10 Produk Krim atau Salep Ruam Popok Paling Bagus (Update 2019)

Ketika anak masih kecil, pastinya sering mengalami dengan namanya ruam yang diakibatkan karena popok. Pasti banyak ibu-ibu yang putus asa karena bingung untuk menghilangkan ruam popok. Di internet kadang banyak kita temui cara menghilangkan ruam popok secara alami, terkadang cara tersebut tidak berefek untuk bayi anda. Setiap ruam yang muncul memiliki penyebab dan cara penyembuhan yang berbeda-beda. Anda harus jeli dalam memiliki krim atau salep yang cocok untuk menghilangkan ruam popok.

Mengapa anda membutuhkan krim untuk mengatasi ruam popok?

Ruam popok adalah iritasi yang muncul pada area sekitar kulit yang tertutup oleh popok. Terkadang hanya muncul bercak merah, iritasi yang muncul pada bagian bawah bayi membuatnya tidak merasa nyaman. Jika dibiarkan akan menjadi lebih parah, ruam bisa menyebar hingga ke paha dan bahkan ke menyebar ke bagian lainnya. Dalam kasua yang ekstrim, ruam dapat membuat kulit menjadi berdarah atau terinfeksi.

Krim atau salep untuk ruam popok dapat membantu dalam menyembuhkan area sekitar yang tertutup oleh popok sekali pakai tersebut. Pemilihan krim ruam popok yang tepat dapat berdampak baik sebagai pelindung dan menghalangi antara bokong bayi dengan potensi yang menyebabkan iritasi. Beberapa produk krim untuk menghilangkan ruam popok menggunakan bahan yang dapat menenangkan peradangan dan menyembuhkan iritasi.

Apa sih penyebab ruam popok?

Pasti banyak yang bertanya-tanya apa sih penyebab sehingga terjadinya ruam yang diakibatkan popok sekali pakai? Dibawah ini kami akan menjelaskan beberapa penyebab yang bisa memicu munculnya ruam popok, diantaranya dibawah ini:

Kelembaban : Popok sekali pakai anak-anak akan membuat bagian bawah anak jadi lebih panas, walaupun beberapa produk sudah membuat diaper dengan bahan tidak panas dan memungkinkan kulit anak kering, tetapi belom ada yang benar-benar membuat 100% kering. Selalu ada kelembaban yang tersisa pada kulit bayi, masalah tersebut dapat memicu ititasi dan berdampak munculnya ruam.

Kotoran : Ketika bayi anda poop, terkadang bunda tidak membersihkannya secara langsung karena dikhawatirkan fesesnya belom habis dikeluarkan. Tetapi harus hati-hati ya bunda, karena terlalu lama feses akan bercampur dengan udara. Hal tersebut dapat menyebabkan reaksi kimia yang menghasilkan Amonia, Amonia termasuk keras terhadap kulit dan bisa memicu iritasi pada kulit di baby.

Diare : Jika anak anda terkena Diare, bunda harus lebih ekstra dalam menanganinya. Selain memberikannya obat yang telah diresepkan doket, bunda juga membersihkan feses anak secara ekstra. Karena kelembaban yang diakibatkan oleh Diare dan Amonia, bisa memicu ruam. Harus lebih teliti lagi ya bun.

Makanan : Mengenalkan makanan baru ke dalam makanan bayi, akan merubah komposisi kimia yang terjadi pada feses anak, terkadang hal tersebut dapat mengiritasi kulit si baby. Tetapi semua tergantung makanannya, tidak semua makanan juga bisa memicu ruam. Biasnya itu terjadi dikarenakan makanan anak yang dimakan dapat memicu terbentuknya asam, sehingga dapat menyebabkan iritasi karena komplikasi dengan popok bayi. Penting untuk diingat, jika anak anda mengeluarkan ruam setelah anda mengganti makanannya, itu berarti makanan tersebut berpotensi memicu ruam sehingga harus dihentikan.

Bahan Kimia : Popok sekali pakai dibuat dari beberapa bahan kimia, pewarna, parfum untuk menghilangkan bau yang diakibatkan kelembaban. Bahkan banyak popok yang mengandung beberapa bahan kimia dalam pembuatannya. Jika anak anda berulang kali muncul ruam popok setelah menggunakan merk tertentu, ada baiknya bunda untuk mengubah popok sekali pakai lainnya yang bebas dari pewarna atau menggunakan bahan alami, atau bisa juga mengganti sementara untuk menggunakan popok kain.

Deterjen : Apakah bunda termasuk dalam satu orang yang menggunakan popok kain? Nah, penggunaan popok kain memang lebih baik jika dibandingkan dengan popok sekali pakai. Tetapi, penggunaan popok kain juga dapat memicu ruam pada anak yang diakibatkan oleh deterjen saat anda mencucinya. Sebaiknya gunakan deterjen pakaian yang lebih raman untuk anak-anak seperti tanpa menggunakan pewarna dan pewangi, karena kulit anak terbilang sangat sensitif terhadap kandungan tersebut. Selain itu, saat membilas popok anak bunda bisa menambahkan 1 kali atau 2 kali pembilasan agar pewarna dan parfum dapat rontok.

Antibiotik : Saat anak sakit terkadang bunda memberikan antibiotik untuk membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit pada anak, tetapi antibiotik juga dapat membunuh bakteri baik yang dibutuhkan dalam sistem pencernaan anak. Jika itu terjadi dapat menyebabkan si kecil terkena diare atau infeksi jamur, sehingga dapat menimbulkan ruam popok.

krim ruam popok



Cara memilih krim ruam popok paling bagus untuk bayi

Untuk kebutuhan si kecil pastinya bunda tidak akan memberikan produk yang sembarangan. Betul, agar ruam popok hilang dibutuhkan produk yang sesuai dengan kebutuhan bayi. Dibawah ini kami akan memberikan kepada anda, bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan krim yang sesuai dengan kebutuhan anak.

1. Konsistensi

Cari krim yang bener-bener konsistensi dan kaya akan bahan terbaik. Saat mengaplikasikan krim ruam popok, anda harus menyebarkannya keseluruh kulit bayi agar terbentuk lapisan yang akan bertindak sebagai penghalang antara kulit bayi dan popok. Gunakan krim yang konsistensi sehingga tidak akan mudah menempel pada popok sekali pakai saat bunda mengganti-ganti popoknya.

2. Memberikan Sensasi Dingin

Ruam popok akan membuat si kecil tidak nyaman dan merasa gatal. Selain itu, ketika cairan pada tubuh bayi bekerja dan memberikan efek lembab maka kulit akan teriritasi sehingga bayi akan lebih tidak nyaman lagi. Memilih krim ruam popok yang dapat meringankan rasa tersebut sangat dibutuhkan. Beberapa krim, seperti California Baby Diaper Rash Cream, terdapat kandungan French Lavender, krim untuk ruam popok tersebut menggunkan bahan alami dan memiliki khasiat yang dapat menenangkan serta menyembuhkan.

3. Anti Air

Menggunakan krim anti air sangat tepat untuk menjadi penghalang antara kulit si kecil dan popok, sehingga memastikan untuk lebih sedikit ruam dan masalah kulit. Krim ruam popok harus dapat mengusir air untuk melindungi kulit bayi dari kelambaban, yang bisa memicu ruam pada bayi. Krim seperti Sudocrem yang dapat menolak air dan terbuat dari bahan seperti minyak untuk melindungi kulit bayi dari iritasi. Selain itu, dapat menjadi penghalang basah saat anak anda pipis atau pup.

4. Disetujui oleh Dokter Anak dan Dokter Kulit

Gunakan produk yang dapat menghilangkan ruam popok anak yang terlah diuji dan disetujui oleh Dokter Kulit maupun Dokter Anak. Jika anda ingin menggunakan krim ruam popok yang banyak kandungan Steroid, maka anda wajib untuk berkonsultasi ke Dokter Anak atau Kulit, tentang cara dan aman tidaknya bila diaplikasikan ke si kecil.

5. Kompatibel dengan Popok Kain

Banyak ibu-ibu yang menginginkan untuk anaknya menggunakan popok kain ketimbang popok sekali pakai, alasannya yaitu popok kain lebih ramah lingkungan. Selain itu, popok kain lebih bagus dalam mencegah ruam yang diakibatkan oleh bahan kimia yang terdapat pada diaper. Terkadang, banyak bunda yang belum memahami bahwa popok kain dan krim ruam popok sering tidak berjalan searah. Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu sebelum anda membelinya.

Yang terbaik untuk menghilangkan ruam dengan popok kain adalah krim atau salep yang mengandung bahan seperti Minyak Zaitun, Shea Butter, Lanolin, yang tidak terlalu berminyak ataupun tebal, dan mudah dibilas sehingga tidak menempel pada popok kain. Berikut kami sertakan beberapa produk yang sesuai dengan pengguna popok kain.

  • Motherlove Diaper Rash & Thrush
  • Earth Mama Angel Baby Angel Baby Bottom Balm

6. Kemasan dan Harga

Berbagai bentuk kemasan yang ditawarkan oleh produsen krim ruam popok. Kemasan yang paling populer adalah berbentuk Tube dengan tutup flip-top. Tetapi, terdapat juga krim ruam popok yang datang dalam bentuk Jar. Semua tergantung dengan anda, kemasan mana yang paling sesuai untuk dibawa kemanapun anda bepergian. Tentunya, harga juga berperan penting, anda mungkin akan tergoda dengan krim yang harganya mahal. Tetapi coba untuk dipikirkan kembali, mengingat bayi membutuhkan pergantian popok setiap jamnya, anda pastinya akan menghabiskan banyak uang untuk itu. Pilih krim ruam popok yang sesuai dengan anak anak, dan tentunya harganya juga masih terjangkau untuk digunakan dalam jangka panjang.

Memilih krim ruam popok yang bagus dan baik akan membantu untuk mencegah dan mengobati ruam yang membuat bayi tidak nyaman pastinya. Selalu mengganti rutin popok bayi, menggunakan tisu pembersih yang bebas alkohol, menjaga kulit bayi tetap kering akan membantu dalam mencegah terjadinya ruam popok. Jika setelah menggunakan krim penghilang ruam kulit bayi semakin parah, segera hentikan dan berkonsultasilah ke dokter anak anda untuk mencegah infeksi yang lebih parah lagi.

10 Daftar Krim Ruam Popok Paling Bagus di Pasaran

Dibawah ini, kami akan memberikan rekomendasi pada anda terkait krim ruam popok paling bagus yang ada di pasaran. Semoga rekomendasi tersebut dapat membantu masalah ruam pada anak anda. Namun, jangan lupa untuk memeriksa terlebih dahulu kondisi kulit pada si kecil sebelum mengaplikasikan krim penghilang ruam popok.

1. Motherlove Diaper Rash and Thrush

Harga Rp. 220.000 (30gr)

Motherlove Diaper Rash and Thrush
Lihat produk ini di Bukalapak

Dalam merawat kulit bayi diperlukan produk yang benar-benar aman dan cocok untuk si kecil. Masalah ruam popok memang menjadi kendala yang selalu dialami oleh bayi. Menggunakan krim ruam popok berbahan dasar kimia mungkin akan membuat anda menjadi ragu, karena dikhawatirkan akan membuat kulit lebih iritasi. Jika bayi anda pemilik kulit sensitif, harus lebih berhati-hati dalam memberikan krim yang sesuai.

Motherlove Diaper Rash and Thrush adalah krim yang bisa untuk mengobati ruam popok pada anak, selain itu krim ini juga bisa untuk mengobati luka gigitan pada p*ting Ibu yang sering terjadi saat menyusui anak. Motherlove menggunakan bahan-bahan alami sehingga lebih aman untuk anak yang memiliki kulit sensitif. Krim ini kompatibel dengan bayi yang menggunakan popok sekali pakai ataupun popok kain. Brand Motherlove sudah memimpin industri perawatan tubuh holistik sejak lama pada tahun 1990.

Motherlove menjaga produknya dengan bahan yang murni dan terbaik, menggunakan bahan-bahan organik yang telah bersertifikat sebagai cara memberikan keamanan untuk si bayi dan ibunya. Anda bisa mendapatkan produk tersebut dibeberapa toko online besar Indonesia.

2. California Baby Diaper Rash Cream Calming

Harga Rp. 225.000 (82gr)

California Baby Diaper Rash Cream Calming

Lihat produk ini di Bukalapak

Anak terkena ruam popok yang terbilang parah anak membuat bunda menjadi pusing. Perhatian khusus harus diberikan pada si anak agar dapat membuatnya lebih baik dan ruamnya semakin hilang. Bunda, sebelum memberikan krim ruam popok haruslah dapat menyebuhkan kulit anak dan menenangkan kulitnya tanpa memberikan bahan-bahan yang berbahaya untuk bayi. Mungkin ini bisa menjadi solusi untuk anda, California Baby Diaper Rash Cream Calming.

Dalam sekali pakai, anda akan melihat ruam anak anda mulai berkurang secara bertahap. California Baby Diaper Rash Cream Calming menggunakan bahan alami dan tidak menggunakan bahan berbahaya untuk kulit si kecil. Terdapat kandungan seperti Lidah Buaya, Lanolin, Vitamin E, dan Lavender. Berbeda dengan produk salep ruam popok lainnya yang menggunakan kandungan minyak yang tidak ramah untuk bayi dengan jenis kulit sensitif.

3. Earth Mama Angel Baby Bottom Balm

Harga Rp. 250.000 (60ml)

Earth Mama Angel Baby Bottom Balm
Lihat produk ini di Bukalapak

Sangat tidak nyaman begitu melihat si kecil mengalami ruam pada kulit yang diakibatkan oleh popok. Jika ruam popok terjadi pada anak, pastinya ia tidak akan nyaman dan akan merasa sakit pada kulitnya. Jika hal tersebut terjadi, bunda harus lebih tanggap untuk memberikan pengobatan pada si kecil seperti memberikan krim yang dapat menenangkan dan melembabkan. Earth Mama Angel Baby Bottom Balm mungkin bisa menjadi pilihan untuk bunda yang ingin menggunakan krim dengan kandungan bahan alami seperti miyak zaitun dan tanaman organik herbal.

Tanaman organik herbal yang terdapat pada salep penghilang ruam popok berfungi sebagai anti jamur dan anti bakteri. Selain itu terdapat kandungan Shea Butter dan Minyak Essensial murni sehingga kelembaban kulit anak akan tetap terjaga, dan dapat bertindak juga sebagai anti inflamasi dan membantu dalam meregenerasi kulit baby. Produk Earth Mama sudah diuji secara klinis dan dapat mengatasi masalah ruam popok yang diakibatkan oleh kelembaban, iritasi, gigitan serangga, luka ringan, hingga kulit anak yang terkena cacar air.

Earth Mama Angel Baby Bottom Balm bisa digunakan untuk anak yang menggunakan popok sekali pakai ataupun popok kain. Krim terseut sangat ringan dikulit bayi dan tidak meninggalkan residu yang biasanya ditemukan pada krim berbahan kimia.


Advertisement


4. Sudocrem Baby Care Cream

Harga Rp. 105.000 (125gr)

Sudocrem Baby Care Cream
Lihat produk ini di BliBli

Mungkin anda tidak begitu familiar dengan brand satu ini, tetapi produk tersebut sudah dikenal yang dapat menanggulangi ruam popok. Sudocrem sangat bermanfaat untuk menghilangkan ruam pada anak, mengobati luka bakar ringan atau melepuh, terkena gigitan serangga, bengkak, dan kulit yang pecah-pecah. Krim tersebut sangat multifungsi, anda bisa membelinya dan menyetoknya dirumah bukan saja untuk keperluan menghilangkan ruam popok tetapi dapat digunakan lebih dari itu.

Sudocrem sudah memiliki lisensi resmi dan terbukti secara klinis, dan aman digunakan untuk anak. Uji klinis yang dilakukan terbukti dapat menenangkan kulit, menyembuhkan dan melindungi kulit bayi yang halus. Saat sakit yang meradang, kandungan Emolien dapat menenangkan peradangan tersebut sehingga dapat meringankan rasa sakit dan iritasi yang dialami bayi. Kandungan Zinc Oxide pada krim berfungsi untuk mengurangi hilangnya cairan pada jaringan sel kulit.

5. Johnson Baby Cream Untuk Ruam Popok

Harga Rp. 29.000 (100gr)

Johnson Baby Cream Untuk Ruam Popok
Lihat produk ini di Bukalapak

Johnson Baby sudah dikenal baik oleh masyarakat lokal yang memiliki rangkaian produk untuk baby. Kali ini kami akan membahas krim ruam popok yang dimiliki oleh Johnson Baby. Johnson Baby Cream ini dapat memberikan kelembaban pada kulit anak dan mengurangi iritasi yang dikibatkan karena kekeringan. Bunda bisa mengoleskan krim ruam popok tersebut saat setelah mandi atau setiap mengganti popok si kecil.

Baby cream tersebut memiliki aroma yan lebut dan membuat si baby akan selalu segar sepanjang hari. Gunakan krim tersebut pada area lipatan kulit dan oleskan secukupnya saja atau sesuai dengan saran penggunan. Kemasannya berbentuk tube dengan tutup flip top, sangat memudahkan dibawa kemanapun anda bepergian. Untuk anak yang memiliki kulit sensitif, ada baikany untuk menggunakan Johnson Baby Cream dengan kemasan ekonomis.

6. Sebamed Baby Care Cream

Harga Rp. 113.000 (100ml)

Sebamed Baby Care Cream
Lihat produk ini di Bukalapak

Sebamed sudah dikenal dengan baik oleh masyarakat lokal, semua produk yang dihadirkannya sangat bermanfaat untuk kesehatan baik dari bayi hingga dewasa. Produk kebersihan dari Sebamed dapat melindungi kulit bayi agar terhindari dari iritasi serta biang keringat yang sering dialami oleh si kecil. Sebamed Baby Care Cream memiliki kandungan Chammomile yang mengandung pH 5.5 dan sesuai dengan pH kulit normal anak.

Sebamed Baby Care Cream dapat melancarkan metabolisme tubuh dan evaporasi kulit yang baik sehingga kulit tetap bisa bernafas dengan baik. Salep ruam popok tersebut mengandung ekstrak panthenol, allantoin, dan chammomile yang dapat melembabkan serta menenangkan kulit serta meregenerasi kulit. Mudah untuk diaplikasikan dan diserap dengan cepat kedalam kulit. Krim tersebut sudah diuji secara dermatologis dan klinis.


ADVERTISEMENT



7. Naif Diaper Cream

Harga Rp. 230.000 (95gr)

Naif Diaper Cream
Lihat produk ini di Bukalapak

Kulit bayi yang halus haruslah ditangani dengan khusus, kalau tidak teliti bisa-bisa kulit bayi menjadi bermasalah. Perlakukan kulit bayi yang halus dengan formula yang ultra lembut dari Naif, salep tersebut dapat mendinginkan, dan meredakan ruam popok yang selalu terjadi pada si kecil. Naif membuat produk ini dengan bahan-bahan alami yang mudah menyerap kedalam kulit. Terdapat kandungan Chamomile, Zinc Oxide, dan Vitamin E yang dapat melindungi serta melembabkan kulit kering dan sensitif.

Kandungan alami pada Naif Diaper Cream membuat kulit bayi menjadi tenang dan nyaman sepanjang hari. Penggunaan yang sesuai dengan aturan akan membuat ruam dan iritasi di kulit menjadi hilang, membuatnya lembut, halus serta lembab sepanjang hari. Produk ini sudah diuji secara dermatologis, menggunakan parfum yang bebas hypoallergenic dan alergi. Tidak menggunakan paraben, minyak mineral, dan bahan kimia keras yang dapat membuat kulit menjadi kemerahan.

8. Zwitsal Baby Extra Care Cream with Zinc

Harga Rp. 17.000 (50ml)

Zwitsal Baby Extra Care Cream with Zinc, krim ruam popok murah
Lihat produk ini di Bukalapak

Zwitsal memang fokus untuk merilis produk khusus untuk bayi, semua perlengkapan bayi bisa anda dapatkan dari brand tersebut. Begitu dengan masalah ruam popok, krim dari Zwitsal tersebut bisa mengatasi masalah tersebut. Diperkaya dengan Zinc yang bermanfaat untuk meredakan kemerahan yang muncul karena iritasi atau penggantian popok yang tidak teratur dan sesuai aturan penggunaan yang baik.

Setelah diaplikasikan bayi akan merasa nyaman karena kulitnya kemali halus dan lembut. Produk tersebut sudah diuji untuk Hypo-Allergenicnya, sehingga bisa digunakan untuk kulit bayi yang sensitif. Krim penghilang ruam yang diakibatkan oleh popok tersebut datang dengan kemasan Tube dengan tutup flip top, kemasan yang travel friendly memudahkannya untuk dibawa kemanapun anda bepergian. Tersedia dalam 2 jenis ukuran yaitu 50ml dan 100ml, gunakan kemasan ekonomis terlebih dahulu untuk menguji apakah produk tersebut bekerja dengan baik untuk kulit bayi anda.

9. Cussons Baby Protect Care Diaper Rash Cream

Harga Rp. 15.000 (50gr)

Cussons Baby Protect Care Diaper Rash Cream, krim ruam popok terbaik
Lihat produk ini di Bukalapak

Ruam popok selalu dialami oleh bayi diseluruh Dunia, masalah ini disebabkan oleh banyak sebab diantaranya adalah pergantian popok yang tidak teratur dan penggunaan popok sekali pakai yang terlalu ketat sehingga memicu ruam. Selain itu, penggunaan popok sekali pakai yang mengandung bahan kimia juga dapat memicu ruam. Nah, untuk melindunginya bunda bisa menggunakan Cussons Baby Protect Care Diaper Rash Cream. Terdapat kandungan Zinc Oxide, Zat pelindung yang lembut, Allantoin yang berkerja dengan baik untuk melindungi kulit dan sebagai anti iritasi.

Selain itu terdapat ekstrak Witch Hazel yang dapat mengurangi rasa gatal dan iritasi yang disebabkan popok, Krim ini dapat membuat kulit bayi ke pH yang seimbang. Cussons Baby Protect Care Diaper Rash Cream sudah diuji secara dermatalogis dan lulus uji dari Dokter Kulit. Tidak terdapat kandungan paraben, yaitu bahan pengawet yang biasa digunakan pada produk krim. Bayi dengan kulit sensitif bisa salep ruam popok tersebut sehari-hari. Usapkan krim tersebut dengan lembut di kulit pant*t bayi setelah mengganti popok. Berikan juga pada area lipatan kulit agar menambah kelembaban, krim ini hanya untuk penggunaan luar.


ADVERTISEMENT



10. Pigeon Baby Diaper Rash Cream

Harga Rp. 15.000 (60gr)

Pigeon Baby Diaper Rash Cream, krim ruam popok paling bagus
Lihat produk ini di Bukalapak

Pigeon adalah brand asal Jepang yang sudah berdiri sejak tahun 1957, menghadirkan produk yang berkualitas dan pastinya dibutuhkan oleh ibu dan bayi. Si kecil pastinya akan rewel jika terjadi ruam pada kulitnya, ruam yang diakibatkan oleh popok sangat tidak membuat nyaman bagi baby. Mungkin Pigeon Baby Diaper Rash Cream bisa mengatasi masalah anda, didukung dengan bahan alami seperti Jojoba Oil dan Chamomile yang membuat kulit si kecil tetap lembut.

Formula yang terdapat pada Pigeon Baby Diaper Rash Cream telah diuji Hypoallergenic-nya sehingga tidak membuat alergi kulit bayi dengan jenis kulit sensitif. Aroma yang menenangkan membuat bayi anda harum sepanjang hari. Krim ruam popok tersebut menggunakan kemasan tube dengan tipe tutup ulir sehingga tidak mudah tumpah walaupun tertimpa dengan barang lain saat didalam tas.

Kesimpulan

Ruam popok sangat mengganggu kenyamanan dan pastinya menyakitkan bagi bayi. Ada baiknya untuk menanganinya dengan cepat dan serius, karena kalau tidak ditangani dengan cepat akan membuat ruam meluas. Selain itu, kelembaban kulit bayi juga harus dijaga dengan baik agar tetap sehat. Gunakan produk yang sesuai dengan masalah kulit anak anda, agar penggunaan krim untuk ruam popok menjadi lebih efektif.

Gunakan salep atau krim ruam popok dalam kemasan ekonomis saat ingin menggunakannya, apabila bayi tidak cocok menggunakannya anda bisa memberhentikannya sesegera mungkin. Harga diatas kami ambil dari berbagai sumber, anda bisa menggunakan harga diatas sebagai estimasi. Label harga bisa saja berbeda untuk setiap daerah dan toko yang menjualnya, harga bisa saja lebih murah saat masuk dalam daftar promosi. Setiap produk kami menyertakan link affiliasi, setiap produk yang anda beli dari link tersebut maka kami akan mendapatkan fee dari setiap penjualan yang sukses. Semoga informasi yang kami bagikan berguna untuk anda.