Cara Menghilangkan Kebiasaan Ngorok dan Ngiler

Wednesday, June 20th 2018. | Kesehatan, Tips dan Trik


Cara menghilangkan kebiasaan ngorok dan ngiler – Berbagai macam tipe orang di dunia dari perilaku keseharian. Misalnya saja tingkah laku setiap orang ketika tidur. Hampir setiap orang pernah menjumpai tipe manusia yang tidur sambil ngorok atau ngiler bahkan bisa terjadi kedua-duanya. Tak jadi masalah dan tak jadi beban pikiran jika itu merupakan hal yang lumrah. Artinya semua orang bisa menerima keadaan tersebut. Akan tetapi bagaimana jika kondisi dan keadaan ngorok atau ngiler tersebut ketika tidur merupakan suatu masalah yang harus mendapatkan solusi. Menurut Anda wajarkah atau bahayakah?

Secara tidak Anda sadari kebiasaan tidur sambil ngorok merupakan salah satu tingkah laku yang menganggu. Bahkan terkadang bisa lebih parah lagi apabila tidur sambil ngorok dan ngiler. Kedua hal tersebut bisa membuat malu apabila diketahui oleh banyak orang. Oleh karena itu banyak diantara pengidap mencari berbagai solusi kebiasaan tidur sambil ngorok dan ngiler. Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan ngorok dan ngiler ketika kita tidur? Demikianlah pertanyaan yang muncul supaya mendapatkan jawaban.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Ngorok dan Ngiler

Tips dan Trik Mengatasi Kebiasaan Tidur sambil Ngorok dan Ngiler

Seorang yang memiliki kebiasan tidur sambil ngorok atau ngiler tidak bisa sembarangan tidur di tempat manapun. Bagaimana mungkin bisa ia tidur kemudian banyak orang mendengar dan melihatnya tidur sambil bersuara dan terdapat air liur disekitar wajahnya. Oleh sebab itu adakah mengobati ngorok dan ngiler bagi penderita salah satu kebiasaan ini? Kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai tips dan trik bagaimana cara mengatasi ngorok dan ngiler. Sehingga waktu demi waktu Anda bisa meminimalisirnya. Mari kita simak penjelasan singkat dibawah ini.

1. Perhatikan Posisi Tidur Anda

Posisi tidur merupakan faktor yang sangat signifikan ketika tidur. Biasanya orang tidur dalam posisi tengkurap atau terlentang. Padahal kedua posisi tidur tersebut tidak sepenuhnya bisa mengatasi dengkuran ketika Anda sedang tidur. Posisi tengkurap menyebabkan saluran pernapasan Anda menjadi sedikit tertekan sebab posisi dada berada dibawah. Sehingga tubuh Anda memerlukan ruang, sehingga proses pernafasan melalui mulut yang menyebabkan suara dengkuran.

Begitupula posisi terlentang juga menyebabkan suara dengkuran sebab posisi tubuh Anda yang terlalu rileks. Secara tidak sadar mulut Anda akan terbuka dan proses pernafasan melalui mulut dan kemudian menghasilkan suara dengkuran. Lalu bagaimana posisi yang tepat untuk tidur?

BACA  Olahraga Mengecilkan Perut yang Ampuh Dalam 1 Minggu

Ada posisi yang tepat untuk tidur supaya tidak terjadi suara dengkuran dimanapun Anda tidur. Rekomendasi untuk Anda adalah memposisikan tubuh tidur miring ke sebelah kiri dan kedua tangan diletakan dibagian bawah pipi Anda. Posisi yang sedemikian rupa dapat menstabilkan proses pernafasan melalui hidung. Sehingga udara yang keluar masuk tetap melaui hidung bukan mulut.

2. Tidur dengan Mulut yang Tertutup

Tips dan trik cara menghilangkan kebiasaan ngorok dan ngiler yang kedua adalah tidur dengan mulut yang tertutup. Salah satu penyebab tidur mendengkur dan ngiler adalah posisi mulut yang terbuka. Dengan mulut yang tertutup udara pernafasan keluar masuk secara lancar melalui hidung, tenggorokan hingga paru-paru. Oleh karena itu usahakan menutup mulut ketika tidur merupakan bagian dari cara mengatasi tidur ngorok dan ngiler.

3. Perhatikan Posisi Kepala di Bantal

Kepala merupakan bagian tubuh yang terdapat mulut dan hidung. Kedua organ tubuh kita sangat berperan dalam proses pernafasan. Apabila terjadi ketidakseimbangan maka bisa terjadi suara dengkuran bahkan keluarnya air liur ketika sedang tidur. Lalu bagaimana cara mengatasi tidur ngorok dan ngiler dengan mengatur posisi kepala?

Jawabannya adalah usahakan posisi kepala Anda lebih tinggi dari badan dan kaki. Artinya Anda harus mendesain posisi bantal supaya lebih tinggi dan tetap nyaman. Perlu diketahui bahwa cara menghilangkan kebiasaan tidur ngorok dan ngiler dengan posisi kepala lebih tinggi bisa mencegah keluarnya air liur dari mulut Anda.

4. Pastikan Anda Memiliki Waktu Jam Tidur Yang Cukup

Salah satu yang menjadi pemicu kebiasaan tidur sambil mendengkur ialah kurang tidur atau jadwal tidur Anda yang buruk. Aktivitas yang padat seperti bekerja hingga menyita waktu, rapat berhari-hari, lembur, olahraga diatas batas kewajaran, atau kegiatan organisasi Anda yang harus diurus kesana-kemari.

Berbagai contoh aktivitas diatas menyebabkan Anda berada di posisi titik puncak kelelahan yang sangat parah. Akibatnya otot-otot tubuh Anda menjadi lelah sehingga tidur Anda menjadi mendengkur. Oleh sebab itu cara menghilangkan tidur mendengkur dan ngiler dengan mengatur jadwal tidur Anda dengan baik sehingga kebutuhan istirahat Anda terpenuhi dengan cukup.

5. Hindari Mengkonsumsi Obat Tidur dan Alkohol

Apabila Anda mengkonsumsi obat tidur, hal tersebut bisa membuat otot-otot tubuh Anda menjadi rileks. Kemudian Anda bisa tidur hingga terlelap. Namun perlu Anda ketahui bahwa keadaan tersebut malahan memicu munculnya kebiasaan tidur Anda menjadi mendengkur. Ada baiknya mulai sekarang Anda mengurangi hingga meninggalkan obat-obatan tersebut.

BACA  Makanan Baik Untuk Orang yang Patah Tulang Agar Cepat Sembuh

Cara menghilangkan ngorok dan ngiler saat tidur bisa Anda lakukan dengan tidak mengkonsumsi alkohol sebelum tidur. Mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol sebelum tidur bisa membuat kebiasaan tidur Anda menjadi mendengkur bahkan semakin parah. Penelitian menunjukan bahwa meminum alkohol empat sampai lima jam sebelum tidur membuat dengkuran semakin parah. Oleh karena itu hindarilah mengkonsumsi alkohol sebelum tidur.

6. Menjaga Selalu Kebersihan Kamar Tidur

Mengapa Anda perlu menjaga kebersihan kamar tidur ? Sebab apabila keadaan kamar Anda kotor bisa menyebabkan debu bertebaran di ruangan tersebut. Jika Anda alergi hal itu bisa memicu kebiasaan tidur Anda menjadi mendengkur. Sehingga pastikan perabotan kamar, sprei, tempat, bantal, dan tirai dalam kondisi bersih terhindar dari kutu ataupun debu.

Sebaiknya juga Anda menghindari juga tidur besama hewan peliharaan Anda. Sebab rongga hidung Anda bisa kemasukan ketombe hewan, bulu maupun kotoran lainnnya yang dibawa oleh hewan tersebut. Selain mendengkur, kondisi tersebut Anda juga bisa terkena ngiler. Oleh karena itu mengatasi tidur ngorok dan ngiler dengan selalu menjaga kebersihan kamar ridur.

7. Menghindari Makanan Pedas dan Asam Sebelum Tidur

Suka terhadap makanan pedas atau asam menjadi kegemaran. Mungkin sebagian dari Anda mengkonsumsi makanan pedas dan asam secara berlebihan. Atau waktu mengkonsumsi makanan tersebut mendekati jadwal Anda istirahat untuk tidur. Bila demikian maka ubahlah kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas dan asam. Sebab keduanya bisa menyebabkan keadaan tidur Anda menjadi ngiler.

Makanan yang mengandung rasa pedas maupun asam memicu produksi air liur menjadi tambah banyak dan kental. Efek dari produksi air liur yang banyak dan kental bakal lebih mudah terkena ngiler saat tidur. Oleh sebab itu hindari konsumsi pedas dan asam sebagai cara mengatasi ngorok dan ngiler saat tidur, sebagai gantinya perbanyaklah minum air putih.

Demikian pembahasan mengenai tips dan cara menghilangkan kebiasaan ngorok dan ngiler saat tidur. Anda bisa mempraktekan beberapa hal diatas untuk mengobati ngorok dan ngiler yang terjadi pada Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan menanmbah wawasan Anda. Terimakasih.

tags: , , ,