10 Produk Shampo Kucing Terbaik Beserta Harga (Update Terbaru 2019)

Apa yang membuat kucing anda menjadi hewan peliharaan yang menarik? Jawabannya cukup mudah yakni seluruh kebutuhan mereka dapat dipenuhi dengan baik bahkan untuk perawatan ekstra. Kucing merawat dirinya secara teratur, ia akan merawat sedemikian rupa bahkan tidak membutuhkan mandi. Apakah anda pernah dijilat oleh kucing? Jilatan kucing tersebut mampu mengangkat kotoran dan partikel yang tidak terlihat di bulu. Shampo kucing sangat dibutuhkan juga untuk membersihkan kotoran di bulu kucing yang tidak bisa digapai oleh jilatan kucing. Harga shampo kucing saat ini juga cukup terjangkau dan mudah untuk didapatkan.

Sebagian besar kucing sangat tidak senang dengan air, dan untuk menempatkan kucik di bak mandi atau wastafel bisa terasa menakutkan bagi semua orang. Namun, memandikan kucing bisa dibutuhkan dalam situasi tertentu, dan itu juga dapat memperkuat ikatan diantara kucing dengan pemiliknya. Pada artikel ini kami juga akan membahas mengapa anda mungkin perlu memandikan kucing anda, dan perlunya menggunakan shampo yang dibuat khusus untuk hewan kesayangan anda. Kami juga akan merekomedasikan 10 shampo kucing yang bagus dan terbaik berserta harga.

Mengapa Kucing Harus Dimandikan

Mengapa Kucing Harus Dimandikan

Kucing dikenal dengan baik karena metode pembersihan dirinya yang efisien. Lidah kucing dapat bersifat seperti kertas pembersih yang dapat menghilangkan kotoran, minyak dan partikel yang tidak tampak secara kasat mata. Namun, ada beberapa kasus di mana anda perlu membantu kucing untuk dimandikan seperti:

Kucing Dengan Bulu Panjang: Kucing dengan bulu yang panjang dan lebat perlu diberikan treatment khusus seperti merawat bulu dan menyikatnya. Bahkan kucing lebih teliti dalam perawatan untuk dirinya sendiri. Bulu kucing yang lebat dan panjang tidak dapat dijangkau oleh jilatan kucing sehingga kotoran yang menempel dapat merusak bulu kucing.

Terdapat Kucing Yang Lebih Tua: Kucing yang lebih tua mungkin akan kehilangan mobilitas dan daya tahannya, membuat ia sulit untuk membersihkan dirinya sendiri. Memandikannya secara teratur dapat membantu meringankan beban perawatannya.

Kucing Dengan Penyakit Fisik: Kucing dengan kebutuhan khusus atau terkena penyakit fisik lainnya membutuhkan bantuan untuk membantu proses perawatan mereka.

Nah, masih banyak lagi mengapa harus dan penting untuk memandikan kucing anda. Menggunakan shampo khusus untuk kucing sangat penting terlepas dari berapa harga shampo tersebut. Shampo khusus kucing sudah disesuaikan dengan kebutuhan hewan peliharaan anda.

Hindari Penggunaan Shampo Manusia Pada Kucing

Hindari Penggunaan Shampo Manusia Pada Kucing

Ada pendapat yang beredar bahwa menggunakan shampo biasa atau shampo bayi untuk memandikan kucing atau hewan peliharaan anda bisa digunakan. Pendapat itu salah, kesalahan ini bisa meyebabkan masalah kesehatan pada hewan peliharaan anda, maka dari itu harus menggunakan shampo yang dirancang khusus untuk kucing atau hewan peliharaan anda.

Shampo manusia memiliki formula untuk mencuci dan membersihkan rambut manusia. Jelas terdapat perbedaan besar antara mineral dan elemen yang terdapat pada shampo manusia, dan pastinya tidak cocok jika digunakan pada kucing. Produk shampo manusia akan membuat anda menjadi segar setelah mandi, tapi pada kenyataannya, shampo tersebut dapat merusak dan mengeringkan kulit hewan peliharaan anda. Bahan kimia tertentu yang terkandung pada shampo manusia akan mengiritasi kulit dan bulu halus dari si kucing.


Pilih Kandungan Yang Tepat Untuk Kucing

Pilih Kandungan Yang Tepat Untuk Kucing

memilih shampo kucing yang terbaik bisa saja sesulit memilih produk pembersih rambut manusia. Dengan begitu banyak sekali pilihan yang tersedia, kami telah menyusun beberapa daftar kandungan yang patut untuk dipertimbangkan sehingga memberikan manfaat yang tepat untuk kucing anda.

Hindari Bahan-Bahan Berbahaya: Langkah pertama sebelum membeli produk shampo kucing adalah kandungan yang dimilikinya. Hindari bahan-bahan berbahaya dalam shampo kucing seperti paraben, sulfat, alkohol, fenol, dan piretin.

Pilih Bahan Yang Dapat Menenangkan: Di sisi lain, beberapa bahan bisa sangat membantu untuk kulit kucing yang kering dan gatal. Gunakan shampo dengan bahan pelembab seperti oatmeal, lidah buaya, dan minyak alpukat.

Gunakan Formula Yang Tepat: Sama seperti anda saat memiliki produk shampo terbaik untuk kebutuhan perawatan rambut anda. Begitu juga dalam memilih produk shampo untuk kuncing, juga berlaku hal seperti itu. Ada beberapa jenis formula untuk shampo kucing, kami sarankan pilih formula yang dibutuhkan untuk kucing anda saat ini.

Pilih Treatment 2-in-1: Jika anda memiliki kucing yang berbulu panjang atau keriting, anda bisa menggunakan shampo dan kondisioner untuk membersihkan bulunya. Menggunakan kombinasi shampo dan kondisioner dapat menghemat biaya anda dan jauh lebih nyaman saat memandikan kucing anda.


Manfaat Memandikan Kucing

Manfaat Memandikan Kucing

Kita mengetahui bahwa kucing dapat melakukan mandi secara sendiri, tetapi faktanya bisa menjadi salah paham. Kucing akan menjilat dirinya untuk membersihkan rambut mati, kotoran, parasit, dan sisa makanan yang menempel. Walaupun begitu, tidak membuat mereka menjadi hewan peliharaan yang paling bersih. Salah satu manfaat dari memandikan kucing ialah membuatnya menjadi lebih bersih lagi, karena bisa saja kotoran yang menempel pada kucing tidak dapat dijangkau oleh jilatannya.

Memandikan kucing juga dapat mengurangi bulu yang rontok. Ini akan membuat frustasi karena menemukan bulu kucing yang panjang diseluruh rumah dan bahkan menempel pada pakaian anda. Memandikan kucing akan mengangkat rambut yang rontokm dan dapat mengurangi kemungkinan hairball. Dengan menggunakan shampo dan kondisioner berbahan alami akan membuat bulu kucing lebih sehat dan berkilau. Rata-rata kucing yang tinggal di rumah dapat dimandikan sekali atau dua kali dalam setahun. Karena mencuci bulu kucing tidak perlu sesering seperti membersihkan rambut manusia.

Frekuensi pembersihan bulu kucing tergantung juga dengan panjang bulu kucing. Selain itu, perilaku perawatan, tingkat aktivitas, lingkungan mereka berada, dan kesehatan kucing secara keseluruhan dapat berpengaruh pada frekuensinya. Kucing dengan kesehatan yang baik membutuhkan frekuensi mandi yang lebih sedikit dari pada kucing yang memiliki masalah kesehatan. Perlu anda ketahui, terlalu sering memandikan kucing secara berlebihan akan membuat kulit kucing menjadi kering dan bisa menyebabkan kulit menjadi bersisik serta rasa gatal berlebihan.

10 Rekomendasi Shampo Kucing Beserta Harga

Nah, anda pastinya sudah mengetahui sedikit informasi terkait cara memilih produk shampo yang tepat untuk kucing anda. Kami akan memberikan kepada anda rekomendasi produk shampo kucing terbaik beserta harga terbarunya. Yuk, simak review dan penjelasannya dibawah ini.

1. Earthbath 2-in-1 Light Wild Cherry Conditioning Cat Shampoo

Harga Rp. 180.000 (472ml)

Earthbath 2-in-1 Light Wild Cherry Conditioning Cat Shampoo

Earthbath memiliki banyak sekali varian shampo untuk kucing anda yang hebat, kami memilih produk Earthbath dengan formula 2-in-1. Kandungan shampo dan kondisioner akan membantu semua kebutuhan anda dalam memandikan kucing dengan lembut, memberikan ketengan pada kulit kucing tanpa membuatnya menjadi kering. Shampo dan Kondisioner dari Earthbath menggunakan bahan alami seperti oatmeal, lidah buaya, dan vitamin E yang dapat menutrisi kulit serta bulu si kucing. pH yang seimbang untuk kucing sehingga memberikan pengalaman mandi yang menyenangkan bagi kucing anda.

Untuk menggukan formula 2-in-1 dari Earthbath, pastikan kucing anda sudah berusia lebih dari 6 minggu. Produk shampo kucing terbaik Earthbath menggunakan 100% kandungan yang dapat terurai secara hayati dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti paraben dan fosfat. Saat anda memandikan, bulu kucingmu akan memancarkan aroma ceri yang lembut. Harga dari shampo kucing Earthbath juga terjangkau sekali dan bisa didapatkan diberbagai toko online.

Kelebihan:

  • Membantu merawat bulu kucing yang kusut
  • Meninggalkan aroma yang harum
  • Kandungan ramah untuk bumi
  • pH Seimbang
  • Tidak menggunakan paraben atau fosfat

Kekurangan:

  • Hanya aman untuk digunakan pada kucing dengan usia diatas 6 minggu
  • Mungkin kurang efektif untuk kulit gatal

2. HyLyt Hypoallergenic Shampoo With Essential Fatty Acids for Cats

Harga Rp. 195.000 (473ml)

HyLyt Hypoallergenic Shampoo With Essential Fatty Acids for Cats

Apakah anda sedang berjuang untuk melawan kulit kering dan gatal pada si kucing? Mungkin anda membutuhkan shampo kucing dengan brand HyLyt Hypoallergenic. Formula pelembab yang ada pada shampo ini bebas dari sabun dan mengandung bahan-bahan yang dapat menenangkan kulit kucing anda. Asam lemak esensial pada shampo dapat membantu mengendalikan kulit kucing yang mengelupas dan bahkan bersisik. Jangan terlalu khawatir karena kulit kucing anda kering, cukup dengan menggunakan produk dari HyLyt.

Produk ini dibuat dengan pH yang seimbang dan tepat digunakan untuk kucing anda. Shampo kucing tersebut tidak akan menghilangkan minyak alami pada kulit si kitty anda. Jika anda memiliki kucing dengan kulit sensitif, anda bisa menggunakan shampo ini karena sudah memiliki label Hypoallergenic. Shampo kucing HyLyt dibuat di negeri Paman Sam dan efektif untuk kucing yang sudah berusia diatas 1 tahun.

Kelebihan:

  • Baik untuk kucing dengan kulit sensitif
  • Membantu kulit kucing yang kering dan gatal
  • Bermanfaat untuk pengobatan kutu dan kutu topikal

Kekurangan:

  • Tidak boleh diberikan pada kucing dibawah 1 tahun
  • Membutuhkan tambahan kondisioner agar mengatasi bulu kucing yang kusut

3. Vet’s Best Waterless Cat Bath

Harga Rp. 94.000 (118ml)

Vets Best Waterless Cat Bath

Kita pastinya memahami bahwa tidak semua kucing mudah dan senang untuk dimandikan menggunakan air. Pada dasarnya kucing tidak menyukai air, dan sering kita dapati kucing suka meronta-ronta saat hendak dimandikan. Dengan itu, ada beberapa brand shampo kucing yang bisa diaplikasikan tanpa menggunakan air dan harga yang ditawarkan juga terjangkau. Dan kami akan memberikan salah satu brand yang menjadi favorit di Dokter Hewan. Ini adalah shampo kucing berbusa yang dapat melembabkan bulu dan kulit si kucing, sambil menghilangkan kekeringan atau bintik-bintik gatal.

Shampo kucing tanpa menggunakan air dari Vet’s Best dibuat dari bahan-bahan alami seperti lidah buaya, vitamin E, dan oatmeal. Aroma yang ditawarkan oleh shampo ini ringan dan menenangkan. Produk shampo kucing ini menjadi salah satu produk yang direkomendasikan untuk kucing yang tidak suka dimandikan dengan air. Anda bisa mengaplikasikan shampo tersebut pada kucing yang sudah berusia diatas 12 minggu. Jika anda memiliki kucing yang takut air, jangan khawatir shampo ini bisa menjadi pilihan.

Kelebihan:

  • Melembabkan dan menenangkan kulit kucing
  • Formula berbusa tapi tidak membutuhkan air
  • Menggunakan bahan alami
  • Tidak berpengaruh pada pengobatan kutu

Kekurangan:

  • Hanya dapat digunakan pada kucing usia 12 minggu
  • Tidak akan efektif untuk kucing yang bulunya terkena kotoran

ADVERTISEMENT


4. TropiClean Spa Renew Shampoo for Cats

Harga Rp. 150.000 (473ml)

TropiClean Spa Renew

Untuk memperbaharui kulit kering dan gatal-gatal pada kucing anda, kami menyarankan untuk menggunakan shampo kucing dari TropiClean. Dibuat dari bahan-bahan alami seperti Jahe, White Plum, dan Oatmeal yang bekerja dengan baik untuk memulihkan kulit kucing anda sehingga membuat bulu kucing lebih menghilap dan bersih. Shampo kucing TropiClean dibuat khusus untuk merevitalisasi kesehatan pada kucing dengan emolien botani dan pembersih yang berbahan dasar kelapa.

Shampo kucing terbaik dari TropiClean bebas dari sabun, dan aman untuk digunakan pada kucing bahka anjing anda. Menawarkan aroma bunga yang menyegarkan dan enak dihirup. Banyak ulasan dari pelanggan yang menyatakan bahwa shampo kucing tersebut sangat bagus untuk kucing dengan bulu yang panjang dan itu sangat disarankan. TropiClean Spa Renew akan melembabkan kulit hewan peliharaan anda dan meninggalkan aroma bunga yang tahan lama. Rasakan kemewahan TropiClean Spa Renew untuk kucing anda.

Kelebihan:

  • Melembabkan kulit kering dan gatal-gatal pada kucing
  • Menggunakan bahan-bahan alami
  • Tidak menggunakan kandungan sabun
  • Memulihkan kesehatan dan bulu kucing

Kekurangan:

  • Hanya untuk kucing dengan usia 12 minggu ke atas

5. I’m OrGanic Daily Care Cat Shampoo

Harga Rp. 75.000 (500ml)

Im OrGanic Daily Care Cat Shampoo, harga shampo kucing alami

Apakah anda salah satu pecinta produk dalam Negeri? Ya, shampo untuk kucing juga tersedia buatan lokal yakni I’m Organic atau disingkat dengan IMO. Brand ini memproduksi produk treatment khusus kucing yang sudah populer di Indonesia. IMO dibuat dari bahan-bahan yang berasal dari tumbuhan yang pastinya menawarkan manfaat yang baik untuk kucing. Anda akan mendapatkan kandungan bahan alami pada sabun kucing tersebut seperti bunga matahari, buah kelapa, sari kedelai, dan sari bunga lainnya.

IMO menggunakan proses pembuatan secara tradisional dan manual untuk mendapatkan produk yang sesuai untuk kebutuhan kucing anda. Proses tradisional akan menjaga kualitas dan keaslian dari produknya. Terdapat formula khusus dari bunga-bungaan yang dapat menjaga bulu kucing tetap rapi dan mudah untuk disisir sehingga terbebas dari kusut serta gimbal. Cara penggunaannya cukup mudah, basahi bulu kucing terlebih dahulu dengan air hangat. Tuangkan shampo kucing secukupnya dan usap secara merata, lalu bilas hingga bersih.

Kelebihan:

  • Kandungan bahan alami
  • Formula anti kusut dan gimbal
  • Bulu kucing akan tetap halus
  • Tidak perlu menyisir kucing
  • Produk Lokal

Kekurangan:

  • Tidak dapat dipadukan dengan shampo kimia

6. Raid-All Smooth Touch Shampoo Pro-V Cat

Harga Rp. 100.000 (1 liter)

Raid-All Smooth Touch Shampoo Pro-V Cat

Smooth Touch Shampoo Pro-V Cat merupakan produk shampo kucing yang sudah terdapat kondisioner didalamnya. Produk ini terbilang paket komplit karena sudah didukung dengan shampo dan kondisioner untuk kucing anda, sehingga lebih berhemat pastinya. Shampo kucing ini dibekali dengan surfaktan yang lembut dan anti-iritasi, kandungan tersebut dapat membersihkan bulu kucing dengan baik. Kandungan shampo akan membersihkan kotoran pada kucing, dan kondisioner bermanfaat untuk melembutkan bulu dan melembabkannya.

Bulu akan tampak berkilau dengan produk 2-in-1 ini. Dikombinasikan dengan formula yang dapat menolak UV sehingga aman dari bahaya sinar matahari. Selain itu, Raid-All Smooth Touch Shampoo Pro-V Cat dibekali dengan vitamin E dan vitamin B5 yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi. Kemasan botol dengan mayoritas warna hitam ini dengan gambar kucing didalamnya menggunakan aroma yang enak dan diklaim aman untuk kucing.

Kelebihan:

  • Formula 2-in-1 Shampo dan Kondisioner
  • Harga Murah
  • Melembutkan bulu kucing

Kekurangan:

Sponsor Link

7. Armani Flea Tick & Aromatherapy

Harga Rp. 25.000 (200ml)

Armani Flea Tick & Aromatherapy

Jika kucing anda terkena kutu atau tungau, ia akan sering menggaruk-garuk bulunya. Hal tersebut pasti mengganggu si kucing karena rasa gatal yang luar biasa. Maka dari itu dibutuhkan shampo kucing yang dapat mengatasi masalah tersebut dan harga shamponya cukup terjangkau sekali. Armani Flea Tick & Aromatherapy dapat membasmi tungau, kutu, dan bau yang tidak sedap pada kucing. Bau yang dibawa oleh shampo ini tidak disukai oleh kutu bahkan tungau.

Memandikan kucing dengan teratur akan membebaskannya dari masalah kutu dan tungau. Formula yang terkandung pada shampo ini sudah sesuai untuk membasmi kutu dan tungau. Dengan aroma yang menyegarkan akan membuat hari kucing anda menyenangkan, dan aromanya juga aman untuk kucing anda yang sudah berusia lebih dari 6 bulan. Shampo kucing ini menggunakan kemasan yang transparan sehingga mudah untuk melihat isi dari shampo, harga shampo kucing tersebut juga terjangkau.

Kelebihan:

  • Harga terjangkau
  • Dapat mengatasi kutu, tungau, dan bau tidak sedap
  • Kemasan transparan

Kekurangan:

  • Tidak dapat digunakan pada kucing dibawah 6 bulan

8. Bio-Derm Bio-Groom Kuddly Kitty Tearless Kitten Shampoo

Harga Rp. 128.000 (237ml)

Bio-Derm Bio-Groom Kuddly Kitty Tearless Kitten Shampoo

Bio Groom merupakan salah satu brand produk-produk untuk kebutuhan kucing dan hewan peliharaan anda lainnya. Menggunakan kemasan transparan yang mudah untuk melihat isi dari shampo tersebut. Kuddly Kitty merupakan shampo kondisioner yang bebas dari sabun. Shampo ini dibuat dari bahan alami untuk membersihkan secara menyeluruh dengan mudah tanpa menghilangkan minyak pelindung alami pada kulit dan coat.

Kuddly Kitty akan membuat bulu kucing anda menjadi lebih halus dan segar. Jika saat memandikan anak kucing ia tidak sabar, anda harus mengerjakannya denga cepat dan bilas secara sepenuhnya. Shampo ini dapat menghilangkan bau tidak sedap pada kucing, dan telah memiliki pH yang seimbang. Selain itu, shampo tersebut tidak akan meninggalkan residu yang dapat mengiritasi kulit kucing anda. Anda bisa mengkombinasikannya dengan perawatan pembersih kutu karena aman untuk digunakan. Produk shampo kucing ini direkomendasikan banyak groomer profesional di seluruh Dunia.

Kelebihan:

  • Tidak meninggalak residu
  • Formula yang cocok untuk kucing
  • Membantu menghilangkan bau tidak sedap pada kucing
  • Membersihkan secara menyeluruh
  • Aman dikombinasikan dengan treatment pembasmi kutu
  • Bebas Paraben dan pengental buatan

Kekurangan:

9. Virbac Poison Sebazole For Cats & Dogs

Harga Rp. 220.000 (250ml)

Virbac Poison Sebazole For Cats & Dogs, harga shampoo kucing

Sebazole adalah shampo yang menawarkan aksi sebagai antibakteri dan membantu mengobati penyakit kurap pada kucing. Shampo ini memiliki formula yang dapat mengatasi masalah pada kucing dan anjing, karena formulanya dapat bekerja sebagai keratolitik, keratoplastik, antibakteri, antijamur, serta antipruritic. Produk shampo Sebazole dibuat di Australia. Jika hewan peliharaan anda terkena malassezia dermatis, dermatofit lokal, atau infeksi jamur umumnya dapat diatasi dengan shampo tersebut.

Shampo antipruritic ini bekerja dengan baik pada kucing dengan kulit berminyak, terinfeksi, dan memiliki bau yang tidak sedap. Ideal digunakan pada kucing yang mengalami konsidi kulit mengelupas atau Seborrhoea. Pembersih bulu kucing tersebut menggunakan kandungan seperti econazole, belerang, sodium salisilat, dan chloroxylenol. Dapat diaplikasikan 2 hingga 3 kali dalam seminggu, dan hanya bisa digunakan selama 4 minggu saja. Tetapi bisa diaplikasikan lebih dari empat minggu jika diperlukan untuk beberapa masalah kelainan kulit.

Kelebihan:

  • Dapat digunakan oleh kucing dan anjing
  • Mengatasi masalah infeksi bakteri dan jamur
  • Menghilangkan bau tidak sedap
  • Ideal untuk kondisi kulit mengelupas

Kekurangan:


ADVERTISEMENT


10. Espree Bright White Cat Shampoo

Harga Rp. 127.000 (355ml)

Espree Bright White Cat Shampoo, harga sampo kucing

Kucing dengan bulu berwarna putih harus ditangani dengan lebih ekstra, karena bisa saja bulu yang bersih tersebut akan berubah warnanya. Hal tersebut banyak terjadi pada kucing berbulu putih, dan bulu tersebut menjadi menguning. Bukan itu saja, terkadang noda hitam juga lebih mudah menempel dan terlihat pada kucing yang berbulu putih. Shampo kucing terbaik ini dapat membantu menghilangkan kotoran yang menempel pada bulu dan membuatnya menjadi indah kembali.

Espree Bright White Cat Shampoo menggunakan formula alami seperti lidah buaya organik, jojoba oil, dan kondisioner berbahan kelapa. Sampo tersebut dapat membersihkan secara lembut bulu kucing dan mengembalikan warna asli dari si meong. Selain menggunakan bahan alami, shampo ini tidak menggunakan bahan yang kurang baik untuk kucing seperti paraben, zat aditif, dan pewarna kimia. Bahan alami yang terdapat pada shampo membuat anda tidak perlu merasa cemas saat menggunakannya.

Kelebihan:

  • Menggunakan bahan alami
  • Tidak mengandung paraben, zat aditif, dan pewarna
  • Membersihkan secara lembut

Kekurangan:

  • Formula lebih ideal pada kucing berbulu putih

Frequently Asked Questions

Apakah bisa memandikan kucing dengan shampo manusia?

Tidak, karena kucing memiliki kulit yang halus dan tipis, menggunakan shampo manusia dapat dengan mudah mengeringkan kulitnya. Hal buruk dari penggunaan shampo manusia adalah iritasi dan bahkan menyebabkan kerusakan bulu atau kulit si kucing. Sangat penting bahwa hanya menggunakan shampo khusus kucing saja yang boleh diaplikasikan pada hewan kesayangan anda.

Apakah shampo tanpa air baik untuk kucing?

Shampo yang tidak membutuhkan pembilasan menggunakan air efektif untuk memandikan kucing anda saat melakukan perawatan rutin. Dan biasanya digunakan pada kucing yang tampak sehat dan warna bulunya tidak terkena noda. Jika terdapat noda atau bahkan infeksi pada kulit, anda perlu memandikan kucing dengan air dan shampo khusus kucing biasa.

Harukah untuk memandikan kucing?

Anda beberapa kondisi yang wajib dimana perlu untuk memandinkan kucing. Mesikipun kucing memiliki rutinitas perawaan diri, mereka mungkin memiliki penyakit fisik yang menyulitkannya. Memandikannya dengan teratur dapat menjaga kesehatan tubuh dan bulu si kucing, sehingga bakteri atau jamur yang bersarang pada kucing bisa hilang.

Kesimpulan

Meskipun memandikan kucing mungkin mengerikan bagi sebagian orang. Saat anda memandikan kucing, penting untuk menggunakan shampo kucing yang berkualitas baik. Jangan sekali-kali menggunakan shampo manusia untuk kucing anda, karena dapat merusak kulit kucing dan mengeringkannya. Kami yakin bahwa pilihan dalam daftar shampo kucing terbaik diatas bisa anda jadikan referensi untuk mendapatkan produk perawatan yang sesuai untuk kucing anda. Pilih shampo kucing yang berbahan alami karena membuat kucing menjadi sehat dan terhindar dari iritasi.

Jika anda memiliki anak kucing, mungkin ide memandikannya pada usia muda bisa menjadi pilihan yang tepat agar lebih terbiasa nantinya. Gunakan suguhan dan mainan untuk si kucing agar mengalihkan perhatiannya dan sebagai penguat positif. Kucing dengan bulu panjang harus mendapatkan perhatian khusus, karena kalau tidak diperhatikan bulu kucing bisa mudah rontok. Harga shampo kucing diatas bisa saja berbeda untuk setiap daerah dan toko yang menjualnya. Untuk harga bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Bagikan artikel kami ke akun jejaring sosial anda, Terimakasih!