Susu Hamil Yang Bagus: 10 Rekomendasi Terbaik (Update 2019)

Mendapatkan nutrisi yang baik itu sangat penting untuk pertumbuhan si cabang bayi. Janin yang sedang berkembang membutuhkan protein yang baik untuk membangun sel-sel yang sehat. Susu menjadi sumber nutrisi yang baik dan kaya, sangat penting untuk pertumbuhan si bayi dan kesehatan ibunya juga. Protein yang dibawa oleh susu dianggap sangat lengkap karena mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan seperti asam amino esensial untuk tubuh manusia. Kandungan tersebut mudah diserap dan dicerna, dengan cara ini semua protein dalam susu dapat diserap oleh tubuh. Maka dari itu, anda perlu memilih susu yang bagus saat hamil.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, Wanita hamil setidaknya membutuhkan untuk mengkonsumsi dua hingga tiga porsi susu atau produk susu lainnya setiap hari sehingga nutrisi yang dibutuhkan dapat tercukupi. Karena sehat haruslah mengkonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh setiap harinya, susu juga memiliki beberapa efek samping ketika dikonsumsi berlebihan, terutama saat anda dalam proses kehamilan.

Disini kami akan memberi tahu anda tentang jenis susu, nilai gizi, dan efek samping jika mengkonsumsi susu secara berlebihan.

Apakah Mengkonsumsi Susu Baik Selama Kehamilan?

Susu Baik Selama Kehamilan

Mengkonsumsi susu saat hamil itu penting, karena susu menyediakan sejumlah kalsium, protein, dan vitamin D yang dapat memberikan kesehatan kepada si cabang bayi. Selain itu, mengkonsumsi susu juga memastikan kehamilan anda menjadi sehat dan pertumbuhan janin menjadi lebih berkembang.

Berapa Banyak Susu Yang Boleh Diminum Oleh Ibu Hamil Dalam Sehari?

Seorang wanita hamil dapat mengkonsumsi setidaknya tiga gelas susu perharinya, lebih disarankan untuk mengkonsumsi susu dengan jenis lemak yang rendah dan non-lemak. Susu yang rendah lemak memang sangat baik karena tidak membuat ibu hamil menjadi tambah lebih gemuk, selain itu jangan mengkonsumsi susu secara berlebihan agar nutrisi yang diberikan ke janin lebih sesuai.

Manfaat Meminum Susu Selama Kehamilan

Susu yang bagus selama hamil menawarkan manfaat sangat baik bagi janin, yuk simak detailnya dibawah ini.

1. Kalsium Untuk Tulang

Sejumlah besar kalsium diperlukan selama masa kehamilan untuk memenuhi kebutuhan mineral bagi bayi anda. Wanita yang subur dengan usia 19 tahun dan lebih tua membutuhkan sekitar 1.000 mg kalsium, dan wanita dibawah 19 tahun membutuhkan 1.300 mg per hari. Didalam satu gelas susu non-lemak (estimasi 250ml) menawarkan 309 mg kalsium. Maka dari itu, disarankan untuk mengkonsumsi susu tiga hingga empat gelas dalam sehari agar memenuhi kebutuhan kalsium harian anda.

2. Protein Untuk Tumbuh Kembang Bayi

Selama kehamilan, susu yang bagus untuk ibu hamil adalah yang mengandung asupan protein agar pertumbuhan bayi dan juga membantu sel-sel mereka dapat berkembang dengan baik serta berfungsi secara normal. Protein juga dapat memperkuat rahim, meningkatkan suplai darah, dan memberi makan bayi.

Jika kurang dalam mengkonsumsi protein dapat menyebabkan berat bayi saat lahir akan lebih kecil. Kebutuhan protein harian bagi ibu hamil sangat bervariasi sekitar 40 gram hingga 70 gram. Dalam satu gelas susu menawarkan setidaknya 9 gram protein. Mengkonsumsi tiga gelas susu dapat membantu menenuhi sepertiga dari kebutuhan protein harian anda.



3. Vitamin D Mencegah Rakhitis Neonatal

Susu merupakan asupan yang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan, susu memiliki kandungan Vitamin D. Asupan Vitamin D selama masa kehamilan dapat mencegah terjadinya Rakhitis Neonatal dan berat badan bayi saat lahir lebih rendah. Kebutuhan harian Vitamin D adalah 400IU, dan dalam satu porsi susu telah membawa 115IU hingga 124IU. Maka dari itu, mengkonsumsi tiga porsi susu dapat membantu anda dalam memenuhi 59% kebutuhan Vitamin anda.

5. Mengatasi Mual Saat Hamil

Mual dan masalah lambung biasanya sering terjadi pada masa kehamilan. Minum susu yang rendah lemak atau non-lemak dapat meringankan rasa mual. Mengkonsumsi secara rutin dapat meringankan masalah lambung lainnya.

6. Tubuh Akan Tetap Terhidrasi

Jika anda merasa stress dan dehidrasi, meminum segelas susu dapat mengatasi masalah anda. Dengan mengkonsumsi susu membantu anda agar tetap terhidrasi dan menebus cairan tubuh anda yang telah menghilang. Beragam susu yang tersedia di pasaran, memilih susu yang bagus saat hamil memanglah tidak mudah. Maka dari itu, anda harus mengetahuinya lebih banyak lagi pada tulisan selanjutnya.

Jenis Susu Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Susu Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Semua susu ibu hamil menawarkan banyak vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Tapi pastikan juga varietas susu yang cocok untuk anda konsumsi, yuk lihat penjelasannya dibawah ini.

Susu Rendah Lemak atau Skimmed Milk: Untuk mengontrol lemak sebaiknya untuk mengkonsumsi susu skim atau rendah lemak. Produk susu rendah lemak adalah salah satu pilihan terbaik untuk membuat tubuh anda tetap bugar dan sehat. Ia juga mengandung nutri yag penting untuk membantu pertumbuhan serta struktur tulang dari janin. Didalam satu gelas susu (250ml) yang rendah lemak menawarkan kalsium sekitar 309 mg, yang dapat melindungi anak dari defisiensi kalsium setelah dilahirkan. Penelitian telah dilakukan bahwa dua hingga tiga gelas susu perhari ideal untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Susu Murni atau Full Cream: Susu murni memang mengandung lemak dan nutrisi yang berlebih. Dalam satu gelas penuh menawarkan 150 kalori, jika dibandingkan dengan susu skim yang hanya memiliki 83 kalori. Ini sangat ideal jika anda memiliki berat badan yang masih terbilang belum proporsional, tapi jika anda memiliki kelebihan berat badan lebih baik memikirkan opsi lainnya.



Susu Yang Dipasteurisasi: Apakah anda memilih susu skim atau susu murni? Sangat penting juga untuk memilih susu yang dipasteurisasi. Susu mentah biasanya mengandung bakteri yang bisa berbahaya bagi anda serta janin anda, pemanasan terhadap susu sangat penting untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri. Susu pasteurisasi didapat dari susu segar sapi yang sudah melalui proses pemanasan dengan suhu berkisar 63 derajat celcius dalam waktu 30 menit.

Air susu memiliki komponen nutrisi yang baik sehingga sangat sesuai dengan pertumbuham mikroba. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi susu yang telah dipasteurisasi daripada susu segar biasanya. US Center for Disease Control and Prevention merekomendasikan untuk wanita hamil untuk menghindari makanan yang diolah menggunakan bahan susu tapi tidak melalui proses pasteurisasi.

10 Rekomendasi Susu Hamil Yang Bagus

Setelah anda membaca beberapa panduan diatas, saya rasa anda sudah paham dengan susu hamil apa yang bagus untuk anda konsumsi sehari-hari. Pemilihan susu sangatlah penting agar nutrisi bagi janin dan ibunya terpenuhi. Kami merekomendasikan 10 produk susu hamil yang terdapat di pasaran semoga dapat membantu anda dalam memilih yang sesuai dengan kebutuhan anda.

1. Susu Ibu Hamil Frisomum Gold Dualcare+

Harga Rp. 85.500 (400 gram)

Susu Frisomum Gold Dualcare+

Frisomum Gold Dualcare+ adalah produk susu premium yang diproduksi dari Friesland Campina. Susu ini diproduksi dengan konsep grass to glass di Belanda. Menggunakan proses pemasan satu kali serta memastikan bahwa protein yang terkandung pada susu tetap terjaga. Proses pemanasan tidak boleh berlebihan sehingga mendapatkan susu yang lebih mudah untuk dicerna. Friso menjamin kualitas susu produksinya terjamin karena didukung dengan kualitas rumput, sapi, dan proses produksi terbaik yang dimiliki oleh mereka.

Susu Frisomum Gold Dualcare+ bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui karena mengandung Prebiotik dan Probiotik yang dapat menjaga kesehatan dari pencernaan serta mengurangi dampak konstipasi dan sembelit. Frisomum Gold memiliki nutrisi yang lengkap dan seimbang, anda akan menemukan seperti ALA, LA, Nukleotida, Asam Folat, Kalsium, dan Zat Besi sehingga kebutuhan gizi selama masa kehamilan dan menyusui terpenuhi.

Frisomum Gold tersedia dalam rasa Vanilla, anda bisa mendapatkannya dengan mudah diberbagai supermarket dan toko susu yang berada di sekitar anda. Susu ini dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, so pastikan nutrisi anda dan anak anda terpenuhi.

2. Susu Ibu Hamil Prenagen Mommy Emesis

Harga Rp. 73.000 (400 gram)

Susu Prenagen Mommy Emesis

Saat hamil memang membutuhkan nutrisi tambahan berupa susu, mengkonsumsi susu secara rutin dapat menjaga si bayi dan ibunya tetap sehat. Prenagen Mommy Emesis menghadirkan susu dengan gizi yang lengkap untuk 1000 hari pertama kehidupan (HPK), menggunakan formula PRENAPro untuk memastikan stamina ibu tetap terjaga selama masa kehamilan. Ditambah lagi, formula tersebut dapat membantu kecerdasan si janin, dan saat dilahirkan memiliki berat standar sekitar 2.5kg hingga 4kg.

Prenagen Mommy Emesis dapat mengurangi frekuensi mual dan muntah, dan dapat menghilangkannya pada hari ke 10 dengan cara mengkonsumsi secara rutin 2 kali sehari sebelum beraktivitas dan sore hari. Susu ini diperuntukan bagi ibu hamil dengan usia kandungan 0-3 bulan atau Trimester Awal, setelah melewati usia 3 bulan anda melanjutkan susu ibu hamil untuk tahap berikutnya.

Terdapat dua pilihan rasa yaitu Vanilla dan Coklat, anda bisa memilih rasa apa yang sesuai untuk anda. Prenagen Mommy Emesis memiliki kandungan Protein sebesar 10 gram dalam satu kali penyajian, Vitamin B6 juga termasuk tinggi 5 mg/saji. Asam folat dibutuhkan untuk menghidrasi resiko cacat tabung saraf pada janin, sehingga Prenagen Mommy Emesis membakinya dengan 270mcg/saji. Selain itu, terdapat juga Kalsium (380mg/saji). Fospor, Magnesium, dan Vitamin D yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin. Serat inulin pada susu ini dapat membantu pencernaan menjadi lebih baik.

3. Susu Ibu Hamil Anmum Materna

Harga Rp. 38.700 (200 gram)

Susu Anmum Materna

Ketika saat hamil, kebutuhan akan nutrisi menjadi lebih meningkat dari biasanya. Kebutuhan akan asam folat, serat pangan atau inulin, protein, dan nutrisi harus diperhatikan agar si janin mendapatkan nutrisi yang sesuai untuk ia dapat berkembang dengan baik. Anmum Materna adalah susu khusus ibu hamil yang bagus dengan formula khusus untuk mendukung kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Anda bisa menemukan 11 kandungan Vitamin dan 7 Mineral lain yang bermanfaat untuk membantu perkembangan janin dan membantu ibunya untuk tetap sehat dan bugar.

Susu Anmum Materna telah hadir dalam rasa Strawberry White Chocolate sehingga cocok untuk mereka yang tidak ingin rasa yang itu-itu saja. Nutrisi penting yang terdapat pada susu ini seperti Neulipid untuk tingkat Gangliosida GA yang lebih tinggi, DHA untuk nutrisi otak si bayi, Folat untuk membantu perkembanan serta pertumbuhan sel bagi ibu dan janin. Selain itu, terdapat juka serat pangan untuk memelihara fungsi saluran pencernaan. Kalsium dan Zat besi juga telah terdapat pada susu tersebut yang dapat mencukupi mineral penting bagi perkembangan bayi.


ADVERTISEMENT



4. Susu Ibu Hamil Lactamil Pregnasis

Harga Rp. 37.000 (200 gram)

Susu Lactamil Pregnasis

Lactamil Pregnasis adalah sisi yang tepat untuk diberikan kepada ibu hamil, sehingga masa kehamilannya berjalan dengan baik dan janin tumbuh dengan sempurna. Susu Lactamil Pregnasis yang bagus untuk ibu hamil ini dapat memenuhi 100% kebutuhan ibu terhadap asam folat. Selain itu, terdapat juga kandungan Kalsium, Fosfor, Magnesium dan Vitamin D dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan ibu semasa hamil.

Terdapat juga dua kandungan asam lemak, Omage 3 dan 6, dan semua kandungan tersebut memiliki rasio yang seimbang dan pas untuk ibu hamil. Larutkan 3 sendok makan susu Lactamil Pregnasis kedalam air 180ml, anda bisa meminumnya sebanyak 2 gelas dalam sehari atau sesuai dengan petunjuk dokter. Terdapat beberapa rasa yang bisa anda nikmati seperti Vanilla, Cokelat, dan Strawberry.

5. Susu Ibu Hamil Enfamama A+

Harga Rp. 95.000 (400 gram)

Susu Enfamama A+

Setiap ibu akan memberikan perhatian lebih untuk janinnya agar tumbuh secara sempurna dan tidak kekurangan gizi. Nutrisi yang tepat dan baik merupakan hal penting untuk mendukung kehamilan anda. Selama masa kehamilan, nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu akan membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Maka dari itu, Enfamama A+ memiliki formula yang dapat mendukung kebutuhan dari nutrisi ibu selama periode penting yaitu 1000 hari pertama kehamilan.

Di masa kehamilan, ibu membutuhkan DHA lebih banyak selama masa kehamilan yaitu 4 kali jumlahnya. Untuk melengkapi kebutuhan DHA, anda bisa meminum 2 gelas Enfamama A+ dalam sehari. Enfamama A+ memiliki 8 nutrisi penting untuk ibu dan bayi seperti Asam Folat, Zat Besi, Kolin, Kalsium, Vitamin B12, Vitamin C, Iodium, dan tinggi DHA. Susu Enfamama A+ hanya tersedia dalam rasa coklat yang tidak membuat anda menjadi mual.

6. Susu Ibu Hamil Lovamil

Harga Rp. 22.500 (175 gram)

Susu Lovamil

Susu memang dibutuhkan untuk menambah nutrisi bagi si bayi, Ibu yang hamil sangat membutuhkan nutrisi yang baik agar tidak kekurangan gizi dan bayi yang dilahirkan memiliki ukuran tubuh standar antara 2.5 kg hingga 4 kg. Lovamil adalah salah satu produk susu untuk ibu hamil yang bagus dari Kalbe Farma. Susu ini dilengkapi dengan serat pangan atau inulin, asam folat, omega 3 dan 6, zat besi, protein, kalsium, fosfor, magnesium, vitamin D, dan masih banyak lagi.

Susu ini diperuntukan khusus untuk ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Lovamil tersedia dalam kemasan dus dengan berbagai ukuran dan rasa, anda bisa mengatur sendiri rasa apa yang inginkan. Susu ibu hamil yang bagus untuk masa kehamilan ini ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau.



ADVERTISEMENT


7. Susu Ibu Hamil Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA

Harga Rp. 25.600 (200 gram)

Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA

Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA adalah minuman khusus untuk ibu hamil dan juga menyusui, hanya tersedia dalam rasa cokelat. Memiliki formula khusus yang sesuai dengan kebutuhan gizi pada janin dan ibu. Dikombinasikan dengan zat gizi makro seperti protein, karbohidrat dan lemak, inulin, tinggi zat besi, serta tinggi kalsium juga.

Selain itu, Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA memiliki 29 multivitamin dan mineral untuk melengkapi kebutuhan asupan gizi lebih banyak jika dibandingkan dengan hari sebelumnya. Anda bisa menyajikannya dalam bentuk panas ataupun dingin, serta bisa juga dikombinasikan dengan bahan makanan dan minuman lainnya. Tersedia dalam kemasan kotak dan harganya juga cukup terjangkau, terdapat pilihan kemasan mulai dari 200 gram hingga 1200 gram.

8. Susu Ibu Hamil SGM Bunda Hamil & Menyusui

Harga Rp. 21.000 (150 gram)

Susu SGM Bunda Hamil & Menyusui

Kesehatan bunda menjadi penting selama masa proses kehamilan, dibutuhkan banyak nutrisi agar si kecil di dalam kandungan ibu tetap sehat dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Asupan nutrisi dapat membantu anak tumbuh secara optimal dengan bobot yang sesuai saat dilahirkan. SGM Bunda hadir dengan Complinutri, nutrisi khusus yang diperuntukan untuk ibu semasa hamil hingga menyusui.

Complinutri pada susu SGM Bunda tersebut mengandung minyak ikan, tinggi zat besi, tinggi asam folat, tinggi kalsium, dan vitamin D, semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan dalam masa hamil dan menyusui. Rasa susu ini juga lezat dan dapat membantu mengurangi rasa mual. Susu tersebut datang dalam kemasan kotak dengan berbagai rasa yang sesuai dengan anda suka. SGM mengklaim cukup dengan 1 gelas sehari mengkonsumsi susu tersebut.

9. Susu Ibu Hamil Vidoran Ibunda

Harga Rp. 35.000 (375 gram)

Susu vidoran Ibunda

Susu vidoran Ibunda adalah susu ibu hamil pertama yang menggunakan kandungan Cod Liver Oil atau minyak hati ikan Cod, minyak tersebut kaya akan Omega 3 dan vitamin A serta D alami. Vidoran Ibunda memiliki sumber asam folat dan asam linoleat. Kalsium yang tinggi juga terdapat pada susu tersebut, dan diperkaya dengan bubuk kacang hijau. Semua nutrisi yang terdapat pada susu tersebut membantu memenuhi kebutuhan saat masa kehamilan.

Cod Liver Oil memiliki kandungan Omega 3 serta tinggi akan Vitamin A dan D sehingga membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh si kecil saat masa kehamilan. Kacang hijau sebagai sumber protein nabati yang tinggi dan dibutuhkan untuk menghindari resiko bayi lahir tidak sempurna. Karbohidrat kompleks yang terkandung di dalam kacang hijau memberikan kekuatan pada ibu hamil supaya tidak mudah lelah.



10. Susu SUN Ibu Hamil

Harga Rp. 20.000 (150 gram)

Susu Sun Ibu

Merk Sun memang sudah tidak asing lagi ditelingan kita, bukan saja produk bubur bayi yang dirilis oleh SUN tetapi terdapat juga susu untuk ibu hamil. Susu bubuk skim ini berbentuk bubuk full cream dengan inulin, tepung buttermilk, maltodekstrin, 6 mineral, dan kandungan lainnya. Terdapat beberapa rasa yaitu strawberry, dan coklat.

Susu ini bisa dikonsumsi 2 kali dalam sehari pada waktu pagi dan malam hari. Gizi yang dibutuhkan selama masa kehamilan dapat dipenuhi dengan susu Sun ini. Anda bisa mendapatkannya dengan kemasan kotak. Cara penyajiaanya cukup gampang sekali, campurkan 180ml air panas dengan 3 sendok takar susu Sun Ibu. Anda bisa mengkonsumsinya secara perlahan-lahan, dan pastikan anda menghabiskannya tidak lebih dari 1 jam.

Kesimpulan

Jika anda memiliki alergi terhadap susu sapi, anda bisa memilih opsi lainnya karena susu yang kami rekomendasikan adalah susu sapi. Susu diatas bisa anda dapatkan diberbagai supermarket dan toko susu yang terdekat dengan rumah anda. Harga diatas bisa saja berbeda untuk setiap daerah toko yang menjualnya. Bagikan tulisan ini untuk membantu orang lainnya, Terimakasih!.