10 Rekomendasi Cleansing Balm Lokal Yang Bagus (Update Tahun 2021)

  • 7 min read
  • Jul 29, 2021
Cleansing Balm Lokal

Mungkin Anda sudah familiar dengan pembersih wajah berbasis foam, gel, scrub, hingga minyak. Ada begitu banyak sekali produk pembersih wajah diluaran sana, untuk Anda yang ingin menggunakan produk pembersih ganda menggunakan produk cleansing balm bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Cleansing balm sudah banyak sekali bahkan brand lokal pun bisa ditemukan dengan mudah.

Cleansing balm sangat baik untuk membersihkan kulit secara maksimal, kotoran dan sisa riasan pun dapat dibersihkan dengan maksimal. Produk cleansing balm memiliki tekstur yang padat seperti lilin, tetapi ia akan melebur dengan maksimal setelah bertemu dengan kulit. Ada banyak alasan mengapa menggunakan cleansing balm sangat baik.

Jika Anda memiliki kulit kering dan tampak kusam, ataupun menggunakan riasan di wajah setiap hari, menggunakan cleansing balm adalah treatment yang tepat untuk Anda dalam rutinitas perawatan kulit. Ada banyak cleansing balm lokal yang tidak kalah bagus dengan produk Barat ataupun Korea.

Apa itu Cleansing Balm dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Membersihkan wajah memang wajib hukumnya, terkadang menggunakan produk pembersih wajah berbasis air tidaklah cukup untuk mengangkat sisa riasan, sunscreen, dan kotoran dengan maksimal. Cleansing balm sendiri menggunakan minyak dan emolien untuk membersihkan secara maksimal riasan tahan air, kotoran, dan hingga minyak berlebih.

Cleansing balm sangat bagus untuk membersihkan kulit yang kering, ia memiliki nutrisi dan efektif untuk menarik minyak pada kulit. Sudah taukan bahwa minyak dapat menarik minyak sehingga baik untuk membersihkan kelebihan minyak pada kulit serta baik untuk kulit berminyak.


Produk cleansing balm memiliki tekstur padat atau seperti mentega yang akan meleleh layaknya minyak setelah menyentuh kulit dan mengemulsi menjadi cair seperti susu setelah Anda menambahkan air pada tahap akhir penggunaan.

Apa Manfaat dari Menggunakan Cleansing Balm?

Ada beberapa manfaat yang ditawarkan untuk Anda dengan menggunakan cleansing balm. Dibawah ini kami akan memberikan beberapa manfaat yang Anda dapatkan dengan menggunakan cleansing balm.

1. Membersihkan Secara Menyeluruh

Cleansing balm memang bagus untuk menghilangkan riasan yang tebal, bahkan makeup yang menggunakan formula tahan air pun dapat dibersihkan dengan maksimal. Sunscreen juga produk yang sulit untuk dibersihkan, menggunakan cleansing balm dapat mengangkatnya dengan baik.

2. Baik Untuk Kulit

Berbeda dengan pembersih wajah yang berbasis surfaktan atau berbusa, cleansing balm tidak menyebabkan iritasi dan tidak akan membuat kulit menjadi kering. Selain itu, balm pembersih juga tidak merusak penghalang kelembaban dan mengganggu pH kulit.

3. Memiliki Sifat Pelembab

Karena produk cleansing balm dikemas dengan minyak, selain dapat menutrisi kulit ia juga dapat menghadirkan kelembaban pada kulit. Setelah menggunakannya, kulit akan terasa lebih lembut dan halus.

Bagaimana Cara Menggunakan Cleansing Balm?

  1. Pastikan tangan Anda bersih dan kering, ambil sedikit balm menggunakan jari-jari Anda.
  2. Setelah balm sudah terasa sedikit meleleh, aplikasikan ke wajah Anda yang kering, dan berikan pijatan dengan gerakan memutar pada seluruh wajah.
  3. Berikan pijatan ringan sekitar 30 detik hingga 2 menit. Jika Anda menggunaan riasan mata, berikan pijatan ringan pada area mata. Lakukan secara hati-hati jangan sampai balm masuk kedalam mata.
  4. Gunakan handuk yang bersih dan telah direndang didalam air hangat, peras handuk tersebut dan tutupi wajah Anda dengan handuk tersebut. Biarkan uapnya membuka pori-pori Anda.
  5. Gunakan kain handung Anda untuk membersihkan cleansing balm, berikan gerakan menyapu dengan lembut.
  6. Jika Anda menggunakan sunscreen atau riasan, dan memiliki kulit yang cendrung berminyak serta berjerawat. Ingatkan untuk selalu melakukan pembersihan secara ganda, setelah itu gunakan produk pembersih yang berbasis non-minyak untuk memberikan hasil kulit yang bersih maksimal.

Rekomendasi Cleansing Balm Lokal

Kami telah memasukkan dalam list rekomenasi produk cleansing balm lokal yang bagus dan dapat bekerja dengan baik untuk membersihkan kulit Anda. Yuk, lihat daftarnya dibawah ini.

1. MS Glow Balm Juice Cleansing Balm Juice

Kisaran Harga Rp. 125.000 (30 gram)

MS Glow Balm Juice Cleansing Balm Juice
Image by Tokopedia.com

MS Glow merupakan brand lokal yang sudah tidak asing lagi pastinya, mereka memiliki rangkaian produk cleansing balm yang dikemas dengan berbagai varian buah. Cleansing balm lokal tersebut dapat membantu membersihkan kulit hanya dalam sekali sapuan. Balm tersebut mudah untuk diaplikasikan, berubah dengan mudah menjadi minyak dan bagus untuk mengahapus riasan pada wajah.

Terdapat 3 varian cleansing balm yakni watermelon, yuzu, cactus dan grape seed. Jus dari buah-buahan tersebut memberikan aroma yang menenangkan dan menyegarkan. Terdapat kandungan yang baik untuk kulit seperti Beeswax atau lilin lebah, ia memiliki zat pelembab dan mampu mempertahankan kelembaban dan melembutkan kulit kering.

Jojoba oil dapat melembabkan kulit dan mencegah jerawat. Selain itu, Jojoba oil yang dimasukkan didalam produk cleansing balm lokal ini berguna untuk membersihkan komedo. Tidak itu saja, ekstrak daun lidah buaya pun disematkan didalam formulanya yang kaya akan vitamin dan mineral. Ia dapat membantu melembabkan kulit, meremajakan, dan sebagai antibakteri serta antiinflamasi.

2. Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Cleansing Balm

Kisaran Harga Rp. 119.200 (100 gram)

Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Cleansing Balm
Image by Shopee.co.id

Dear Me Beauty mengahadirkan produk cleansing balm dan datang dengan 2 varian yakni Honey & Peach. Bentuk kemasan cleansing balm tersebut sama dengan produk cleansing balm biasanya yaitu jar. Kemasan yang diusung mereka cukup menarik, pada tutup bagian atas terdapat tempat untuk spatula. Spatula sangat penting untuk mengaplikasikan balm agar tetap terjaga kebersihannya.

30 Seconds Meltaway Cleansing Balm diklaim dapat memberikan kelembaban setelah dibersihkan, kotoran dan riasan di wajah pun dapat secara lembut dibersihkan. Produk tersebut diklaim bebas dari kekejaman, bebas residu, dan menggunakan kandungan yang bersahabat untuk kulit. Untuk Anda yang Vegan, produk ini cocok untuk Anda gunakan. Terdapat kandungan vitamin E yang dapat menutrisi kulit dan membantu untuk menangkal radikal bebas.


Tekstur cleansing balm lokal ini ringan dan dapat menghilangkan dengan cepat noda makeup. Hanya dalam 30 detik, produk ini dapat membantu membersihkan kulit Anda dari kotoran dan riasan di wajah.

3. Rose All Day Cosmetics Butter Be Gone Cleansing Balm

Kisaran Harga Rp. 186.750 (100 gram)

Rose All Day Cosmetics Butter Be Gone Cleansing Balm
Image by Shopee.co.id

Rose All Day Cosmetics merupakan brand lokal, yang hadir dengan kandungan alami didalamnya. Salah satunya adalah cleansing balm Butter Be Gone. Ia merupakan balm yang ringan dan efektif untuk membersihkan kotoran, sebum berlebih, riasan, dan tabir surya yang menempel di wajah. Diresapi dengan minyak nabati dan vitamin E untuk membantu memurnikan kulit tanpa membuatnya menjadi kering.

Minyak zaitun selain bergizi, ia juga memiliki efek pelembab dan dapat mengkondisikan kulit. Ia dapat bertindah sebagai pelumas yang baik untuk kulit sehingga balm dapat meluncur dengan maksimal saat diaplikasikan. Anti-inflamasi, kaya akan Beta-Karoten, vitamin (D,C,E). dan asam lemak esensial datang dari Minyak biji anggur, karena kandungan yang kaya dari Grape Seed Oil membuat Rose All Day Cosmetics memasukkannya didalam kandungan produk cleansing balmnya.

Minyak biji anggur juga dapat membantu menghilangkan kotoran dengan lembut yang berbasis minyak karena ia dapat menembus kulit dengan lebih baik. Selain itu, terdapat juga minyak wortel yang kaya akan vitamin dan memiliki sifat anti-aging serta Rosehip oil yang dapat membantu proses penyembuhan kulit karena peradangan. Untuk mempertkuat fungsi dari skin barrier, Rose All Day Cosmetics menambahkan kandungan Tokoferil Asetat.

4. Gentle Hour Call It A Day Cleansing Balm

Kisaran Harga Rp. 228.000 (80 gram)

Gentle Hour Call It A Day Cleansing Balm
Image by Tokopedia.com

Cleansing balm ini cocok untuk semua jenis kulit. Produk balm-to-oil bekerja dengan baik untuk membersihkan riasan, polutan, dan kotoran dengan baik tanpa merusak kulit. Balm tersebut akan membuat kulit Anda menjadi lebih halus, lembut, dan terkondisi dengan baik. Avocado oil dapat memberikan kelembaban, anti-inflamasi, dan merevitalisasi kulit. Minyak alpukat yang dimasukkan didalam formulanya dapat merelaksasi kulit secara baik setelah beraktivitas seharian.

Produk balm pembersih wajah tersebut juga memasukkan kandungan minyak almond yang dapat membantu menenangkan kulit dan memberikan kelembaban pada kulit yang kering. Sama dengan produk lainnya, cleansing balm lokal ini menggunakan kemasan jar yang mudah untuk dibawa bepergian. Aplikasikan balm secara rutin untuk mendapatkan kulit yang bersih maksimal.

5. Omniskin Lavender Calm Meltaways Cleansing Balm

Kisaran Harga Rp. 89.000 (80 gram)

Omniskin Lavender Calm Meltaways Cleansing Balm
Image by Tokopedia.com

Cleansing balm lokal ini cocok digunakan untuk mereka dengan kulit sensitif, jerawat, dan masalah kemerahan. Terdapat kandungan minyak bunga Lavender yang ampuh untuk membantu membersihkan kulit wajah agar iritasi dan kemerahan pun dapat diminimalkan. Aroma lavender yang hadir pun dapat mengurangi stress pada kulit.

Tekstur cleansing balm tersebut cukup lembut dan memberikan kelembaban pada kulit, kotoran yang menyumbat pori-pori pun dapat diangkat dengan baik. Setelah Anda membasuh wajah dengan air, cleansing balm yang diaplikasikan akan berwarna putih susu dan komedo pun dapat diangkat. Cleansing balm ini pun dapat membunuh bakteri sehingga dapat mencegah munculnya jerawat dan mengurangi bintik-bintik hitam di wajah.


6. Fanbo All in One Deep Cleansing Balm

Kisaran Harga Rp. 58.000 (30 gram)

Fanbo All in One Deep Cleansing Balm
Image by Shopee.co.id

Fanbo adalah salah satu brand lokal yang sudah lama ada di Indonesia. Ternyata, Fanbo memiliki rangkaian produk cleansing balm. Produknya sendiri datang dalam 3 varian yakni lemon, tea tree, dan sakura. Anda bebas memilih varian apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Varian lemon sendiri dapat membantu untuk membuat kulit terbebas dari polutan, dan UV yang mengoksidasi. Ekstrak lemon sendiri memiliki kandungan vitamin C yang dapat membuat kulit menjadi lebih bercahaya.

Varian Tea Tree Oil dikombinasika dengan Aloe vera yang menenangkan serta dapat mengatasi masalah jerawat, kelebihan minyak pun dapat diatasi dengan cleansing balm varian ini. Dan varian terakhir adalah Sakura, ekstak sakura sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Penggunaan yang teratur akan membuat kulit menjadi lebih sehat dan bersih dari kotoran yang tertinggal. Cleansing balm lokal tersebut sudah teruji secara Dermatologis dan Hypoallergenic.

7. Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm

Kisaran Harga Rp. 39.500 (20 gram)

Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm
Image by Tokopedia.com

Wardah adalah salah satu brand lokal yang sudah dikenal dengan baik. Produk cleansing balm dari Wardah tersebut dibuat khusus untuk mereka dengan masalah jerawat dan pore blackhead. Balm tersebut diklaim sebagai produk yang multifungsi. Ia memiliki enam kegunaan sekaligus yang diantaranya adalah mengurangi jerawat dan blackhead. Minyak yang berlebih pun dapat dibersihkan dari kulit Anda menggunakan balm ini.

Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm menggunakan formulasi yang mengkombinasikan antara Derma Cleanse Active dan Tea Tree Oil. Benzoil peroxyde yang terdapat pada tea tree oil merupakan bahan yang efektif untuk membersihkan jerawat serta komedo. Kandungan didalam balm tidak membuat kulit menjadi memerah, kering, dan mengelupas. Anti-bakteri dalam kandungan balm dapat mengatasi jerawat.

8. Sesuka Thrill Cleansing Balm

Kisaran Harga Rp. 115.000 (40 gram)

Sesuka Thrill Cleansing Balm
Image by Shopee.co.id

Sesuka merupakan salah satu brand produk kecantikan lokal. Brand lokal tersebut mengeluarkan produk cleansing balm yang dikenal dengan Thrill Cleansing Balm. Dikemas dengan begitu elegan dan simpel yakni jar dengan tutup yang menggunakan corak.

Teskturnya sendiri sama dengan kebanyakan produk cleansing balm lainnya. Untuk isinya sendiri berwarna kuning, dan pada bagian depan jar terdapat nama produk. Terdapat kandungan minyak alamai dari sunflower, hemp seed, argan, hazelnut, hingga minyak lavender. Semua kandungan tersebut memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan membantu membersihkan dari kotoran, makeup, dan minyak berlebih.


9. Sira Botanika Greenilla Cleansing Balm

Kisaran Harga Rp. 75.000 (75 gram)

Sira Botanika Greenilla Cleansing Balm
Image by Shopee.co.id

Cleansing balm ini dibuat dengan formula khusus yang dapat mengangkat kotoran di wajah secara lembut. Terdapat kandungan antioksidan yang didapatkan dari teh hijau, dan anti-inflamasi yang berasal dari vanilla. Kedua bahan tersebut menghadirkan efektivitas yang baik untuk kulit dan dapat meredakan peradangan pada kulit.

Sira Botanika Greenilla Cleansing Balm menggunakan kemasan jar dengan tutup ulir, pada bagian atasnya terdapat informasi produk. Komposisi kandungan lainnya yang terdapat pada cleansing balm tersebut seperti minyak biji bunga matahari, minyak zaitun, mentega coklat, dll. Untuk mengaplikasikan balm ini sangatlah mudah, untuk membersihkan kulit dari balm gunakan air hangat.

10. Klei & Clay Calming Cleansing Balm

Kisaran Harga Rp. 145.500 (50 gram)

Klei & Clay Calming Cleansing Balm
Image by Tokopedia.com

Pembersih wajah berbentuk balm ini menggunakan formulasi tanpa air didalamnya, terdapat perpaduan antara shea butter dan germanium oil yang kaya akan kandungan antioksidan. Balm tersebut memiliki kemampuan untuk membersihkan kotoran, makeup, dan polusi yang menempel pada kulit. Ia tidak akan membuat kulit menjadi kering setelah digunakan.

Tesktur yang dimiliki balm ini sama seperti produk kebanyakan. Balm akan mencair setelah bersentuhan dengan jari dan kulit wajah. Untuk Anda yang ingin melakukan aktivitas double cleansing, menggunakan produk ini bisa Anda gunakan.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan kepada Anda untuk produk cleansing balm lokal terbaik dan bagus untuk Anda gunakan. Produk yang kami rekomendasikan bisa didapatkan di Marketplace ataupun Toko Online resmi mereka. Harga yang kami tampilkan bisa saja berbeda-beda untuk setiap daerah dan toko yang menawarkannya. Semmoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menemukan produk balm pembersih wajah.