Cara Menghilangkan Kutu di Rambut Panjang


Cara menghilangkan kutu di rambut panjang – Rambut ialah mahkota bagi setiap manusia. Dengan rambut yang kuat, halus, tentunya menjadi dambaan setiap insan. Apalagi bila Anda memiliki rambut yang dikreasikan dengan mode terbaru. Hal tersebut akan menambah kepercayaan diri seseorang dengan penampilannya. Rambut bahkan dapat mengubah bentuk wajah seseorang bila dilihat dari sudut pandang tertentu.

Rambut Bebas Kutu

Sayangnya, rambut kuat dan halus tidak didapatkan dengan cuma-cuma. Perlu perawatan yang butuh pengorbanan Anda. Terlebih bila rambut Anda sudah terserang hewan bernama kutu. Gatal luar biasa tentunya menjadi apa yang Anda rasakan. Apalagi bila Anda memiliki rambut panjang. Untuk solusinya, coba lihat artikel di bawah ini tentang cara menghilangkan kutu di rambut panjang untuk Anda.

Merawat Rambut Panjang dari Kutu Bandel

Ada banyak sekali cara menghilangkan kutu di rambut panjang dan merawat rambut panjang dari kutu bandel. Beberapa diantaranya menggunakan metode tradisional dan sisanya menggunakan metode yang telah diperbarui. Namun pada dasarnya, yang menjadi fokus utama adalah bagaimana cara menghilangkan kutu di rambut panjang. Maka darii tu, simak penjelasan berikut ini.

1. Kutu di Rambut Panjang

Musuh terbesar rambut memang bermacam-macam. Mulai dari rambut lepek, rambut ketombe, rambut bau, dan rambut berkutu. Sebagai salah satu penunjang penampilan Anda, kondisi rambut diatas tentu harus dihindari. Salah satunya yang menjadi musuh rambut panjang adalah kutu yang seringkali mengganggu kenyamanan Anda.

Kutu di rambut panjang memang seringkali terjadi. Mengapa rambut panjang selalu menjadi sasaran empuk kutu untuk berkembang biak? Sebuah studi membuktikan bahwa seseorang yang memiliki rambut panjang dan kulit kepala yang lembab memiliki kemungkinan terbesar untuk kutu bersarang di kepalanya. Karena seperti yang kita ketahui, kutu memang senang bertelur di kulit kepala dengan rambut lebat dan juga lembap.

2. Munculnya Kutu di Rambut Panjang

Banyak faktor yang menyebabkan kutu muncul di rambut panjang. Mulai dari perawatan rambut yang tidak bersih hingga pemakaian shampo yang tidak cocok dengan kulit kepala. Selain itu, faktor lingkungan juga sangat memengaruhi muncul atau tidaknya kutu yang bertelur di kepala kita. Lingkungan atau benda terdekat di lingkungan kita seperti tempat tidur, sofa, merupakan tempat banyak hewan seperti kutu bertelur.

Karena munculnya masalah tersebut, akhirnya cara menghilangkan kutu di rambut panjang mulai digencarkan. Seperti yang telah kami sebutkan di atas, karena rambut panjang merupakan rambut paling rawan dihinggapi kutu, tentunya cara menghilangkan kutu di rambut panjang perlu dilakukan secara intensif dan berkala, serta tidak membahayakan rambut.

3. Menghilangkan Kutu dengan Almond

Kacang AlmondMendengar kata almond tentunya pikiran Anda langsung terlintas pada nama kacang yang harganya tergolong cukup mahal. Dengan harga yang cukup mahal tersebut, tentunya almond memiliki segudang khasiat untuk tubuh Anda. Sebagai cemilan diet, Almond juga berguna untuk menghilangkan kutu di rambut panjang dengan cepat dan tepat.

Sangat mudah menggunakan almond untuk menghilangkan kutu di rambut. Caranya, rendam almond selama kurang lebih 12 jam lamanya. Setelah itu, almond yang sudah direndam Anda kupas kulitnya dan blender secara merata. Oleskan ke rambut secara perlahan sembari Anda memijat kepala Anda. Biarkan almond mengering di rambut Anda, lalu bilas rambut Anda dengan bersih. Bila perlu Anda dapat langsung melakukan perawatan rambut lainnya.

4. Menghilangkan Kutu dengan Perasan Lemon

Air Lemon Obat KutuSiapa yang tida tahu dengan lemon? Buah seribu manfaat ini selain berguna untuk minuman diet, juga berguna untuk menghilangkan kutu di rambut Anda. Memang, buah lemon belum cukup terkenal dalam penggunaannya sebagai obat penghilang kutu rambut. Namun buah lemon dijamin sangat ampuh dalam menghilangkan kutu.

Cara menghilangkan kutu di rambut panjang dengan buah lemon yaitu dengan memeras lemon. Pertama-tama, siapkan lemon terlebih dahulu. Usahakan pilihlah lemon yang berkualitas baik agar khasiat yang diberikan perasan lemon pada rambut Anda juga maksimal. Tunggu hingga 10-15 menit, lalu bilas rambut Anda. Lakukan secara berkala dan kutu yang ada di rambut Anda akan hilang.

5. Menghilangkan Kutu dengan Alkohol

Alkohol Untuk Obat Kutu RambutPenggunaan alkohol untuk diaplikasikan pada tubuh manusia memang belum selumrah penggunaan tumbuhan untuk tubuh manusia. Karena memiliki konsentrasi yang bervariasi dan menimbulkan dampak yang bervariasi, penggunaan alkohol sangat dibatasi. Contohnya saja bila untuk dunia medis, alkohol digunakan hanya untuk kadar beberapa gram dengan penggunaannya yang sangat hati-hati.

Untuk penggunaannya sebagai penghilang kutu, Anda cukup menuangkan alkohol 5% sebanyak 5 sendok makan dan dicampur dengan 7 sendok makan air. Aduk rata, kemudian gunakan jari Anda untuk mengoles alkohol di rambut Anda. Diamkan selama 15 menit, kemudian sisir rambut Anda menggunakan sisir khusus kutu yang dapat menghilangkan kutu hingga ketelur-telurnya. Namun bila kulit kepala Anda terasa perih, segera hentikan pemakaian.

6. Menghilangkan Kutu dengan Bawang Merah

Bawang Merah Untuk Obat KutuBawang merah juga terkenal ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan kutu di rambut panjang. Bawang merah yang terkenal sebagai bumbu masak ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda, salah satunya untuk menghilangkan kutu di rambut panjang Anda. Walaupun baunya menyengat dan membuat perih mata saat dikupas, manfaat yang diberikan jauh lebih dari itu semua.

Bila Anda tertarik untuk menggunakan bawang merah sebagai obat penghilang kutu di rambut panjang Anda, ambillah 4 siung bawang merah. Setelah itu, ulek atau blender bawang merah dengan halus. Bawang merah yang telah diblender halus dapat langsung diaplikasikan ke rambut Anda. Diamkan selama 20 menit, sisir rambut Anda untuk menghilangkan kutu dan telurnya, lalu bilas dengan bersih.

7. Menghilangkan Kutu dengan Minyak Kelapa

Minyak Kelapa Untuk Obat KutuMinyak kelapa atau coconut oil adalah salah satu minyak yang multifungsi. Selain berguna untuk memasak sesuatu, minyak kelapa dapat dijadikan sebagai obat untuk tubuh Anda. Khasiatnya pun tidak tanggung-tanggung. Saat digunakan untuk memasak, masakan yang Anda masak akan menjadi lebih sehat dari sebelumnya. Saat digunakan untuk tubuh khususnya bagian kepala, minyak kelapa dapat menghilangkan kutu di rambut Anda.

Cara menggunakan minyak kelapa sebagai obat untuk menghilangkan kutu sangat mudah. Anda hanya perlu menuangkan kurang lebih 2 sendok makan ke sebuah wadah. Setelah itu, oleskan secara perlahan dan mendetail terutama pada bagian yang dirasa gatal karena kemungkinan besar kutu bertelur di daerah tersebut. Diamkan selama 15 menit, kemudian sisir rambut, dan bilas hingga bersih.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini yang terkait dengan cara menghilangkan kutu di rambut panjang. Dengan adanya solusi di atas, kami berharap bisa membantu Anda bila Anda atau sanak saudara Anda sedang dalam usaha menghilangkan kutu di rambutnya. Satu hal yang perlu selalu diingat adalah selalu jaga rambut Anda untuk tetap bersih dan lembab agar terhindar dari kutu. Selamat mencoba.