volume penghancuran yang tinggi.

ZSA Auto75 dapat menghancurkan kertas dengan tipe Cross-Cut sehingga aman untuk mencacah kertas yang bersifat rahasia atau sensitif. Hasil cacahan yang diberikan mesin ini tidak bisa di restorasi kembali sehingga keamanan dokumen yang sudah dihancurkan jadi lebih aman. Kertas yang dapat dimuat pada mesin penghancur kertas ini yang memiliki lebar 220mm, dan untuk penghancuran manual hanya dapat nemampung 6 lembar dalam waktu bersamaan.

Bak untuk menampung hasil cacahan termasuk lega karena memiliki kapasitas sekitar 23 liter. Bukan saja terdapat slot untuk menghancurkan kertas, anda juga bisa mencacah CD/DVD dan Kartu Debit/Kredit. Terdapat beberapa sensor yang sangat membantu pengguna seperti kunci pengamanan, proteksi panas, sensor bak penuh, sensor kapasitas, dan lain sebagainya. Dimensi dari ZSA Shredder Auto75 sekitar 370mm x 265mm x 49mm dengan bobot sekitar 9.5 kg. Terdapat roda yang memudahkan untuk menggesernya ke tempat yang anda inginkan.



10. Tori TPR 210 Paper Shredder

Harga Rp. 900.000

Tori TPR 210 Paper Shredder

Tori TPR 210 Paper Shredder adalah mesin penghancur kertas terbaik dengan harga yang cukup murah. Dalam sekali jalan, Tori TPR 210 Paper Shredder dapat mencacah hingga 12 lembar. Bukan saja kertas yang bisa dicacah oleh mesin penghancur kertas tersebut, anda juga bisa menggunakan mesin tersebut untuk mencacah kartu ATM dan CD/DVD. Lebar lubang untuk menghancurkan kertas berukuran 220mm.

Bak penampungan cacahan yang dimiliki mesin tersebut adalah 17 liter. Untuk cacahan, mesin ini menggunakan Strip-Cut sehingga tidak cocok untuk menghancurkan kertas yang bersifat sensitif dan rahasia karena dapat direstorasi kembali. Tori TPR 210 Paper Shredder memiliki kecepatan 2.79m per menit untuk mengancurkannya. Paper shredder tersebut didesain dengan bentuk yang elegan dengan dominasi warna hitam.

Bagaimana Cara Merawat Mesin Penghancur Kertas

Bagaimana cara anda memelihara dan membersihkan mesin penghancur kertas? Mengapa hal tersebut menjadi penting, karena mesin penghancur kertas yang barus keluar dari kotak mestilah beroperasi dengan sangat lancar. Agar berjalan dengan lancar, anda perlu melakukan pemeliharaan yang tepat. Cara tepat merawatnya dengan meminyaki mesin pemotong agar tetap berjalan dengan normal.

Untuk meminyaki mesin penghancur kertas cara terbaik adalah dengan menggunakan minyak, dan untuk minyaknya pun tidak boleh sembarangan. Pastikan minyak yang digunakan resmi yang dikeluarkan oleh merk shredder tersebut. Minyak berfungsi untuk membuat pisau pemotong bekerja dengan baik dan menjaga pisau agar berada pada kondisi yang prima.

Selain itu, terdapat juga pelumas yang berbentuk lembaran. Pelumas berbentuk lembaran tersebut akan bekerja saat anda menghancurkannya ke mesin shredder. Lembaran tersebut berbentuk seperti amplop, kemasan tersebut akan melumasi pisau-pisau dengan cara merobek lembaran berbahan minyak tersebut.

Jaga Kebersihan Mesin Penghancur Kertas

Pastikan anda menjaga kebersihan dari mesin penghancur kertas tersebut karena debu yang dihasilkan dari partikel cacahan akan tersangkut disela-sela pemotong. Kertas yang di robek-robek oleh pisau penghancur akan menghasilkan debu, setelah beberapa waktu, debu tersebut akan mulai mengganggu mesin untuk beroperasi. Anda juga bisa menggunakan penghisap debu untuk mengangkat sisa-sisa partikel kecil dari kertas sehingga kebersihannya akan tetap terjaga.



Berapa Lama Mesin Penghancur Dapat Bertahan?

Untuk membuat mesin penghancur kertas anda bertahan lama, semua itu tergantung dengan kualitas shredder dan bagaimana cara anda menggunakan mesin penghancur kertas tersebut. Selalu ikutin panduan tentang cara menggunakan mesin yang benar dan manual instruksi dari produsen. Perlu anda perhatikan, setiap mesin memiliki batasan maksimum untuk pencacahan kertas dalam sekali waktu. Pastikan anda tidak memasukkan kertas dalam jumlah yang berlebihan.

Rajin membersihkan mesin juga dapat membuat mesin menjadi lebih lama bertahan. Selain itu, anda jangan lupa untuk memberikan minyak atau minyak berbentuk lembaran pada pisau pemotongnya. Jika anda selalu memperhatikan hal tersebut, memungkinkan mesin penghancur kertas akan bekerja dengan baik dalam kondisi yang prima sehingga lebih tahan lama.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan kepada anda terkait 10 mesin penghancur kertas terbaik yang ada di pasaran saat ini. Pada awal artikel kami telah menjelaskan kepada anda terkait cara pemilihan mesin penghancur atau paper shredder kepada anda. Semoga tips yang kami bagikan berguna untuk anda, sehingga anda bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan anda butuhkan.

Harga yang kami tampilkan diatas bisa saja berbeda untuk setiap daerah dan toko yang menjualnya, bahkan di toko online sendiri banyak perbedaan harga penawaran dari produk yang kami sebutkan diatas. Jangan lupa untuk membagikan tulisan kami ke akun jejaring sosial anda, agar dapat digunakan oleh orang lain untuk mendapatkan mesin shredder yang tepat.