10 Produk Makanan Kucing Yang Bagus & Bergizi (Update Tahun 2019)

Mungkin anda adalah salah satu pemilik kucing pemula sehingga bingung untuk menentukan makan kucing yang mana dan bagus untuk hewan peliharaan anda. Sama seperti pembeli lainnya, anda harus mencari kualitas yang baik pada produk yang ingin anda sajikan untuk kucing kesayangan anda. Untuk harga makanan kucing yang bagus memang beragam, anda bisa mendapatkannya dengan harga yang murah hingga mahal. Yang paling penting, anda harus mengetahui tujuan anda dalam pemberian makanan untuk si kucing.

Anda kucing yang dalam masa pertumbuhan akan membutuhkan nutrisi yang berbeda dengan kucing yang lebih tua. Selain itu, kucing yang aktif akan membutuhkan kalori yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan kucing yang sering malas-malasan. Kucing yang tidak begitu aktif jangan sekali-kali diberikan yang kaya akan protein karena bisa menyebabkan obesitas. Memilih makanan kucing yang tepat membutuhkan pengetahuan tentang karakteristik dan kebutuhan dari hewan peliharaan anda sendiri.

Kandungan Yang Harus Ada Pada Makanan Kucing

Kandungan Yang Harus Ada Pada Makanan Kucing

Memilih makanan kucing memang harus detail karena menyesuaikan dengan kebutuhan kucing anda. Hewan menggemaskan ini merupakan predator, ia suka memakan daging. Maka dari itu dibutuhkan bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhan si kucing. Kucing membutuhkan protein yang dapat membantu membangun jaringan. Ini merupakan nutrisi penting untuk anak kucing karena membutuhkan protein hewani yang mudah untuk dicerna dan membantu untuk membangun jaringan dan tumbuh kembangnya.

Kucing merupakan hewan yang memiliki rasa haus yang rendah, ia bahkan tidak menghabiskan mangkuk airnya dalam sehari. Jika anda memiliki kucing yang selalu menghabiskan air di mangkuk minumnya, anda patut bersyukur karena tubuh kucing akan terjaga hidrasinya. Jika si kucing kurang mengkonsumsi air, anda bisa mengakalinya dengan membeli makanan yang High Moisture. Dengan demikian, sel-sel mereka akan berkembang dengan baik. Supaya kucing senang meminum air, anda bisa memberi mereka akses ke air mengalir karena gerakan yang dihasilkan mampu mensimulasikan penggerakan mangsa.

Selain itu, air yang mengalir akan membangkitkan rasa penasaran kucing dan membuatnya ingin meminumnya. Makanan kucing dengan bentuk kaleng atau basah lebih disarankan daripada yang berbentuk kering karena kadar air yang rendah. Makanan kucing kering biasanya memiliki kadar air sekitar 15%, sedangkan makanan kucing basah setidaknya memiliki air mulai dari 70% hingga 80%. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, kucing merupakan hewan dengan sifat predator alami. Mereka bisa menerkam mangsa dalam keadaan hidup. Kucing tidak menyukai sayur-sayuran, tetapi sudah banyak sekali yang memproduksi makanan kucing dengan kandungan sayur dan buah-buahan yang kaya akan vitamin serta mineral.

Mengapa Harus Memberikan Kucing Makanan Kering, Bukan Basah, Kalengan, atau Mentah?

Mengapa Harus Memberikan Kucing Makanan Kering

Sebelumnya kami sudah menjelaskan bahwa kucing memiliki sedikit dorongan untuk minum. Itulah mengapa sangat penting bagi kucing untuk dilatih dalam mengkonsumsi air pada mangkuk minumnya. Namun, jika kucing anda tidak belajar untuk meminum air pada mangkuk, maka anda harus memberi makanan kucing yang basah atau bahkan kalengan. Makanan kucing tipe tersebut mengandung kelembaban yang dapat membantu menghidrasi kucing. Sayangnya, makanan yang bersifat basah memiliki hingga 80% air dari berat makanan tersebut, dan hanya menyisakan 20% untuk kandungan nutrisinya. Maka dari itu, makan kucing tipe ini kurang unggul untuk kucing jika dibandingan dengan makan kucing kering.

Itulah suatu alasan yang penting mengapa lebih baik untuk memberikan makanan kucing dengan jenis yang kering. Ia memiliki banyak nutrisi yang dikemas dengan baik dan biasanya mengandung sekitar 12% hingga 15% air. Sehingga dalam kemasan tersebut terdapat hingga 88% sisanya yang terdiri dari nutrisi untuk kucing anda. Nah, disini anda perlu memperhatikan nilai protein, lemak, dan karbohidrat yang tepat untuk si kucing.

Manfaat lainnya untuk memberikan makanan kucing kering adalah kemasan yang lebih ekonomis karena tidak mudah rusak dan setiap bungkus dan isi didalam kemasannya dapat digunakan hingga beberapa minggu mendatang. Tekstur makanan kucing adalah kering berbentuk kibble dan dapat membantu menyehatkan gigi dan gusi si kucing. Secara keseluruhan, jika kucing anda suka mengkonsumsi air, maka makanan dengan bentuk dry kibble adalah pilihan yang tepat.

Kucing membutuhkan nutrisi yang tepat agar tumbuh kembangnya menjadi lebih baik dan kesehatannya pun tetap terjaga. Dalam memilih nutrisi terbaik untuk mereka, disarankan untuk berfokus pada protein yang berkualitas tinggi dan jauhi terlalu banyak kandungan karbohidrat. Selan itu, penting juga untuk mengetahui kredibilitas dari merek penyedia makanan kucing yang terbaik dan bagus. Nah, jika anda bertanya-tanya harus memulai dari mana mencari makanan kucing. Kami akan memberikan 10 rekomendasi makanan kucing yang bagus dan bisa anda lihat daftarnya dibawah.


10 Produk Makanan Kucing Yang Bagus

Memilih makanan kucing yang bagus memang susah-susah gampang, anda bisa berpatokan pada komposisi nutrisi yang terdapat pada makanan kucing tersebut. Hindari terlalu banyak kandungan karbohidratnya karena dapat memicu kucing menjadi malas dan obesitas. Yuk, simak daftar produknya dibawah ini.

1. Rachael Ray Nutrish Natural Dry Cat Food

Harga Rp. 775.000 (2.77Kg)

Rachael Ray Nutrish Natural Dry Cat Food

Mungkin anda tidak yakin bahwa Chef Selebriti dan TV Personality Rachael Ray dapat membuat makanan dengan nutrisi terbaik untuk hewan perliharaan anda. Sejak didirikannya, merek makanan hewan Nutrish secara perlahan-lahan naik peringkat sebagai makanan hewan di Dunia. Mungkin juga karena nama selebriti yang disandangnya sehingga untuk memasarkan produknya tidak begitu sulit. Rachael Ray Nutrish Natural Dry Cat Food adalah makanan kucing anda yang masuk dalam daftar makanan untuk kucing yang memiliki reputasi baik dan dipercaya.

Nutrish menjanjikan bahwa produknya tidak menggunakan biji-bijian sereal dalam formulasinya, sehingga membuat anda lebih percaya dan lebih aman untuk terkait alergi yang mungkin saja bisa muncul pada hewan peliharaan anda. Selain itu, Nutrish juga bangga tidak menggunakan makanan dari produk yang mengandung unggas.

Kandungan Utama:

  • Kandungan 34% Protein dan 14% Lemak
  • Maksimal 4% Serat dan 9% Pelembab
  • Mengandung Omega-6 dan Omega-3 dari Asam Lemak Esensial
  • Diperkaya dengan Kalsium, Zinc, dan Fosfor
  • Terdapat Biotin dan Taurin
  • Mineral, Vitamin, dan Antioksidan
  • Tidak Mengandung Pengawet dan Perasa Buatan

2. Hill’s Science Diet Dry Cat Food

Harga Rp. 390.000 (4Kg)

Hills Science Diet Dry Cat Food

Makanan kucing kering Hill’s Science Diet menawarkan nutrisi yang seimbang untuk hewan peliharaan anda. Formula didalamnya menempatkan kandungan ayam sebagai sumber utama protein dan lemak, bukan hanya itu saja, ditambahkan juga minyak ikan yang menghadirkan sejumlah besar EPA dan DHA yang berguna untuk anti-inflamasi dan saraf. Anda harus mewaspadai kandungan yang terdapat pada makanan kucing kering ini karena terdapat butiran alerginya.

Makanan kucing Hill’s Science Diet terdapat gluten gandum, kedelai, dan jagung yang harus menjadi perhatian anda karena bisa saja memicu alergi pada hewan anda. Namun demikian, formulasi ini secara khusus dirancang untuk kucing betina anda yang tidak suka diluar ruangan, memberikan nutrisi yang seimbang untuk mereka.

Kandungan Utama:

  • Setidaknya memiliki 29.5% protein dan 16% lemak
  • Kelembaban maksimal 8%
  • Diperkaya dengan buah-buahan dan sayur-sayuran untuk antioksidan
  • Terdapat vitamin dan mineral

3. Blue Buffalo Adult Dry Cat Food

Harga Rp. 364.000 (3.2Kg)

Blue Buffalo Adult Dry Cat Food

Makanan kucing yang bagus ini layak untuk dimasukkan dalam 10 daftar makanan kucing yang terbaik dengan jenis kibble. Blue Buffalow menghadirkan makanan kucing yang dibuat dari ayam asli dan kalkun sebagai bahan utama dengan beras merah, barley, oatmeal. Bukan itu saja, Blue Buffalo Adult Dry Cat Food dibekali juga dengan cranberry, delima, blueberry, bayam, dan masih banyak lagi. Semua kandungan tersebut diharapkan akan memenuhi nutrisi harian bagi si kucing.

Dimuat juga dengan LifeSoure Bits yakni campuran vitamin aktif, mineral, dan antioksidan yang dapat mendukung sistem kekebalan kucing anda. Ditambhan juga dengan omega, taurin, dan asam amino esensial yang memberikan semua nutrisi bagi hewan peliharaan anda. Untuk menjaga sistem pencernaannya sehat, terdapat probiotik dan serat prebiotik. Makanan kucing yang bagus ini dibuat di Amerika Serikat tanpa makanan sampingan ayam ataupun unggas, jagung dan kedelai tidak diberikan karena kurang bagus untuk kucing yang sensitif terhadap makanan ataupun alergi.

Kandungan Utama:

  • Minimal Protein 34% dan Lemak 18%
  • Maksimal Serat 4% dan Pelembab 10%
  • Terdapat minimal Magnesium 8% dan Taurin 15%
  • Diperkaya dengan Omega-3 dan Omega-6

Sponsor Link

4. Natural Balance Limited Ingredient Dry Cat Food

Harga Rp. 1.464.000 (4.75Kg)

Natural Balance Limited Ingredient Dry Cat Food

Jika anda adalah salah satu yang memiliki kekhawatiran terhadap alergi yang dimunculkan oleh makanan. Natural Balance Limited Ingredient Dry Cat Food merupakan pilihan yang bagus untuk anda yang mencari makanan kucing, mengandung satu protein yang bersumber dari daging. Tidak seperti merk lainnya yang menyediakan protein dari berbagai sumber daging. Makanan kucing kering Natural Balance mengambil sumber protein dagingnya dari salmon, ayam, bebek, daging rusa, dan kalkun.

Setiap protein daging tunggal kemudian ditambahkan dengan protein nabati yang baik seperti kacang hijau dan buncis. Formulanya yang baik dapat dengan mudah mengindentifikasi protein terhadap hewan peliharaan anda. Makanan kucing ini kaya akan protein dan memiliki kadar air yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan produk sebelumnya. Selain itu, dilengkapi juga dengan prebiotik sehat, asam lemak esensial, mineral, dan vitamin yang dapat menjaga kesehatan kucing secara optimal.

Kandungan Utama:

  • 329 Kcal per cup
  • Minimal 30% Protein dari sumber daging tunggal
  • Terdapat 8% hingga 10% lemak
  • Kelembaban hingga 12%
  • Antioksidan, mineral, dan asam amino
  • Didukung omega-3 dan omega-6

5. Wellness Core Grain-Free Kitten Formula Dry Cat Food

Harga Rp. 388.000 (0.9Kg)

Wellness CORE Grain-Free Kitten Formula Dry Cat Food

Memilih makanan yang tepat untuk anak kucing anda memang sedikit sulit, dibutuhkan kehati-hatian agar nutrisi yang diberikan oleh makanan kucing dapat memenuhi kebutuhan hariannya. Wellness Core 100% tidak menggunakan bahan biji-bijian dan dibuat dengan kalkun dan ikan sebagai bahan utamanya untuk menyajikan protein yang mendukung masa pertumbuhan anak kucing. Terdapat kalori yang optimal untuk pertumbuhan serta perkembangan anak kucing, dan untuk anti-oksidan si kitten, Wellness menambahkan kandungan buah-buahan dan sayuran.

Minyak salmon yang mengandung asam lemak omega-3 DHA untuk mendukung masa perkembangan otak dan mata agar tetap sehat. Selain itu, tidak luput juga dari kandungan vitamin, mineral, dan esensial taurin. Agar pencernaan si kitten tetap sehat, didukung probiotik ActiCoat. Biji rami yang bergizi menghasilkan asam lemak omega-6 yang berguna untuk kucing anda. Makanan kucing yang bagus untuk anakan ini dibuat di Amerika Serikat dan menggunakan bahan-bahan yang terbaik. Tidak menggunakan gandum, gluten, jagung, kedelai, telur, pewarna, pengawet, dan rasa sintetis yang dapat memicu alergi anak kucing.

Kandungan Utama:

  • Minimal protein 45% dan lemak 18%
  • Terdapat pelembab 10% dan serat 3% (maksimal)
  • Memiliki kandungan DHA, kalsium, phosphorus
  • Vitamin A, E, dan taurine
  • Omega-6 dan omega-3

6. Merrick Before Grain #1 Chicken Dry Cat Food

Harga Rp. 1.486.000 (5.2Kg)

Merrick Before Grain #1 Chicken Dry Cat Food

Makanan kucing ini adalah salah satu yang terbaik untuk makanan kering bagi si kucing. Keunggulan yang ditawarkan oleh makanan kucing merk ini adalah bahan utamanya seperti ayam asli dan salmon. Tidak dibuat dengan kandungan biji-bijian sereal yang dapat memicu alergi kucing anda. Namun, untuk memaksimalkan potensi Hypoallergenic, kami sarankan untuk tetap menggunakan varian salmon karena memiliki potensi alergi yang cukup rendah jika dibandingkan dengan ayam.

Salom yang dibekali pada makanan kucing ini bermanfaat sekali karena kaya akan EPA dan DHA sehingga memainkan peran untuk pengolahan proses inflamasi dalam sistem kekebalan kucing, selain itu juga meningkatkan pertumbuhan dan fungsi saraf kucing agar bekerja dengan optimal. Kandungan probiotik ke formulasinya dapat membantu sistem penceraan agar tetap sehat untuk kucing anda.

Kandungan Utama:

  • Terdapat minimal protein 36% dan lemak 18%
  • Kandungan maksimal pelembab 11% dan serat 3%
  • Terdiri dari kandungan daging ayam asli, tepung ayam, ketang kering, tepung kalkun, lemak ayam
  • Dibekali 4 jenis probiotik untuk kesehatan pencernaan
  • Ditambah dengan biotin, kolin, dan lesitin
  • Mengandung mineral, vitamin, dan antioksidan

ADVERTISEMENT


7. Nature’s Variety Instinct Original Dry Cat Food

Harga Rp. 390.000 (0.9Kg)

Natures Variety Instinct Original Dry Cat Food

Jika anda sedang mencari makanan kucing dengan protein yang tinggi, maka Nature’s Variety Instinct Original Dry Cat Food adalah pilihan yang tepat untuk kucing anda. Memiliki kandungan protein minimal 43.5% yang cukup baik untuk menjaga asupan yang dibutuhkan oleh kucing. Ini merupakan berita baik untuk mereka yang memiliki anak kucing di rumah, karena anak kucing membutuhkan protein yang lebih banyak jika dibandingkan dengan kucing dewasa agar terjaga tumbuh kembangnya. Memiliki komposisi yang unik dari Instinct, dan menjamin bahwa 4 dari 5 bahannya didasarkan pada sumber hewani.

Bahan lainnya yang membentuk karbohidrat untuk makanan kucing ini seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan yang sehat untuk anak kucing. Selain itu, ia menggunakan berbagai protein baru dalam bentuk formulasi untuk membantu menambah sifat bebas dari biji-bijian. Terdapat beberapa varian dari makan kucing yang bagus ini yang muncul seperti bebek, salmon, kucing, dan ayam. Varian untuk kitten Chicken harus membantu apakah anak kucing anda alergi terhadap ayam atau tidak. Manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh makanan kucing yakni penambahan 60 juta unit pembentuk koloi Bacillus Coagulans, bakteri tersebut menguntungkan secara alami untuk usus kucing.

Kandungan Utama:

  • Kadar minimun protein 43.5% dan lemak 20.5%
  • Terdapat kandungan serat 3% dan kelembaban 9%
  • Diperkaya oleh vitamin E, taurin, dan DHA
  • Asam askorbat, vitamin lainnya dan mineral
  • 60 juta progotik Bacillus Coagulans
  • Asam lemak esensial yang bermanfaat

8. Iams Proactive Health Dry Cat Food

Harga Rp. 145.000 (1kg)

Iams Proactive Health Dry Cat Food

Produk ini khusus untuk perawatan kucig anda yang proaktif, makan kering untuk kucing dewasa ini diformulasikan dan diproduksi oleh IAMS. Brand tersebut layak mendapat tempat sebagai merek makanan kucing yang bagus dan terbaik, formula nutrisi yang seimbang dan mampu menyesuaikan kebutuhan nutrisi kucing yang lebih suka tinggal didalam rumah dari pada pergi keluar. Makanan kucing ini berbentuk kibble yang mengandung protein, lemak, kelembaban, dan serat yang dibutuhkan oleh kucing.

Makanan kucing ini dibuat dari kandungan ayam dan kalkun yang kaya akan lemak serta protein. Ayam asli merupakan kandungan utama pada makanan kering kucing ini, dapat membantu menjaga kesehatan dan bobot kucing. Memiliki 100% kandungan yang tepat dan seimbang untuk nutrisi kucing dewasa, tidak mengandung bahan pengisi. Bulu kucing anda akan halus dan terbebas dari bulu yang menggumpal. Bahan-bahan alami yang ditambahkan dapat membuat kucing anda sehat dan bahagia.

Kandungan Utama:

  • Terdapat 373 kkal energi per cangkir
  • Kandungan minimal protein 32% dan lemak 15%
  • Minimal serat 3% dan pelembab 10%
  • Dibekali ekstrak karnitin, taurin, kolin, dan rosemary
  • Diperkaya dengan antioksidan, mineral, dan vitamin

9. Purina Pro Plan Kitten Chicken

Harga Rp. 228.000 (2.5Kg)

Purina Pro Plan Kitten Chicken

Jangan khawatir anak kucing anda kurang nutrisi, karena Purina sudah mmiliki rangkaian produk makanan kucing yang bagus dan terbaik. Purina merupakan brand yang memproduksi pakan hewan kesayangan anda dan sudah melayani hingga lebih dari 80 tahun lamanya. Untuk mendapatkan pakan hewan yang terbaik, Purina bekerja sama dengan ahli gizi serta Dokter hewan yang sudah berpengalaman sehingga menghasilkan produk yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian hewan peliharaan anda.

Pro Plan Kitten Chicken merupakan produk makanan anak kucing yang kaya akan nutrisi dan pastinya sangat dibutuhkan oleh kitten. Diformulasikan secara khusus untuk menjaga perkembangan dan kesehatan anak kucing yang mulai berusia 6 minggu hingga 1 tahun. Di tahun pertama, anak kucing akan rentan terhadap infeksi, diare, serta gangguan pencernaan. Kandungan Optistart yang digabungkan dengan nutrisi penting bagi anak kucing, dan kolostrum yang ditambahkan dapat membantu mengembangkan kekebalan tubuh anak kucing agar lebih kuat dan sehat. Optistart memperkuat kesehatan bagi usus anak kucing dan meminimalisir gangguan perut.

Kandungan Utama:

  • Terdapat minimal protein 40% dan 20% lemak
  • Kandungan maksimal serat 3% dan garam 2%
  • Diperkaya dengan vitamin C, vitamin D, dan DHA
  • Didukung oleh Metabolizable Energy


10. Whiskas Dry Cat Food Adult 1+

Harga Rp. 65.000 (1.2Kg)

Whiskas Dry Cat Food Adult 1+, makanan kucing yang terbaik

Whiskas sudah memproduksi makan untuk kucing terbaik sejak tahun 1958, setiap saat mereka selalu meningkatkan dan kualitas produknya. Merek Whiskas terus berkembang untuk menyajikan makanan kucing yang bagus dan berkualitas, dengan makanan yang sehat akan membuat kucing anda menjadi sehat dan bahagia selalu. Produk makanan kucing Whiskas telah dilakukan proses uji kelayakan oleh Waltham UK, yang merupakan salah satu institusi dan laboratorium untuk meneliti makanan hewan yang terkemuka di Dunia.

Whiskas Dry Cat Food Adult 1+ diperuntukan bagi kucing dewasa yang sudah berusia diatas 1 tahun. Kucing dewasa membutuhkan nutrisi yang berbeda seiirng dengan perubahan yang terjadi pada tubuh mereka. Akan ada pula perubahan ketika mereka udh beranjak pada usia diatas 7 tahun. Usia 1 hingga 6 tahun membutuhkan banyak latihan serta bermain, maka dari itu dibutuhkan mkanan yang seimbang untuk menjaga ia tetap aktif dan bugar. Makanan kucing ini diformulasikan secara khusus untuk menjaga kesehatan kulitnya dan bulu agar tetap terjaga keindahannya. Terdapat beberapa pilihan rasa untuk makanan kucing tersebut seperti Grilled Saba, Tuna, Ocean Fish, Hairball Chicken & Tuna, Gourmet Seafood dan Mackerel.

Kandungan Utama:

  • Protein dari ikan asli dan lemak
  • Terdapat omega-3 dan omega-6
  • Vitamin A dan Taurin
  • Kalsium dan fosfor untuk tulang dan pertumbuhan
  • Antioksidan untuk kekebalan tubuh
  • Vitamin lainnya dan mineral untuk energi

Kesimpulan

Kami sangat memahami bahwa memiliki makanan untuk kucing cukup sulit, ditambahlagi jika anda adalah seorang pemula untuk memelihara kucing. Yang sangat penting, berikan makanan kucing yang dapat memenuhi nutrisi harian kucing dewasa atau anak-anak. Untuk kucing anakan, mereka membutuhkan makanan dengan protein yang tinggi agar tumbuh kembangnya berjalan maksimal. Jika kucing anda kurang dalam mengkonsumsi air, agar memberikan kelembaban pada kucing sebaiknya memilih produk dengan kandungan pelembab yang cukup.

Bukan saja membutuhkan makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi, kucing juga butuh untuk dibersihkan dan gunakan shampo kucing yang terbaik agar kulit serta bulunya menjadi tetap indah. Harga diatas bisa saja berbeda-beda untuk setiap daerah dan toko yang menjualnya. Anda bisa mendapatkan makanan kucing yang bagus diatas diberbagai toko online dan mini market yang ada disekitar anda. Bagikan tulisan kami ini ke akun jejaring sosial anda, Terimakasih!