Beberapa Keutamaan Bulan Suci Ramadhan Yang Perlu Anda Ketahui

Friday, May 18th 2018. | Tips dan Trik


Ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan. Banyak orang yang selalu berharap untuk dapat mengikutinya ditahun-tahun berikutnya. Alasannya agar dapat menjalankan beberapa keutamaan bulan suci ramadhan tersebut. Apakah Anda juga demikian? Namun sebelumnya, penting untuk mengetahui apa saja yang termasuk dalam keutamaan tersebut agar dalam menjalankannya dapat dipahami dan tidak salah dalam mengartikan.

Bulan ramadhan, bulan istimewa, di mana banyak insan berlomba-lomba untuk mengumpulkan pahala. Banyak pula yang berniat untuk berubah dan menahan nafsu akan segala yang buruk. Dengan harapan setelah ramadhan hal tersebut dapat terus dilakukan pada kehidupan sehari-hari. Untuk lebih mengetahui informasi tentang keutamaan dalam bulan ramadhan simak informasi menginspirasi berikut ini.

15 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan yang Tak Boleh Dilewatkan

Bagi Anda yang belum mengetahui tentang keutamaan bulan suci ramadhan, kami menyarankan untuk membaca informasi ini hingga usai sehingga dapat membantu Anda untuk jalankan ibadah puasa. Berikut informasinya.

1. Ditutupnya Pintu Neraka dan Dibukanya Pintu Surga

Menurut HR. Bukhari-Muslim, pada bulan ramadhan adalah waktunya pintu surga dibuka. Sedangkan pintu neraka ditutup. Hal inilah yang menjadi kesempatan untuk Anda berlomba-lomba melakukan hal-hal baik dan membuang hawa nafsu sejauh-jauhnya.

2. Memperbanyak Dzikir, Doa Serta Istighfar

Dalam bulan puasa tentu setiap hal baik yang dilakukan akan menghasilkan pahala. Jadi, jika memang memiliki waktu laung lebih perbanyaklah lakukan dzikir, doa dan istighfar. Selain mendatangkan pahala hal-hal ini juga mendukung Anda untuk dapat mengontrol emosi. Sehingga akan memberikan dampak pula setelah bulan ramadhan terlewati.

3. Waktu Dibukanya Pintu Taubat

Telah melakukan kesalahan besar dan ingin melakukan tobat setulus-tulusnya? Jangan lewatkan kesempatan dibulan ramadhan ini. Karena waktu-waktu inilah pintu taubat dibukakan dengan seluas-luasnya. Terlebih lagi, jika Anda melakukan pertaubatan tersebut dengan keikhlasan sepenuh hati.

4. Puasa Di Bulan Ramadhan Bagaikan Puasa Sepuluh Bulan

Maksud dari pernyataan ini adalah puasa yang dilakukan selama bulan ramadhan akan dihitung atau dinilai bagaikan puasa selama sepuluh bulan. Hal ini seperti yang telah dijelaskan dalam HR. Muslim dan HR. Ahmad. Namun untuk mendapatkan pahala secara maksimal, jangan lupa untuk menjalankan puasa selama enam hari setelah shalat Id. Di mana puasa ini dikenal dengan nama puasa syawal.

BACA  Wow, Inilah Menu Berbuka Puasa Untuk Orang Diet!

5. Umrah di Waktu Ramadhan Pahalanya Sama Seperti Lakukan Ibadah Haji

Bagi yang memiliki keinginan untuk Umrah pada bulan ramadhan, jangan lewatkan kesempatan tersebut. Karena menurut HR. Muslim dan Bukhari, menjalankannya di waktu Ramadhan sama dengan melakukan ibadah haji. Jadi, jika memang kesempatan Umrah yang ada bertetapan dengan bulan ramadhan, jangan ragu untuk menjalankannya.

6. Waktu Diturunkannya Al-quran

Belum mengetahui waktu diturunkannya Al-Quran? Al-quran diturunkan pada saat malam Lailatur Qadar. Di mana malam Lailatur Qadar sendiri terjadi pada saat bulan ramadhan. Jika sudah mengetahuinya segeralah perbanyak membaca Al-quran pada saat bulan ini. Agar pahala yang didapatkan semakin bertambah. Tidak hanya itu, membaca Al-quran juga akan membawa Anda ke arah hidup yang lebih baik.

7. Memperbanyak Perbuatan Baik

Seperti yang telah diketahui, bulan ramadhan adalah bulan yang baik untuk menambahkan pahala. Oleh karenanya, jangan ragu untuk melakukan banyak perbuatan baik untuk semua orang. Bukan hanya mendapatkan pahala, perlakuan baik juga akan memberikan dampak bagi ampunan Tuhan pada Anda. Serta, memberikan banyak kemudahan-kemudahan dalam menjalankan segala pekerjaan dan urusan.

8. Puasa Ramadhan Sebagai Sebab Terhapusnya Dosa Setahun yang Lampau

Seiring berjalannya waktu, tentu banyak kesalahan baik yang disadari atau tidak telah Anda lakukan. Untuk menghapuskan segala hal dosa yang telah dilakukan tersebut, dapat dilakukan dengan menjalankan ibadah puasa. Hal inilah yang menjadi keistimewaan dan kerinduan banyak orang untuk melakukan ibadah puasa. Untuk lebih meyakinkan dalam melakukannya, cobalah buka HR. Muslim untuk mendapatkan keshahihannya.

9. Pahala yang Berlipat Ganda

Inilah alasan mengapa Anda harus berlomba-lomba dalam mencari pahala di waktu ramadhan. Alasan terbesarnya adalah adanya nilai pahala yang berlipat ganda. Bagaimana cara mencari pahala dibulan ramadhan? Banyak hal yang dapat dilakukan, contohnya berbuat baik pada semua orang, menjalankan ibadah wajib dan sunnah, berbagi untuk sahur ataupun buka pada kaum dhuafa, dll. Lakukan hal-hal kecil lainnya untuk memberikan dampak besar bagi hidup.

10. Menjalankan Rukun Islam yang Ke-empat

Seperti yang diketahui, Islam memiliki lima rukun yang diharus dijalankan oleh setiap pemeluknya. Dan di poin ke empat berisikan perintah untuk menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Menjalankan perintah ini, berarti Anda telah menjalankan salah satu rukun Islam. Dan akan mendapatkan pahala seperti yang telah dikatakan pada poin-poin sebelumnya.

BACA  Kiat Jitu Agar Mudah Mendapatkan Pekerjaan

11. Menjalankan I’tikaf

Kebiasaan menjalankan I’tikaf biasanya dijalankan oleh kaum lelaki, namun bukan berarti kaum ibu dilarang untuk menjalankanya. Di zaman sekarang ini, i’tikaf biasanya dilakukan selama beberapa hari, utamanya untuk mendapatkan malam Lailatur Qadar. Menjalankan I’tikaf sama artinya memutus hubungan dengan aktivitas duniawi selama beberapa. Dan memberikan waktu sepenuhnya untuk Allah dan menjalankan segala perintahnya dengan lebih khusyuk.

12. Shadaqah

Dalam menjalankan ibadah puasa, jangan lupakan pula untuk memberikan shadaqah atau sedekah. Sedekah yang diberikan beragam bentuknya, sebut saja untuk memberikan uang, makanan ataupun bantuan lainnya. Berikanlah sedekah yang telah diniatkan tersebut untuk mereka-mereka yang membutuhkan. Karena dengan melayani orang yang berkebutuhan sama halnya Anda telah melayani Allah melalui mereka.

13. Bulan yang Mengajarkan Sabar dan Takwa

Dalam bulan ramadhan, umat Islam diharuskan untuk menahan hawa nafsunya, termasuk untuk bersabar dalam segala sesuatunya. Menjalankan ibadah puasa juga akan memberikan pengajaran takwa untuk umat, sehingga umat dapat lebih beriman pada Allah. Nilai-nilai yang ditanamkan pada bulan puasa ini diharapkan dapat terus dibawa hingga bulan-bulan seterusnya. Dan umat dapat bertahan akan setiap masalah dan ujian yang diberikan.

14. Menjalankan Shalat Malam/Tarawih

Pada poin sebelumnya telah dijelaskan tentang menjalankan shalat wajib dalam bulan puasa. Perlu ditambahkan bahwa dalam ibadah puasa, terdapat shalat Tarawih yang dilaksanakan setelah menjalan buka puasa. Bagi Anda yang ingin terus menambah pahala dan benar-benar ingin berfokus ibadah jangan lewatkan kesempatan untuk bertarawih. Karena menurut HR. Ahlus Sunan menjalankannya sama dengan menjalankan pahala shalat sepanjang malam.

15. Bersungguh-Sungguh Dalam Membaca Al-Quran

Pernah mendengar tentang perintah “Iqro”? bila iya, jalankanlah perintah tersebut, terlebih lagi menjalankannya di bulan ramadhan. Menjalankannya di masa ramadhan akan memberikan pahala yang berlipat ganda. Selain itu, membaca Al-quran akan membuat lebih bertekun dan meningkatkan keimanan Anda.

Itulah beberapa keutamaan bulan suci ramadhan, kiranya informasi ini dapat menambahkan informasi Anda. Serta, memberikan pahala lebih untuk dapat menjalankan ibadah ramadhan dengan lebih baik.

tags: