10 Rekomendasi Produk Mouthwash Terbaik (Update Tahun 2019)

Banyak sekali produk obat kumur yang bisa anda pilih di pasaran, anda harus mencari tahu terlebih dahulu mana produk mouthwash terbaik yang tepat untuk anda gunakan. Kami akan mengulas produk mouthwash terbaik dan dirancang untuk mendukung kesehatan gigi pastinya. Terdapat banyak sekali fitur-fitur spesifik yang dibawa oleh obat kumur tertentu, anda bisa melihat bahan aktif yang ditawarkan dari masing-masing obat kumur dan tidak lupa juga membandingkan harganya.

Mouthwash mampu membersihkan gigi dan mulut sehingga dapat mengontrol bau mulut, dan setelah menggunakannya akan meninggalkan sensasi menyenangkan pada mulut. Produk mouthwash terapeutik menggunakan bahan-bahan yang dapat mengurangi bakteri dengan cukup lama dan dapat digunakan pada kondisi gigi yang meradang, mulut kering, dan yang memiliki penumpukan plak. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah diberbagai mini market dan tidak membutuhkan resep dari Dokter.

Kenapa Harus Menggunakan Produk Mouthwash Terbaik

Ketika ingin membeli produk mouthwash terbaik untuk anda, perlu untuk mengetahui masalah kesehatan mulut apa yang ingin anda atasi. Karena banyak sekali produsen mouthwash yang ada di pasaran, anda bisa membeli sesuai dengan kebutuhan anda. Yuk, simak penjelasannya dibawah ini.

Bau Mulut – Jika masalah utama anda adalah bau mulut, menggunakan mouthwash kosmetik bisa menjadi pilihan yang tepat. Produk tersebut dapat mengurangi bau tidak sedap dari mulut, terdapat berbagai pilihan yang bisa anda dapatkan. Manfaat mouthwash ini dapat membunuh bakteri penyebab bau tidak sedap.

Mulut Kering – Jika anda mengkonsumsi obat rutin atau memiliki kondisi yang menghasilkan mulut kering sebagai efek sampingnya, menggunakan mouthwash yang dirancang memberikan kenyamanan oral selama berjam-jam adalah pilihan yang terbaik untuk anda.

Masalah Plak dan Gusi – Kondisi lain, seperti penumpukan plak pada gigi, gusi yang menyusut, serta radang pada gusi bisa diatasi dengan memilih mouthwash terbaik dengan kandungan fluoride, atau bahan aktif lainnya yang mampu melawan bakteri pada mulut.

Pilih Bahan Yang Tepat Pada Mouthwash Anda

Sangat penting untuk melihat daftar kandungan yang terdapat pada mouthwash. Banyak produk yang menggunakan beberapa bahan untuk merawat kondisi kesehatan gigi secara keseluruhan. Beberapa bahan memang terdapat pada obat kumur, kami akan menjelaskan manfaat dari bahan aktif yang biasanya terdapat pada mouthwash terbaik di pasaran.

Fluoride – Bahan ini memang sering kita jumpai pada produk pasta gigi berfluoride. Bahan ini bermanfaat untuk melawan kerusakan pada gigi dan memperkuat enamel gigi.

Cetylpyridinium chloride – Ini merupakan bahan yang umum digunakan pada produk mouthwash, karena dapat membasmi bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Chlorhexidine – Kandungan tersebut bertindak sebagai antiseptik untuk mengobati serta mencegah radang pada gusi dan mengurangi plak pada gigi.

Essential oil – Beberapa produk mouthwash terbaik dipasaran menggunakan kandungan minyak esensial seperti peppermint, eucalyptus, thyme, dan juga bahan tersebut memiliki sifat sebagai antijamur dan antibakteri.

Carbamide peroxide or hydrogen peroxide – Nah, untuk kandungan ini bermanfaat untuk membantu memutihkan gigi anda.


10 Daftar Produk Mouthwash Terbaik

Ada banyak sekali produk mouthwash terbaik yang ada diluar sana, dan daftar yang kami berikan bukan berarti terlengkap karena kami hanya mendaftarkan 10 produk saja. Kami telah menyertakan produk mouthwash terapeutik yang dapat dengan mudah anda dapatkan di Apotek ataupun mini market yang dekat dengan rumah anda, tanpa menggunakan resep dokter. Yuk, simak daftarnya dibawah ini.

1. Crest Pro-Health Multi-Protection

Harga Rp. 208.000 (1 Liter)

Crest Pro-Health Multi-Protection

Produk obat kumur ini menggunakan cetylpyridinium chloride (CPC), anti mikroba dengan broad-spectrum yang efektif untuk melawan bau mulut, kerusakan pada gigi, dan kondisi seperti gingivitis dan gusi yang berdarah. Crest Pro-Health bebas dari kandungan alkohol sehingga tidak akan memberikan rasa terbakar didalam mulut, menggunakan mouthwash terbaik dari Crest Pro-Health bisa menjadi pilihan yang baik untuk anda dengan mulut kering dan iritasi.

Pengguna banyak yang menyukai Crest Pro-Health karena aftertaste minty setelah menggunakannya. Produk ini mungkin saja dapat menodai gigi anda untuk sementara waktu, jika hal itu terjadi, anda hanya membutuhkan sikat gigi untuk pembersihan secara rutin. Jika anda memiliki gigi yang sensitif dan tidak tahan dengan sensasi terbakar karena disebabkan oleh obat kumur lainnya, ini mungkin bisa menjadi pilihan untuk anda.

Bagi sebagian orang, kandungan cetylpyridinium chloride (CPC) mungkin meninggalkan rasa yang tidak nyaman untuk anda. Atau saja mungkin mempengaruhi rasa saat anda mencoba makanan. Dalam kasus ini, anda mungkin membutuhkan untuk melihat mouthwash terbaik lainnya. Kemasannya juga unik, mungkin sebagian orang akan menyukainya. Untuk harga memang terbilang cukup mahal, tapi dengan klaim 99% dapat membunuh kuman mungkin bisa menjadi pertimbangan yang baik untuk anda.

2. ACT Total Care Anticavity Fluoride

Harga Rp. 1.700.000 (1 Liter)

ACT Total Care Anticavity Fluoride

ACT Total Care merupakan brand terbaik yang direkomendasikan oleh Dokter gigi. Produk mouthwash terbaik ini memberi perlindungan untuk rongga mulut anda yang sudah terbukti secara klinis. Membersihkan menggunakan mouthwash terbaik ini dapat memperkuat gigi dan mencegah gigi berlubang, selain itu, menyegarkan nafas pada saat yang bersamaan. Menggunakan kandungan Icy Clean Mint sebesar 11% secara cepat memberikan rasa sejuk, bersih, dan fresh rongga mulut anda.

Tidak menggunakan formula alkohol sehingga tidak memberikan rasa terbakar pada mulut anda. Terdapat pengukur dosis yang tepat untuk memudahkan pengguna, anda tidak akan menggunakan secara berlebihan karena sudah ada media ukur sehingga mendapatkan porsi yang pas untuk digunakan. Rasa mint yang luar biasa pastinya banyak disukai banyak orang. Formula pada obat kumur ini dapat membunuh kuman penyebab bau mulut dengan baik.

Menggunakannya secara teratur, bukan saja rongga mulut saja yang sehat, tetapi obat kumut tersebut dapat memperkuat gigi hingga 50% lebih kuat dan membantu mencegar terjadinya lubang pada gigi. Nafas yang segar akan membuat rasa percaya diri anda bertambah. Kemasannya juga menarik, kemasan botol plastik ini cukup transaparan sehingga memudahkan untuk melihat isi dari mouthwash.

3. KIN Gingival Mouthwash

Harga Rp. 165.000 (250ml)

KIN Gingival Mouthwash

KIN merupakan brand dari Spayol yang sudah lama dikenal untuk pasar Internasional. Laboraturin KIN telah meneliti dan mengembangkan produk perawatan untuk kesehatan mulut dengan kualitas yang tinggi sejak tahun 1964. Hari ini, KIN merupakan brand produk perawatan mulut yang sudah dikenal secara luas. Gingival Mouthwash adalah produk obat kumur yang efektif untuk mencegah berkembangnya mikro organisme dan bakteri pembentuk plak. Mouthwash ini bekerja dengan meningkatkan fungsi jaringan gingiva atau gusi, rongga mulut akan bebas dari kuman layaknya sehabis mencabut gigi atau pasca operasi.

Gingival Mouthwash menggunakan bahan chlorhexidine, kandungan tersebut merupakan antiseptik dengan broad spectrum yang bekerja dengan baik untuk membunuh bakteri. Selain itu, didukung juga dengan fluoride untuk membuat enamel gigi menjadi lebih resisten terhadap pelarutan asam hasil dari plak. Menahan terjadinya karies, dan secara bersamaan untuk gigi menjadi tidak terlalu sensitif. Jangan menggunakan mouthwash terbaik dari KNI ini jika anda menderita hipersensitif terhadap kandungan chlorhexidin atau bahan lainnya yang terdapat didalam produk ini.

KIN Gingival Mouthwash membantu untuk mencegah terbentuknya plak bakteri yang berlebih, dan masalah bau mulut juga dapat diatasi dengan penggunaan yang teratur. Produk ini dijual secara bebas, anda bisa mendapatkannya juga via online. Kumur cairan KIN Gingival Mouthwash selama satu menit setelah anda menggosok gigi, disarankan untuk tidak mengkonsumsi makan atau minum hingga lebih dari setengah jam lamanya. Obat kumur terbaik dari KIN ini menggunakan kandungan paraben, untuk anda yang sensitif dengan kandungan tersebut bisa memilih produk lainnya.



4. TheraBreath Mouthwash Oral Rinse

Harga Rp. 325.000 (473ml)

TheraBreath Mouthwash Oral Rinse

TheraBreath merupakan brand asal Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Moutwash ini sudah tersertifikasi ADA (American Dental Association). Produk pembersih mulut dari TheraBreath diformulasikan oleh Dokter Gigi sehingga sudah memahami masalah yang biasa terjadi terkait masalah mulut dan gigi. Obat kumur TheraBreath tidak pernah diuji dengan menggunakan hewan sehingga bebas dari kekejaman. Bau nafas yang tidak sedap dapat dihilangkan dengan mouthwash dan bisa bertahan hingga 24 jam lamanya.

Bekerja secara instan dengan menargetkan kuman yang dapat menyebabkan nafas tidak sedap. Tidak menggunakan kandungan alkohol sehingga saat menggunakannya anda tidak akan merasa terbakar. Selain itu, tidak ada kandungan seperti perasa, pewarna, dan pemanis sehingga lebih aman untuk digunakan. Anda bisa menggunakan obat kumur TheraBreath saat pagi dan malam hari, kumur pada mulut selama 1 menit dengan takaran satu tutup boto penuh. Setelah anda membilas mulut anda dengan TheraBreath, tunggu hingga 5 menit untuk makan ataupun minum.

Moutwash terbaik dari TheraBreath aman untuk anda penderita diabetes. Hentikan kuman bau mulut tanpa membakar atau mengeringkan mulut anda, dan TheraBreath mengklaim 100% dijamin. Terdapat kandungan mentha piperita (peppermint) oil yang akan memberikan sensasi dingin dan segar setelah menggunaakannya. Dapatkan sensasi segar dan bebas dari nafas tidak segar hingga 24 jam lamanya. Untuk mendapatkannya juga cukup gampang, anda bisa melakukan pembelian melalui online.

5. Colgate Plax Peppermint Mouthwash

Harga Rp. 50.000 (750ml)

Colgate Plax Peppermint Mouthwash

Colgate memang sudah dikenal dengan baik untuk produk pembersih mulutnya, seperti halnya Colgate Plax yang mampu membersihkan 10x lebih segar jika dibandingkan dengan hanya menyikat gigi. Menggunakan kemasan botol yang transparan sehingga memudahkan untuk melihat isi dari obat kumur tersebut. Didukung dengan rasa peppermint yang memberikan kesegaran dan rasa dingin setelah menggunakannya. Anda bisa menggunakan obat kumur Colgate ini pada pagi dan malam hari setelah menyikat gigi anda.

Obat kumur ini bebas dari kandungan alkohol, kandungan tersebut akan memberikan sensasi kurang nyaman saat anda mengkumurnya. Colgate mengklaim bahwa produk mouthwash ini dapat membunuh bakteri hingga 99.99% sehingga gusi akan lebih sehat dan terhidar dari gigi berlubang. Nafas akan lebih segar dalam waktu yang lama, dan pastinya akan menambah rasa percaya diri anda. Terdapat kandungan fluoride yang dapat menjaga kekuatan gigi anda.

Untuk menggunakannya cukup mudah, tuangkan cairan mouthwash pada tutup botol yang tersedia dan sudah dilengkapi dengan takaran 20ml. Kumur-kumur hingga 30 detik lamanya, lalu buang dan jangan ditelan. Tidak direkomendasikan untuk pengguna dibawah umur 6 tahun, simpan produk dengan aman dari jangkauan anak-anak. Mouthwash ini mudah untuk didapatkan, anda bisa mendapatnya diseluruh jaringan mini market yang ada disekitar anda.

6. Listerine Multi Protect Clean Mint

Harga Rp. 14.500 (250ml)

Listerine Multi Protect Clean Mint

Listerine adalah salah satu produk mouthwash yang cukup dikenal dengan baik di pasar Indonesia. Mereka selalu berinovasi dengan produk terbaiknya, Listerine menggunakan kandungan-kandungan yang terbaik dari alam. Beberapa waktu yang lalu mereka telah memperkenalkan obat kumur terbarunya yang bertajuk Multi Protect. Bukan saja mampu merawat mulut, tapi ia dapat melindungi gigi anda. Brand Listerine ini dibawah naungan dari Johnson & Johnson sehingga ketangguhan produknya sudah tidak diragukan lagi. Produk ini diklaim memiliki inovasi terbaru dan paling lengkap untuk gigi dan mulut.

Listerine Multi Protect Clean Mint memiliki 6 keunggulan yang dapat mengurangi masalah gigi dan mulut seperti plak, melawan kuman, gigi berlubang, mencegah terbentuknya karang gigi, dan menghadirkan nafas yang lebih segar. Menggunakan mouthwash dengan kandungan terbaik ini dapat melawan kuman hingga 99.9% secara bertahap. Selain itu, ia juga dapat mengatasi masalah gigi dan mulut hingga 56% dan mengurangi radang gusi hingga 36%.

Brand Listerine masih menggunakan bentuk kemasan botol yang sama dengan varian lainnya. Botol yang digunakan adalah botol transparan sehingga memudahkan untuk melihat isi dari mouthwash, ditambahlagi menggunakan warna-warna yang enak dilihat. Anda bisa menggunakan obat kumur ini pada pagi dan malam hari setelah menyikat gigi.

Sponsor Link

7. Betadine Mouthwash and Gargle

Harga Rp. 16.000 (100ml)

Betadine Mouthwash and Gargle

Betadine memang sudah dikenal dengan baik untuk produk-produk antiseptiknya. Obat kumut terbaik dari Betadine ini mengandung Povidone Iodine, kandungan tersebut adalah zat aktif yang dapat membantu membersihkan rongga mulut serta gusing yang berlubang dari kuman. Selain itu, ia juga digunakan untuk mengatasi gusi bengkak, sakit tenggorokan, sariawan, bau mulut dan nafas tidak segar. Sariawan adalah masalah yang sering dialami karena kekurangan vitamin ataupun daya tahan tubuh yang berkurang.

Agar tidak menjadi infeksi, dibutuhkan produk obat kumur yang mampu mengatasi masalah sariawan dan nafas yang tidak segar. Obat kumur dari Betadine ini cukup praktis dan mudah, anda cukup menuangkannya pada tutup sekitar 15ml lalu kumur sekitar 30 detik hingga 1 menit. Lakukan secara rutin untuk mengatasi masalah mulut dan gigi anda secara maksimal. Mouthwash Betadine memiliki efek samping pada pengguna yang memiliki reaksi hipersensitif.

Absorpsi berlebihan juga dapat menyebabkan efek samping sistemik metabolik asidosis, gangguan pada renal dan hypernatremia. Kemasan botol yang praktis sangat memudahkan anda untuk membawa kemanapun anda bepergian, untuk mendapatkan produk ini juga tidak sulit karena tersedia diberbagai mini market sekitar anda.

8. Enzim Mouthwash

Harga Rp. 21.000 (275ml)

Enzim Mouthwash

Enzim memiliki rangkaian produk pembersih mulut yang ramah untuk anda pemilik gigi sensitif. Mereka sudah dikenal dengan baik pada produk pasta gigi sensitif, maka dari itu mereka menciptakan market tersendiri bagi pemilik gigi sensitif. Menggunakan pasta gigi kadang tidak dapat membersihkan secara maksimal, maka dari itu dibutuhkan produk mouthwash untuk mengatasinya. Enzim mouthwash merupakan salah satu produk pembersih rongga mulut yang terbaik dan mudah untuk didapatkan dipasaran.

Mouthwash dari Enzim diformulasikan agar aman untuk digunakan karena tidak terdapat kandungan antiseptik dan alkohol. Menggunakan alkohol akan membuat anda kurang nyaman saat mengkumurnya, rasa pedas akan dihasilkan pada produk beralkohol dan ditambahlagi jika anda memiliki sariawan. Sudah bisa anda bayangkan betapa sakitnya jika luka sariawan terkena kandungan alkohol. Baik, kita lewatkan saja pembahasan mengenai alkohol.

Enzim Mouthwash menggunakan kandungan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi seperti AMG, GO, LPO, Potasium Nitrate, Allantoin, dan lain sebagainya. Kandungan yang terdapat pada produk Enzim ini dapat mengembalikan pertahan anti bakteri pada air liur. Selain itu, mouthwash dapat menghambat pembentukan plak dan mencegah masalah gusi seperti berlubang. Membantu dengan baik untuk mengatasi masalah gigi yang sensitif dan menjaga kesegarannya juga. Jika dilihat dari kemasan, mouthwash Enzim ini tidak begitu kekinian dan terkenasan jadul. Tetapi, jika anda ingin mendapatkan manfaatnya, maka anda tidak perlu mempermasalahkan kemasan yang membungkusnya.

9. Mama’s Choice Non Fluoride Mouthwash

Harga Rp. 29.000 (100ml)

Mamas Choice Non Fluoride Mouthwash

Kesehatan mulut memang harus dijaga setiap saat, mulut yang tidak dirawat akan memunculkan plak pada gigi dan nafas yang kurang segar. Menggunakan mouthwash adalah pilihan yang tepat untuk membersihkan dan menjaga kesegaran mulut anda. Menyikat gigi saja memanglah tidak cukup, maka dari itu dibutuhkan bantuan obat kumur yang tepat. Saat anda hamil dan menyusui, apakah aman menggunakan produk mouthwash? Pada dasarnya, menggunakan obat kumur untuk membilas rongga mulut tampaknya tidak berbahaya selama anda tidak menelan cairan pembersih mulut tersebut.

The American Academy of Pediatric Dentisty (AAPD) memberikan rekomendasi pada ibu hamil untuk menggunakan obat kumur yang bebas dari kandungan alkohol setiap harinya sehingga hanya menguatkan email gigi dan mencegah gigi berlubang. Saat ini banyak sekali produk pembersih rongga mulut menggunakan kandungan alkohol, sehingga untuk ibu hamil dan menyusui anda harus lebih berhati-hati lagi. Tapi tenang, Mama’s Choice memiliki produk mouthwash yang diklaim ramah untuk ibu hamil dan menyusui. Apa sih keunggulan dari Mama’s Choice Mouthwash? Mereka menghadirkan produk kesehatan mulut yang aman serta nyaman karena tidak menggunakan alkohol.

Sensasi yang menyegarkan pada mulut bisa anda dapatkan karena terdapat kandungan ekstrak mint untuk membantu mengurangi rasa mual dan mejaga nafas tetap segar. Allantoin juga dimasukkan dalam mouthwash tersebut yang baik untuk mencegah iritasi pada mulut dan gusi. Klorofil adalah tumbuhan yang dapat mencegah tumbuhnya bakteri didalam mulut. Jamin aman diberikan oleh Mama’s Choice seperti tidak terdapat alkohol, tanpa SLS, tanpa fluoride dan triclosan, bebas paraben, tanpa pewarna, dan masih banyak lagi. Gunakan 2 hingga 3 kali sehari setelah menyikat gigi untuk mendapatkan mulut yang bersih dan gigi yang bebas dari plak serta lubang.



10. Cussons Kids 3x Protection Antibacterial Mouthwash

Harga Rp. 15.000 (250ml)

Cussons Kids 3x Protection Antibacterial Mouthwash

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan produk pembersih mulut untuk orang dewasa. Tetapi, kebersihan rongga mulut sangat penting bahkan untuk anak-anak sekalipun. Cussons menghadirkan produk mouthwash yang terbaik untuk anak-anak, obat kumur ini dapat membunuh bakteri dan tidak memberikan rasa perih saat digunakan. Kenapa Cussons mengklaim produk ini aman untuk anak-anak? Karena produk ini tidak mengandung alkohol.

Formula complete solution pada mouthwash tersebut sangat efektif untuk melindungi gigi, mulut, dan gusi anak secara menyeluruh. Obat kumur antibacterial dari Cussons ini dirancang secara khusus oleh ahlinya dibidang gigi dan mulut anak. Produk ini adalah gebrakan besar yang dilakukan Cussons dengan menghadirkan produk pembersih mulut khusus anak-anak. Wanginya juga enak sekali dan pastinya anak-anak akan menyukainya.

Terdapat 2 pilihan yang bisa anda miliki yakni ungu dan orange. Aroma yang segar banget akan membuat nafas anak menjadi lebih harum. Kemasannya juga lucu sekali, pastinya anak-anak akan menyukainya. Untuk mendapatkan mouthwash ini juga tidak begitu sulit karena bisa didapatkan diberbagai mini market.

Kesimpulan

Mouthwash memang dirancang khusus tidak untuk anak-anak, tetapi Cussons memiliki produk obat kumur yang cocok untuk digunakan oleh anak-anak. Saat menggunakan obat kumur, lebih baik untuk mengawasi anak anda selama penggunaannya. Sebelum mengaplikasikan obat kumur, ada baiknya untuk bekonsultasi ke Dokter gigi langganan anak anda. Jika anda tidak ingin mendapatkan rasa perih atau terbakar, hindari penggunakan mouthwash dengan kandungan alkohol.

Obat kumur terbaik dapat digunakan untuk mengontrol bau tidak sedap pada mulut dan mengurangi gigi yang berlubang. Selain itu, mouthwash yang terbaik juga dapat memerangi kondisi seperti gusi yang menyusut, radang gusi, mulut kering, dan penumpukan plak pada gigi. Gunakan produk obat kumur setelah anda menyikat gigi. Perhatikan keamanan produk saat membelinya, lihat kandungan pada mouthwash, apakah sesuai untuk anda atau tidak. Harga diatas bisa saja berbeda untuk setiap daerah dan toko yang menjualnya. Bagikan tulisan kami ke akun jejaring sosial anda, Terimakasih!.