Cara Melangsingkan Badan Dengan Puasa Untuk Dapatkan Berat Badan Ideal


Memiliki berat badan yang ideal adalah harapan dari semua orang. Banyak hal yang dilakukan untuk mencapi tujuan tersebut, termasuk cara yang mahal dan menghabiskan uang. Namun sebenarnya terdapat cara tepat yang akan membantu Anda dapatkan berat ideal. Cara tersebut adalah cara melangsingkan badan dengan puasa. Tentunya cara ini cocok dilakukan pada bulan ramadhan seperti sekarang ini. Lalu bagaimanakah cara untuk melakukannya agar sukses?

Beragam Cara Melangsingkan Badan Dengan Puasa

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diikuti, agar berat badan ideal bisa didapatkan dengan cepat. Apakah hal-hal tersebut? Berikut informasi lengkapnya.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Pada saat bulan ramadhan tidak jarang banyak orang memanfaatkannya untuk menurunkan berat badan. Walaupun demikian, penting agar tetap menjaga pola makan dan minum. Salah satunya untuk tetap konsisten untuk menjaga pola minum. Contohnya, minum 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka dan 2 gelas sebelum tidur. Cara seperti ini banyak dilakukan dan terbukti ampuh untuk turunkan berat badan.

2. Hindari Minuman Berkadar Gula Tinggi

Cara melangsingkan badan dengan puasa selanjutnya yaitu menghindari minuman yang terlalu manis seperti soda. Selain mengonsumsi air putih, Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi minuman lain. Namun tetap dalam porsi yang normal, jika mungkin cobalah untuk tidak mengonsumsinya. Contohnya, teh dengan gula berlebih ataupun minuman bersoda. Karena jika mengonsuminya, gula yang masuk ke tubuh akan berlebih dan akan membuat upaya diet gagal.

3. Tetap Melakukan Olahraga

Walaupun sedang menjalankan ibadah puasa, Anda tidak dilarang untuk melakukan olahraga. Aktivitas yang dilakukan tidaklah perlu olahraga yang berat, cukup lakukan jogging ataupun jalan cepat. Cara ini dapat ampuh agar diet berjalan lancar serta menjaga stamina agar tetap terjaga.

4. Hindari Bermalas-malasan

Tidak jarang banyak orang yang lebih memilih bermalas-malasan saat melakukan ibadah puasa. Namun, sebaiknya jangan lakukan hal ini jika upaya diet yang dilakukan diharapkan berhasil. Bermalas-malasan, justru membuat lemak dari makanan menumpuk dan terus membuat berat badan bertambah.

5. Pemilihan Makanan Saat Berbuka Puasa

Berikutnya, Anda harus sangat memperhatikan makanan saat berbuka puasa. Walaupun dalam keadaan lapar, pastikan untuk tetap menahan nafsu. Pilihlah makanan-makanan yang mengandung banyak air. Sehingga rasa lapar akan segera teratasi, selain itu makanan kaya air ini akan membuat nafsu makan menurun. Saran terbaik untuk berbuka puasa adalah buah-buahan dan lanjutkan dengan makanan pembuka yang bergizi tinggi.

6. Hindari Makan Malam

Banyak orang yang telah makan pada saat berbuka puasa kembali melakukan makan berat setelah usai shalat. Hal ini adalah hal yang tidak boleh Anda tiru. Mengapa? Karena hal ini dapat membuat upaya diet yang dilakukan menjadi gagal. Jika memang membutuhkan makanan di malam hari, gantikanlah makan tersebut dengan mengonsumsi susu low fat ataupun meminum air putih. Cara melangsingkan badan dengan puasa ini memang agak sulit namun lama kelamaan Anda akan terbiasa dengannya.

7. Perhatikan Porsi Makan

Saat berbuka puasa biasanya orang akan memilih makanan yang sangat diinginkannya. Bahkan tidak jarang mereka lupa akan porsi makan mereka seharusnya. Hal ini penting untuk diperhatikan, sehingga Anda tidak melakukannya dikemudian hari. Karena hal inilah yang akan membuat berat badan ideal tak kunjung didapatkan. Sedikit saran dari kami, pilihlah makanan yang benar-benar bergizi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori setiap harinya.

8. Istirahat yang Cukup

Fokus beribadah saat bulan ramadhan adalah hal yang penting. Namun, penting pula untuk tetap menjaga pola istirahat Anda. Alasannya, agar ibadah tetap berjalan dengan lancar serta progam yang dijalankan dapat berjalan lancar. Oleh karenanya lakukanlah istirahat malam dengan cukup. Bila memungkinkan cobalah untuk istirahat disiang hari selama beberapa menit.

9. Hindari Mengonsumsi Lemak Jahat

Gorengan adalah menu berbuka puasa yang wajib bagi kebanyakan orang. Namun, tahukah Anda bahwa gorengan mengandung lemak jahat yang berbahaya untuk tubuh? hal ini pula dapat membahayakan untuk diet yang dijalani. Jika memang sulit untuk menghentikan kebiasaan ini secara langsung, cobalah untuk menguranginya secara perlahan. Dan jangan ragu untuk mencoba mengganti menu ini dengan menu sehat dan juga bergizi.

10. Mengonsumsi Protein dan Serat yang Tinggi

Cara melangsingkan badan dengan puasa yang ke sepuluh ialah makan makanan bergizi. Makanan yang terbaik untuk dikonsumsi saat sahur di bulan ramadhan adalah mengonsumsi makanan yang kaya protein dan serat. Mengonsumsi makanan ini tentu akan menunda rasa lapar dalam waktu yang panjang. Lebih dari itu, Anda yang mengonsumsinya secara rutin juga membantu untuk melancarkan program diet yang dijalankan. Untuk makanan yang kaya serat, bisa didapatkan melalui sayur dan buah-buahan. Sedangkan makanan kaya protein bisa didapatkan melalui daging ayam, ikan dan kacang-kacangan.

11. Tekad yang Kuat

Semua hal yang telah disebutkan di atas, tentu tidak akan memberikan hasil apapun jika Anda tidak displin untuk melakukannya. Oleh karenanya, dibutuhkan tekad yang kuat dengan harapan keinginan akan segera terwujud. Jika melakukannya tanpa tekad, biasanya diet akan gagal karena Anda mudah tergoda pada hal-hal yang telah dilarang.

12. Perhatikan Cara Makan Saat Buka Puasa

Selain memperhatikan tentang porsi dan makanan apa saja yang dimakan, penting untuk memperhatikan cara makan saat buka puasa. Cara makan yang dimaksud adalah awalan untuk membuka makanan saat berbuka. Anda dapat mengonsumsi kurma ataupun minum air putih sebagai awalan dan lanjutkan dengan makan berat. Mengonsumsi kurma ataupun minum air putih dapat mengurangi besarnya nafsu makan saat berbuka puasa.

13. Melaksanakan Shalat Maghrib Terlebih Dahulu Sebelum Makan Berat

Banyak orang yang langsung melakukan makan berat tepat setelah adzan berkumAndang. Alasannya beragam, namun yang paling sering adalah alasan takut lapar ketika sedang shalat. Hal inilah yang perlu diperhatikan, di mana melakukan shalat terlebih dahulu justru membuat perut beradaptasi dan siap menerima makanan setelah melakukan shalat.

14. Mengunyah Makanan dengan Sempurna

Pernah mendengar tentang hal ini namun menganggapnya sepele? Rupanya melakukan hal ini dapat mendukung Anda untuk dapatkan berat badan ideal. Karena serat makanan akan terkunyah dengan sempurna. Selain itu, mengunyah dengan sempurna akan membuat nafsu makan berkurang. Dalam menjalankan ibadah puasa hal ini pun penting untuk dilakukan. Karena memiliki khasiat yang baik, utamanya untuk menjaga kesehatan pencernaan.

15. Jangan Melewatkan Sahur

Waktu sahur adalah waktu-waktu yang rentan dan seringkali terlewat oleh banyak orang. Kebanyakan alasannya adalah karena enggan untuk bangun dan malas menyiapkannya. Namun, bagi Anda yang benar-benar niat menurunkan berat badan dan beribadah, jangan sampai lewatkan waktu sahur.

Menjalankan program diet selagi berpuasa adalah hal yang menguntungkan. Karena Anda dapat menjalankan ibadah sekaligus mendapatkan berat badan ideal. Jika memiliki masalah pencernaan dan tetap ingin melakukan cara melangsingkan berat badan dengan puasa ini, sebaiknya hubungi dokter. Agar diketahui cara menjalankan program dengan tepat. Dan memberikan hasil yang maksimal.