5 Keistimewaan Bulan Ramadhan yang Sayang Jika Anda Lewatkan!


Awal bulan Ramadhan adalah masa-masa adaptasi tubuh untuk menjalani pola makan yang berbeda. Dan biasanya banyak orang yang kalah atau batal karena tergoda oleh hawa nafsu. Namun jika bulan Ramadhan mulai memasuki pertengahan bahkan akhir, Ramadhan mulai dirindukan. Bahkan tidak ingin diakhiri dengan cepat. Apakah yang menjadi 5 keistimewaaan bulan Ramadhan sehingga banyak dirindukan orang?

Bulan Ramadhan sangatlah identik dengan makanan-makanan buka puasa, baju baru disaat lebaran, bahkan reuni dengan teman-teman di masa lalu. Namun, sebenarnya poin penting dari bulan Ramadhan bukan hal-hal tersebut. Melainkan, bagaimana cara kita untuk dapat menjaga diri dari semua hawa nafsu termasuk kemarahan. Lalu, adakah keistimewaan lain yang mungkin didapatkan dari bulan Ramadhan seperti sekarang ini?

5 Keistimewaan Bulan Ramadhan yang Akan Dirindukan Setahun Lagi

Setelah Ramadhan terlewati, biasanya banyak orang yang berharap dapat bertemu kembali di tahun berikutnya. Apakah alasan banyak orang meninginkan hal tersebut? temukan jawabannya sesaat lagi.

1. Shalat Tarawih dan Malam Lailatur Qadar

Hal yang terutama dan paling dirindukan adalah melakukan ibadah shalat tarawih serta menantikan datangnya malam lailatur qadar. Seperti yang diketahui, shalat tarawih adalah ibadah yang hanya dapat dilakukan pada saat bulan puasa. Biasanya diisi dengan 23 ataupun 11 rakaat. Melaksanakan ibadah ini bersama dengan keluarga lengkap tentu akan dirindukan oleh banyak orang.

Tidak hanya ibadah tarawih, banyak pula orang yang menantikan malam Lailatur Qadar saat bulan Ramadhan. Malam ini diibaratkan sebagai malam yang lebih indah daripada 1000 bulan. Dan biasanya dilakukan pada beberapa hari sebelum bulan puasa berakhir. Agar bisa menikmati malam ini, biasanya orang tersebut melakukan itikaf selagi menunggu. Sehingga dapat menikmatinya bersama penginap lain sembari mendekatkan diri kepada Allah.

2. Bulan Al-Quran

Bulan puasa juga terkenal dengan nama bulan Al-quran. Mengapa? Karena pada bulan inilah Al-quran sebagai petunjuk kehidupan umat diturunkan. Menurut beberapa sumber, Al-quran dipercaya diturunkan pada 17 Ramadhan. Oleh karenanya, banyak umat yang mengangkat drajat Al-quran begitu tinggi dibulan ini. Untuk lebih menambah pahala, banyak pula orang yang memperdalam ilmunya dengan membaca dan mengkaji Al-quran lebih dalam.

Bagi Anda yang belum memahami bagaimana cara membaca Al-quran jangan ragu untuk mulai mempelajarinya. Di bulan Ramadhan banyak surau yang membuka pengajaran gratis untuk pemula. Jadi, jangan ragu untuk mempelajarinya. Dengan mempelajarinya, tentu hal ini akan membantu untuk lebih memahami Al-quran dan menjalankan perintah yang ada didalamnya.

3. Bulan Dilipat Gandakannya Pahala Wajib dan Sunnah

Bagi Anda yang ingin mendapatkan pahala dengan lebih besar, lakukanlah beberapa kegiatan yang positif. Contohnya untuk melakukan sedekah, melakukan shalat wajib, dan yang lainnya. Menjalankan ibadah-ibadah ini dapat membuat Anda menjadi lebih baik dan diharapkan dapat menjalankannya diwaktu-waktu setelah Ramadhan usai.

Jika hal-hal yang dilakukan pada bulan Ramadhan dapat berjalan dengan baik. Bahkan diterukan disaat bulan Ramadhan telah usai, mengartikan bulan Ramadhan dapat memberikan kebaikan. Artinya, kepribadian Anda menjadi lebih baik bahkan menjadi kepribadian yang lebih baru. Utamanya, kebiasaan yang mudah marah sekarang pun akan lebih mudah dikontrol.

4. Bulan Penuh Berkah, Rahmat dan Mustajab

Banyak orang yang percaya dan memang terbukti bahwa bulan ini adalah bulan yang penuh berkah. Contohnya bagi para penjual makanan mereka menerima banyak keuntungan. Begitu pula bagi pembeli karena dapat menikmati makanan yang lezat untuk sahur dan berbuka. Berkah kecil dan besar seperti inilah yang dapat dirasakan di bulan puasa.

Selain penuh berkah, bulan puasa juga banyak memberikan rahmat bagi umat. Banyak orang menikmati rahmat dengan munculnya bulan puasa. Bahkan jika Anda memanjatkan doa dengan hati dan iman yang sungguh, bukan tidak mungkin doa akan dijabah. Oleh karenanya, umat disarankan lebih banyak melakukan banyak ibadah disaat bulan Ramadhan seperti ini.

5. Bulan Ramadhan Salah Satu Sebab Untuk Masuk Surga

Siapa diantara Anda yang tidak ingin untuk masuk surga? Tentunya semua orang menginginkan hal tersebut. Salah satu cara untuk mendapatkan “tiket” untuk dapat masuk kesana adalah melakukan ibadah puasa. Melalui pengertian ini, tentu jarang ada orang yang menolak untuk melakukan ibadah puasa. Alasan ini pulalah yang menjadi alasan semua orang berlomba-lomba menjalani ibadaha yang satu ini.

Sebagai “ganjaran” agar dapat masuk surga, Anda diharuskan menjalankan ibadah puasa dengan baik dan benar. Karena, tidak hanya diperintahkan untuk menahan hawa nafsu serta menahan diri untuk melakukan hal buruk. Jika sudah dapat melakukannya, jangan hentikan tindakan setelah bulan Ramadhan usai, melainkan lanjutkan hingga dihari-hari biasa.

3 Hal Unik yang Akan Dirindukan Dalam Bulan Puasa

Tidak hanya tentang 5 keistimewaan bulan Ramadhan, Anda juga perlu mengetahui beberapa hal unik yang hanya ada pada bulan puasa. Apakah hal-hal unik tersebut? simak informasi berikut ini,

1. Makanan-Makanan Berbuka Puasa

Inilah momen yang ditunggu banyak orang, yaitu waktu untuk berburu takjil sebelum buka puasa. Banyak pilihan makanan yang memang jarang ada saat selain bulan Ramadhan. Sebut saja, kolak, sop buah dan makanan lainnya. Menyantap makanan-makanan ini tentu langsung membuat rasa lapar hilang. Walaupun demikian, jangan lupa untuk tetap melakukan ibadah setelah menyelesaikan waktu berbuka.

Waktu berburu sebelum buka puasa biasanya juga dimanfaatkan untuk para anak muda bernostalgia dengan teman-teman lamanya. Tentunya ajang ini juga dimanfaatkan untuk bersilaturahmi oleh banyak orang.

2. Membangunkan Orang Sahur

Salah satu hal unik dan pastinya dirindukan adalah kebiasaan membangun orang sahur. Momen seperti ini biasanya dimanfaatkan oleh anak-anak untuk meneriakan kegembiraannya membangunkan banyak orang. Sayangnya, tradisi seperti ini mulai banyak ditinggalkan di kota besar. Karena tidak banyaknya orang yang sempat untuk melakukan hal-hal tersebut.

Namun, untuk Anda yang ingin menikmati tradisi ini dapat mengunjungi pedesaan-pedesaan. Karena dipedesaan, masih banyak tradisi bulan Ramadhan, salahnya membangunkan orang untuk sahur masih dijalankan. Jadi, Anda ataupun generasi muda di masa depan akan dapat menikmatinya.

3. Buka Puasa Bersama

Momen buka puasa bersama tentu tidak dapat dipisahkan dari tradisi bulan Ramadhan di Indonesia. Tentu banyak dari Anda yang juga memanfaatkan momen ini, baik menikmatinya dengan teman ataupun bersama kamu dhuafa. Sangat disarankan untuk menjalankan buka puasa ini dengan kaum dhuafa. Karena selain menjalankan tradisi, kebiasaan ini akan menambah pahala Anda.

Banyak hal-hal unik dan istimewa yang sebenarnya terjadi dalam bulan puasa. Namun, 5 keistimewaan bulan Ramadhan serta 3 hal unik inilah yang tidak boleh untuk dilewatkan. Jadi, Anda dapat menjalankan ibadah dengan lebih baik, serta menikmati beberapa keunikan yang mungkin mulai memudar. Jadi, selagi beribadah tetap dapat melestarikan budaya yang ada di Indonesia.