9 Langkah Sukses Membangun Bisnis E-Commerce untuk Pemula

Thursday, June 28th 2018. | Bisnis


Langkah sukses membangun bisnis e-commerce perlu Anda ikuti agar usaha Anda dapat dijalankan tanpa kendala yang berarti. E-commerce termasuk usaha yang dapat dijalankan tanpa modal yang besar. Istilah dalam e-commerce dapat terkait dengan sistem dropship dimana penjual dapat melakukan transaksi tanpa harus memiliki stok barang.

E-commerce merupakan sebuah konsep penjualan dengan platform online. Dalam konsep e-commerce penjual tidak bertatap muka secara langsung dengan pembeli di dunia nyata. Semua transaksi dan kesepakatan akan dijalankan melalui transaksi di dunia maya. Kepercayaan konsumen menjadi hal utama yang penting agar penjualan online dapat berjalan.

Pembeli akan melakukan pemesanan melalui halaman e-commerce kemudian melakukan pemnayaran. Pembayaran akan menggunakan pihak ketiga seperti bank atau instansi yang telah terintegrasi dengan e-commerce. Pembeli juga akan menentukan ekspedisi pengiriman yang akan mengantar pesanan hingga ke tujuan. Pembelian melalui e-commerce cenderung dipilih karena lebih efektif waktu.

Langkah sukses membangun bisnis e-commerce

Langkah Sukses Membangun Bisnis E-Commerce dari Awal

Membangun bisnis e-commerce bukanlah hal yang mudah. Anda memerlukan dukungan website yang dapat membantu transaksi penjualan Anda. Langkah sukses membangun bisnis e-commerce perlu Anda terapkan untuk memudahkan bisnis. Tahapan awal mungkin memerlukan kesabaran dan keuletan untuk dapat terus meningkatkan penjualan.

Dalam proses pembangunan website pasar Anda, maka ada waktu untuk mendaftarkan produk Anda pada situs e-commerce yang sudah ada. Hal itu akan membantu membangun kepercayaan konsumen. Sembilan langkah ini dapat membantu Anda untuk lebih sukes dalam menjalankan bisnis e-commerce.

1. Tentukan Target Penjualan Anda

Pertama Anda perlu menentukan target penjualan Anda seperti remaja, ibu rumah tangga, laki-laki atau perempuan. Target penjualan akan memaksimalkan Anda untuk mendapatkan konsumen dengan segera.

BACA  Menemukan Daftar Perusahaan Trading Forex Terbaik di Indonesia

2. Tentukan Produk Apa Saja yang Akan Dijual

Anda akan lebih mudah menentukan jenis produk Anda ketika Anda telah menentukan target penjualan. Konsumen juga dapat diklasifikasikan menjadi orang yang membutuhkan dan orang yang hanya tertarik karena produk Anda lucu.

3. Buat Nama Toko yang Mudah Diingat

Nama toko Anda merupakan hal yang penting oleh karena itu buatlah yang mudah diingat dan dapat mencerminkan produk yang Anda jual. Nama toko juga jangan terlalu panjang agar mudah dihafalkan. Nama yang tidak terlalu rumit juga sangat dianjurkan.

4. Mendaftarkan Produk pada Situs E-Commerce yang Sudah Ada

Anda tentu membutuhkan kepercayaan konsumen untuk memulai bisnis. Mendaftar produk Anda ke e-commerce dapat membantu Anda untuk menarik konsumen. Ketika penjualan semakin meningkat, Anda dapat mengalihkan pembelian ke website Anda.

5. Mulai Membangun Website

Buatlah website e-commerce Anda sendiri. Gunakan nama domain yang mudah diingat. Nama alamat domain juga dapat disamakan dengan nama toko Anda atau produk yang Anda jual. Anda juga dapat menambahkan jargon agar website Anda lebih mudah diingat.

6. Iklankan Produk Anda

Iklan menjadi hal penting untuk meningkatkan penjualan. Kunci dari langkah sukses membangun e-commerce terletak pada iklan. Penggunaan jasa iklan yang tepat dapat mengenalkan produk Anda ke konsumen yang tepat.

7. Berikan Layanan yang Maksimal untuk Kepuasan Konsumen

Transaksi online sangat menuntut kepuasan setiap konsumen yang membeli produk dari Anda. Kepuasan pelanggan dapat membantu Anda untuk memiliki konsumen tetap. Testimoni yang baik juga akan mendorong konsumen lain untuk membeli produk Anda.

BACA  Pengertian dan Tujuan Kewirausahaan untuk Membangun Jiwa Bisnis di Usia Muda

8. Memberikan Penghargaan untuk Konsumen

Anda dapat memberikan penghargaan kepada pelanggan tetap Anda. Penghargaan dapat berupa produk diskon atau pemberian promo pada event tertentu. Potongan harga sangat membantu Anda untuk meningkatkan penjualan dan membahagiakan konsumen.

9. Melakukan Evaluasi Produk Secara Berkala

Evaluasi terhadap produk yang Anda jual juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan penjualan. Anda dapat memperbaiki kualitas produk ketika produk mulai sepi penjual. Menambahkan produk yang beragam juga dapat meramaikan toko Anda.

Tips dapat Anda terapkan untuk menjalankan bisnis e-commerce Anda. Lakukan langkah demi langkah dengan sungguh-sungguh. Kunci kesuksesan bisnis pada dasarnya terletak pada sikap pantang menyerah yang Anda miliki. Keuletan dalam menjalankan bisnis juga dapat mendorong kesuksesan usaha Anda.

Meningkatnya transaksi e-commerce membuat bisnis ini digemari dan memberikan keuntungan yang maksimal. Menggunakan internet, membuat bisnis ini memiliki jangkauan yang lebih luas. Produk dapat diakses secara global tanpa mengenal waktu dan batasan. Kemudahan pembayaran juga menjadi faktor penting terus meningkatnya transaksi digital. Hal itu merupakan peluang yang bagus untuk menjalankan bisnis.

Langkah sukses membangun bisnis e-commerce menjadi hal penting untuk meningkatkan keuntungan Anda. E-commerce menjadi wadah yang penting untuk memasarkan produk skala global. Konten dan tampilan situs yang menarik juga dapat mempengaruhi tingkat pembelian. Segera wujudkan bisnis e-commerce Anda dan berikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

tags: ,