Panduan Cara Membuat Aquascape untuk Pemula

Panduan Cara Membuat Aquascape untuk Pemula, Merawat Aquascape, Membuat Aquascape

Panduan Cara Membuat Aquascape untuk Pemula, Merawat Aquascape, Membuat AquascapeCara membuat aquascape pada dasarnya sangat mudah. Orang awam yang tidak berasal dari dunia perikanan hias pun pasti bisa membuat aquascape. Hal ini dikarenakan aquascape pada dasarnya adalah sebuah seni. Dan seperti yang kita ketahui, seni sangat bergantung pada tingkat kreativitas seseorang, sehingga semakin tinggi tingkat kreativitas seseorang, maka semakin bagus pula aquascape yang mungkin ia buat.

Meskipun begitu, perlu diingat, dalam membuat aquascape, ada langkah – langkah khusus yang harus diikuti (terutama oleh pemula), agar proses pembuatan bisa berjalan dengan lebih terstruktur dan rapi.

Langkah – langkah Cara Membuat Aquascape untuk Pemula

1. Cari Konsep dan Siapkan Bahan Baku yang Dibutuhkan
Untuk mencari konsep aquascape, Anda dapat berselancar di internet, membaca majalah seputar dunia perikanan, atau berkunjung ke pembuat aquascape yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Advertisement

Setelah konsep aquascape yang ingin dibuat berhasil didapatkan, Anda tinggal mencari bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat aquascape tersebut.

2. Proses Penanaman Tanaman Air
Dalam tahap ini, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah meletakkan semua bahan substrat (media tanam yang ingin digunakan sesuai dengan konsep yang ingin diusung) ke dasar aquarium.

Jika Anda menggunakan beberapa jenis bahan substrat, dalam peletakan, Anda dapat menggunakan urutan peletakan berikut ini: pupuk (kurang lebih setelah 1 cm), pasir kasar (2-3 cm), dan ditutup dengan tanah (2-3 cm).

Setelah bahan substrat berhasil tertata dengan baik, selanjutnya Anda dapat meletakkan hardscape (dapat berupa batu, kayu, atau pun karang) yang ingin digunakan sesuai dengan konsep yang Anda gunakan dan dilanjutkan dengan pengisian air secara hati – hati setinggi ukuran tanaman air yang ingin digunakan. Perlu diingat, agar lapisan substrat yang telah ditata sebelumnya tidak rusak, proses pengisian air hendaknya dilakukan dengan hati – hati.

Terakhir, setelah proses pengisian air selesai dilaksanakan, Anda dapat langsung melakukan aktivitas penanaman dengan menggunakan berbagai macam alat bantu seperti pinset atau pun pencapit mini.

Selama proses pertumbuhan berlangsung, untuk meningkatkan angka probabilitas tumbuh tanaman, Anda kami sarankan untuk melakukan aktivitas penyemprotan air pelembab secara rutin dan teratur. Sekedar informasi, proses pertumbuhan tanaman air ini normalnya berlangsung dalam kurun waktu 1-3 minggu.

3. Finishing
Setelah tanaman air tumbuh dengan merata, Anda dapat menambahkan pasokan air yang sebelumnya hingga penuh. Sama seperti proses pengisian air yang sebelumnya, agar bahan – bahan dalam aquascape tidak berantakan, proses pengisian air harus dilakukan secara perlahan dan hati – hati.

Terakhir, dalam tahap finishing, Anda dapat menambahkan berbagai jenis ikan hias berukuran kecil yang diikuti dengan pemasangan filter air, aerator, juga aktivitas penyinaran selama 7-9 jam per hari.

Cara Merawat Aquascape
Agar aquascape bisa tetap terlihat bagus dan ikan yang tinggal di dalamnya tetap berada dalam kondisi yang sehat dan nyaman, aquascape perlu diberi tindakan perawatan rutin.

Beberapa tindakan perawatan rutin yang wajib dilakukan pada aquascape adalah penggantian air, penyifonan, dan juga pemangkasan tanaman air yang sudah tubuh secara berlebihan.

Aktivitas penggantian air dan penyifonan normalnya dilakukan dalam satu waktu yang sama yaitu ketika air dalam aquascape mulai terlihat keruh (atau bisa juga dilakukan secara rutin setiap satu bulan sekali).

Sedangkan aktivitas pemangkasan tanaman air hanya dilakukan ketika tanaman air yang ada di dalam aquascape telah tumbuh secara berlebihan hingga merusak tampilan aquascape.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai cara membuat aquascape beserta cara merawat aquascape yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

About Wawan 400 Articles
Ngeblog bukanlah sesuatu yang baru untuk saya, tetapi sudah menjadi rutinitas saya setiap hari. Saya sangat senang menulis tentang informasi Smartphone, Tablet PC, Laptop, dan lain sebagainya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*