10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Baby! Update Terbaru 2019


Mungkin anda sedang memilih apakahmenyusui atau memberi susu formula langkah terbaik untuk baby anda? Setiap orang tua harus memilih keputusan yang tepat untuk orang tua baru, ASI merupakan pilihan yang sangat tepat untuk si baby. Tetapi terkadang wanita tidak dapatmenyusui dengan rutin dikarenakan oleh sebab hal tertentu misalnya memutuskan sebagai wanita karir. Bagi banyak wanita, keputusan untukmenyusui atau memberikan susu formula didasarkan dari tingkat kenyamanan, gaya hidup, dan situasi medis yang terjadi.

Untuk ibu yang tidak dapatmenyusui atau memutuskan tidak bisa memberikan ASI, susu formula merupakan pilihan terbaik untuk si baby. Susu formula bayi adalah alternatif untuk membuat si kecil menjadi sehat dan nutrisinya terpenuhi. Nutrisi yang lengkap akan membantu dalam tumbuh kembang si bayi. Tetapi, banyak ibu yang khawatir kalau tidakmenyusui maka tidak akan terjalin ikatan dengan si bayi.

Susu Formula Terbaik untuk Baby

Tidak perlu khawatir, ibu yang memberikan kasih sayang yang penuh kepada si kecil akan menciptakan ikatan khusus dengan anak mereka. Saat memberi makan adalah waktu yang tepat untuk memperkuat ikatan antara ibu dan anaknya. Keputusan memberikan susu formula ataumenyusui untuk baby menjadi keputusan masing-masing. Sebelum memutuskan harus menimbang baik dan buruknya terlebih dahulu, agar tidak menyesal akhirnya.

Apa sih manfaat dari ASI?

Memberikan ASI kepada anak sangat penting karena mampu memerangi infeksi dan kondisi lainnya. Bayi yang diberikan ASI lebih kuat terhadap serangan virus jika dibandingkan dengan anak yang mendapatkan nutrisi dari susu formula. Selama mendapat ASI, antibodi dan faktor-faktor lain dapat diperangi contohnya kuman yang bisa saja berpindah dari ibu ke bayi. Ini sangat membantu dalam menurunkan kemungkinan infeksi pada bayi, termasuk :

  • Infeksi pada telinga
  • Diare
  • Infeksi Saluran Pernapasan
  • Meningitis

Selain itu, ASI juga dapat melindungi anak dari beberapa penyakit seperti dibawah ini :

  • Alergi
  • Asma
  • Diabetes
  • Kegemukan
  • Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS)

ASI mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat bayi baru lahir. Selain itu, ASI juga tidak membutuhkan uang sepeser pun sementara untuk susu formula terbaik untuk baby harus membutuhkan uang lebih. Bayi lebih cerdas jika diberikan ASI, beberapa penelitian menunjukkan anak-anak yang mendapatkan ASI eksklusif memiliki IQ yang lebih tinggi jika diberikan anak-anak dengan susu formula.

10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Baby

Dibawah ini kami akan memberikan rekomendasi kepada anda terkait susu formula terbaik untuk si baby. Pilih susu formula yang sesuai dengan kebutuhan anda misalnya kaleng, sachet-an, atau dalam bentuk box. Perhatikan manfaat dan kandungan yang tertera pada box sehingga kesesuaian kebutuhan untuk bayi terpenuhi. Selain itu, perlu diperhatikan juga sertifikat dari BPOM dan alergi yang ditimbulkan pada anak. Dibawah ini kami akan memberi ulasannya kepada anda.

1. Enfamil A+1 Susu Formula Bayi

Enfamil A+1, Susu Formula Terbaik untuk Baby

Enfamil A+1 Susu Formula Bayi merupakan susu formula terbaik dikhususkan untuk baby yang memiliki usia dibawah 1 tahun. Susu tersebut dibuat sebagai asupan makan pendamping ASI untuk pertumbuhan dan berkembangnya bayi agar dapat terjaga dan optimal. Susu formula terbaik Enfamil A+1 cocok untuk bayi karena memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dengan ASI yaitu terdapat kandungan DHA dan ARA yang diperoleh dari asam lemak Omega 3 serta 6.

Telah teruji secara klinis yang dapat mendukung perkembangan otak anak dan fungsi penglihatan pada bayi yang sedang berkembang. Selain itu, Susu formula Enfamil A+1 memiliki kandungan terbaik untuk bayi seperti Prebiotik GOS dan Polydextrose yang baik untuk membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan serta sistem kekebalan tubuh pada bayi anda.

Susu formula Enfamil A+1 diberikan sebagai pendamping ASI, hal tersebut menjadi penting jika sang ibu tidak dapat memproduksi ASI secara berkala dan optimal. Sebaiknya, dalam memberikan susu formula terbaik untuk baby harus mendapat persetujuan dan rekomendasi dari dokter. Susu ini mudah dicerna oleh bayi, dan pemberian yang tepat akan dapat menjaga kesehatan percernaan anak serta kekebalan tubuh anak akan terjaga.

Susu Enfamil A+1 tersedia dalam 3 jenis ukuran yaitu Dus 400 gr, Dus 1800 gr dan Tub 800 gr. Untuk harga, anda bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp. 320.000 untuk kemasan Tub 800 gram.


ADVERTISEMENT



2. Morinaga BMT Platinum Moricare+

Susu Formula Terbaik untuk Baby, Morinaga BMT Platinum Moricare+

Memulai kerjasamanya ditahun 1986 antara Nutrionals & Morinaga Jepang, membentuk kerjasama untuk memproduksi secara memformulasi susu formula terbaik untuk baby dan balita di Indonesia. Morinaga Nutrition Research Center di Jepang melakukan penelitian untuk mengembangkan nutrisi yang setara dengan ASI. Keunggulan Morinaga yaitu dengan formula Platinumnya, nutrisi yang lengkap dapat membantu kecerdasan dan pertumbuhan dengan baik.

Morinaga BMT Platinum Moricare+ diformulasikan untuk si kecil, mengandung prebiotik, DHA dan AA. Selain itu, didukung juga dengan laktulosa dan laktoferi yang dapat membantu pertumbuhan si bayi secara optimal. BMT Platinum memiliki fokus untuk membuat perkembangan tumbuh kembang bayi dengan sempurna, bayi juga akan merasa lebih kenyang lebih lama.

Vitamin yang dikandung oleh susu formula terbaik untuk baby tersebut sangat lengkap seperti Vitamin A, E dan C. Tersedia dalam beberapa kemasan, anda bisa memberikannya dengan kemasan yang lebih kecil seperti 400 gram dan bisa anda dapatkan dengan harga sekitar Rp. 145.000.

3. Nutricia Bebelove Gold 1 Ezycare

Nutricia Bebelove Gold 1 Ezycare, Susu Formula Terbaik untuk Baby

Nutricia Bebelove Gold 1 Ezycare adalah susu formula terbaik untuk baby dengan nutrisi yang lengkap serta seimbang. Susu tersebut dikhususkan untuk baby, tersedia dengan rasa yang disukai oleh anak. Terdapat kandungan Prebiotik FOS-GOS 1:9 sehingga dapat membantu bayi dalam memenuhi kebutuhan serat sehari-hari.

Susu bubuk formula dari Nutricia ini kaya akan vitamin sebanyak 12 vitamin dan 9 mineral, termasuk dengan vitamin A, iodium, kalsium, zat besi, dan zinc. Bebelove Gold 1 Ezycare memiliki kandungan kalsium yang sangat berperan dalam membentuk tulang dan kepadatan tulang serta gigi anak. Selain itu, diperkaya juga dengan minyak ikan yang mengandung asam alfa linolenat sebagai asam lemak esensial.

Gunakan susu formula tersebut sebagai pendamping ASI, baca aturan pakai untuk memastikan anak mendapatkan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya. Konsultasikan ke dokter untuk memastikan anda memberikan susu yang tepat untuk baby anda. Anda bisa mendapatkan susu formula terbaik untuk baby ini degan harga sekitar Rp. 160.000 untuk kemasan dus 700 gram.

4. Nutribaby Royal Acti Duobio

Susu Formula Terbaik untuk Baby, Nutribaby Royal Acti Duobio

Pemberian ASI sangat penting untuk baby, karena nutrisi yang ditawarkan oleh ASI jauh lebih sempurna ketimbang dari susu formula. Gunakan Nutribaby Royal Acti Duobio sebagai pendamping ASI dan bukan pengganti ASI, jika anda memiliki masalah tertentu mungkin saja penggunaan susu formula yang terbaik untuk baby menjadi pilihan dan tentunya harus mendapat persetujuan dokter terlebih dahulu apakah aman untuk dikonsumsi oleh si kecil.

Nutribaby Royal Acti Duobio mengandung DHA yang bersumber dari minyak ikan dan antioksidan campuran tokoferol alami serta askorbil palmitat. Selain itu, kandungan yang ditawarkan susu formula terbaik untuk bayi ini seperti FOS GOS, Mineral, Frukto Oligo Sakarida, Whey Protein, Miyak Nabati, Laktosa, dan lain sebagainya.

Nutribaby Royal Acti Duobio tersedia dalam ukuran yang lebih kecil dalam kemasan dus 400 gram. Susu pendamping ASI ini dapat digunakan untuk baby, harga yang ditawarkan sekitar Rp. 95.000.

5. Nestle Lactogen 1 Gold

Nestle Lactogen 1 Gold, Susu Formula Terbaik untuk Baby

Nestle Lactogen 1 Gold sudah pastinya sudah dikenal, susu formula terbaik untuk baby dari Nestle ini memiliki 12 vitamin dan 11 mineral. Kandungan protein yang terdapat pada susu mampu membantu pertumbuhan sel dalam tubuh si kecil. Susu Lactogen 1 Gold mengandung Prebiotik FOS-GOS yang membantu mempertahankan fungsi pencernaan si baby, selain itu terdapat zat besi yang mencegah baby terkena anemia.

Gunakan Nestle Lactogen 1 Gold sebagai susu pendamping ASI, karena nutrisi yang lengkap ditawarkan oleh ASI. Susu pendamping ASI dari Nestle tersebut bisa anda dapatkan di supermarket atau toko susu disekitar anda, anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 50.000 untuk kemasan 350 gram.


ADVERTISEMENT


6. Wyeth S-26 Promil Gold Tahap 1

Susu Formula Terbaik untuk Baby, Wyeth S-26 Promil Gold Tahap 1

Wyeth S-26 Promil Gold Tahap 1 merupakan susu formula terbaik untuk baby sebagai pendamping ASI. Rasa yang ditawarkan sama seperti layaknya ASI, kandungan vitaminnya juga lengkap seperti vitamin A,D, dan E. Selain itu terdapat juga Kalsium, Fosfor, Magnesium, Zat Besi serta nutrisi lainnya yang akan memenuhi kebutuhan si baby.

Jika ibu yang sedang tidak bisa memberikan ASI eksklusif dikarenakan sesuatu hal misalnya sakit, pemberian Wyeth S-26 Promil Gold Tahap 1 bisa menjadi alternatif lainnya. Susu formula tersebut mengandung banyak gizi terbaik dan akan sesuai dengan baby anda. Berikan si kecil dengan susu yang sesuai takarannya, anda dapat melihat cara penyajian dan komposisi susu tersebut pada kemasannya.

Gunakan susu formula Wyeth S-26 sebagai pendamping ASI terbaik untuk si Baby. Jika anda ingin mendapatkan susu formula tersebut, anda bisa mendapatkannya di supermarket dan toko susu terdekat dengan lokasi anda. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, anda bisa mendapatkannya dengan bandrol sekitar Rp. 295.000 untuk kemasan 900 gram.

7. Nestle Nutren Junior

Nestle Nutren Junior, Susu Formula Terbaik untuk Baby

Nestle Nutren Junior adalah minuman bergizi pendamping ASI yang cocok untuk diberikan kepada anak berusia 1-10 tahun yang memerlukan tambahan nutrisi. Produk Susu formula terbaik dari Nestle ini sudah mengalami pengujian oleh Nestle Health Science sehingga cocok untuk baby. Susu ini memiliki kualitas yang tinggi dengan 50% Protein Whey dan kaya akan sistein sebagai sumber antioksidan bagi baby.

Susu formula Nestle Nutren Junior menggunakan bahan terbaik untuk baby, minuman bergizi untuk baby tersebut bebas laktosa dan gluten. Selain itu, bebas serat dan rendah akan residu. Terdapat kandungan vitamin hingga 30 jenis dan juga mineral yang penting untuk tubuh bayi. Jika anak memiliki intoleran terhadap laktosa, mungkin susu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk baby anda.

Susu pendamping ASI ini dapat melengkapi pola makanan bergizi yang seimbang dengan padanan 4 sehat 5 sempurna. Anda bisa mendapatkan susu formula terbaik untuk baby anda dengan harga sekitar Rp. 245.000 untuk kemasan 800 gram.

8. Friso Frisolac Gold 1

Susu Formula Terbaik untuk Baby, Friso Frisolac Gold 1

Susu formula terbaik untuk baby ini bisa didapatkan diberbagai supermarket terdekat dengan rumah anda. Susu pendamping ASI tersebut membantu pertumbuhan anak, terdapat probiotik yang membantu untuk memerangi bakteri yang berbahaya pada sistem pencernaan si kecil. Selain itu terdapat Nukleotida yang penting untuk fungsi sel normal dan replikasi, yang pastinya penting untuk tumbuh kembang bayi.

Bukan hanya itu saja, terdapat DHA dan AA yang sangat penting untuk membangun otak dan perkembangan mata si baby. Anda bisa mendapatkan Friso Frisolac Gold 1 dengan harga sekitar Rp. 280.000 untuk kemasan 900 gram.

9. Nestle NAN PH Pro 1

Nestle NAN Ph Pro 1, Susu Formula Terbaik untuk Baby

Susu formula Nestle NAN PH Pro 1 merupakan salah satu susu terbaik untuk baby yang berusia dibawaj 6 bulan. Jika anda memiliki masalah dalam menyusui bayi misalnya dikarenakan sakit, susu formula tersebut dapat anda berikan agar nutrisi anak terpenuhi. Cara mengkonsumsi susu formula tersebut harus dengan saran dan petunjuk dokter, dikarenakan nutrisi terbaik yang didapatkan untuk baby berasal dari ASI.

Minuman bergizi ini menggunakan kombinasi yang tepat untuk si kecil, terdapat protein yang hipoalergik. Memiliki kandungan probiotik yang mampu melawan bakteri berbahaya pada sistem pencernaan bayi. Keunggulan lainnya yang terdapat pada Nestle NAN PH Pro 1 adalah kandungan DHA dan ARA yang bermanfaat untuk perkembangan otak serta mata bayi.

Anda bisa mendapatkan Nestle NAN PH Pro 1 diberbagai supermarket dan toko susu yang berada disekitar anda. Dapatkan susu formula terbaik untuk bayi ini dengan harga sekitar Rp. 330.000 untuk kemasan 800 gram kaleng.


ADVERTISEMENT



10. Isomil Plus Advance Soya

Susu Formula Terbaik untuk Baby, Isomil Plus Advance Soya

Tidak semua baby memiliki kemampuan untuk mencerna susu yang berasal dari hewani, banyak baby yang memiliki masalah tersebut dan biasa disebut dengan alergi susu sapi. Isomil Plus Advance Soya adalah susu untuk anak yang berusia 1 tahun keatas yang memiliki alergi pada susu sapi. Susu formula terbaik berbahan soya ini cocok untuk baby karena mengandung kalsium yang dapat mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.

Susu ini bebas Laktosa dan dibuat dari isolat protein kedelai. Tersedia dalam kemasan kaleng dengan ukuran 400 gram dan 850 gram, anda bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp. 235.000 untuk kemasan 850 gram.

Kesimpulan

Pemberian ASI merupakan nutrisi yang terbaik dan pastinya lebih lengkap jika dibandingkan dengan susu formula yang tersedia dipasaran. Bayi sebaiknya mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan hal tersebut merupakan cara yang sangat optimal untuk memberi makan kepada si kecil. Sesuai dengan arahan dari pemerintah yang sedang menggalakan pemberian ASI secara tepat dan eksklusif wajib diberikan kepada si baby. Nutrisi juga harus seimbang untuk ibu yang sedangmenyusui agar persedian ASI memadai dan kualitasnya tetap terjaga.

Jika harus menggunakan susu formula yang terbaik untuk baby sebagai pendamping ASI, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter baik kecukupan nutrisi dan dampak lainnya. Ikuti petunjuk yang sesuai dengan tertera di kemasan agar bayi mendapatkan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya. Harga diatas bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, bandrol harga bisa saja berbeda untuk setiap daerah dan toko yang menjualnya.

Semoga informasi yang kami bagikan berguna untuk anda dalam memilih susu formula terbaik untuk baby. Ingat, pemberian ASI eksklusif sangat penting untuk baby dalam pemenuhan semua nutrisi yang dibutuhan dan tidak bisa didapatkan dari susu formula. Pilih susu formula yang sesuai dengan kebutuhan bayi anda, apakah membutuhkan susu dengan protein hewani atau tidak.