Cara Cek Saldo Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mudah

Sunday, January 7th 2018. | Tips dan Trik


Jamsostek saat ini berubah nama menjadi BPJS ketenagakerjaan yang masih sama fungsinya. BPJS ini sangat membantu para pekerja dengan memberikan rasa aman dan nyaman dalam hal asuransi. Semua pekerja yang tergabung dalam perusahaan wajib untuk registrasi BPJS Ketenagakerjaan. Sebagian besar iuran pekerja merupakan kewajiban dari perusahaan sebagai fasilitas yang diberikan untuk pekerja. Berikut cara cek saldo Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan paling lengkap.

Saat ini BPJS memberikan fasilitas berupa jaminan hari tua untuk para penggunanya. Namun, banyak dari para pekerja yang kurang mengerti mengenai cara cek saldonya. Untuk itu, Artikel ini akan membahas lengkap mengenai cara cek saldo untuk Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan secara lengkap. Ada beberapa cara untuk melakukan cek saldo.

Cara Melakukan Cek Saldo Untuk Jamsostek/BPJS TK

Dalam melakukan cek saldo ini terdapat beberapa cara baik untuk secara manual ataupun dengan menggunakan teknologi terbaru yang sudah ada. Berikut cara cek saldo bpjs lengkap.

1. Cek saldo dengan online

cara cek saldo jamsostek, cara cek saldo BPJS KetenagakerjaanCak saldo jamsostek secara online merupakan suatu kemudahan yang diberikan oleh bagian pelayanan bpjs kepada penggunanya. Penggunaanya pun sangatlah mudah yaitu :

  • Akses situs resmi cek saldo bpjs
    Tahapan pertama dalam cek saldo dengan online adalah melalukan akses terhadap situs yang dituju yaitu dengan alamat https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs. Setelah itu tunggu hingga semua informasi dan laman tersebut telah selesai diakses. Anda akan melihat beberapa informasi dan kolom yang tersedia. Jika terjadi galat pastikan koneksi internet dalam keadaan baik serta menggunakan browser yang terbaru.
  • Login menggunakan akun
    Selanjutnya melakukan login sesuai dengan data yang anda miliki. Pada laman yang telah diakses akan terdapat form bertuliskan login dan berisikan mengenai email dan pin untuk akses masuk. Email ini merupakan userid yang telah anda daftarkan dan untuk pin merupakan PIN yang telah dikirimkan melalui email. Jika anda belum memiliki akun untuk login silahkan lakukan registrasi terlebih dahulu.
  • Klik cek saldo
    Setelah anda kliklogin maka akan dialihkan menuju laman yang berisikan informasi data diri kepemilikan akun dan terdapat bermacam-macam pilihan. Pada pilihan tersebut cari menu bertuliskan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dan klik menu tersebut. Selanjutnya anda akan mendapati informasi mengenai saldo anda dan juga beberapa informasi tambahan seperti pemasukan dan pengeluaran.

2. Menggunakan BPJSTK Mobile

BPJSTK Mobile, cara cek saldo jamsostek bpjs ketenagakerjaanKemajuan teknologi menuntut manusia untuk menjadi lebih berkembang. Dalam hal ini cek saldo Bpjs dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi BPJSTK. Aplikasi ini tersedia di playstore dan apps store dan dapat digunakan secara gratis. Cara cek saldo jamsostek di hp tentu juga sangat mudah. Cara penggunaanya yaitu :

  • Buka aplikasi BPJSTK
    Tahapan pertama dalam cara cek saldo Jamsostek/BPJS ketenagakerjaan menggunakan aplikasi adalah membuka aplikasi bpjstk mobile baik untuk ponsel android maupun ios. Pastikan untuk menggunakan sistem operasi android dan ios yang terbaru dan memiliki banyak ruang kosong sehingga aplikasi ini bisa berjalan dengan baik. Jika terdapat eror saat membuka coba lagi dengan menginstal ulang aplikasi tersebut.
  • Login akun
    Selanjutnya melakukan tahapan login dengan email dan pin yang telah anda daftarkan. Anda juga dapat melakukan login dengan menggunakan akun google yang telah didaftarkan. Pastikan untuk koneksi internet anda berjalan dengan baik dikarenakan terdapat banyak orang yang mengakses server tersebut.
  • Pilih Informasi yang dibutuhkan
    Setelah login maka aplikasi tersebut akan memberikan informasi mengenai data kepemilikan akun serta terdapat beberapa informasi seperti cek saldo dan rincian saldo serta klaim saldo bpjs ketenagakerjaan. Untuk cek saldo cukup dengan klik cek saldo maka akan terlihat jumlah saldo yang terdapat pada akun anda. Dan jika ingin melakukan pencairan dapat dilakukan dengan memilih klaim saldo.
  • Logout akun
    Jika dirasa cukup menggunakan aplikasi ini jangan lupa untuk melakukan logout akun pada aplikasi ini. Dengan cara kembali ke menu utama dan klik tombol keluar. Dan disarankan untuk dapat menghapus data aplikasi melalui pengaturan aplikasi yang tersedia. Hal ini dilakukan untuk menghidnari penggunaan oleh oknum-oknum jahil yang tidak bertanggung jawab.
BACA  Banyak Minum Air Putih Bikin Cantik Loh!

3. Cek saldo BPJS secara manual

Bpjs Ketenagakerjaan, cara cek Bpjs Ketenagakerjaan, cara cek saldo Bpjs Ketenagakerjaan, cara cek jamsostek, cara cek saldo jamsostekSelanjutnya mengenai cara cek saldo Jamsostek/BPJS ketenagakerjaan dengan cara manual. Cara yang manual tentu perlu beberapa persyaratan dalam pengajuannya. Berikut cara manual cek saldo bpjs yaitu :

  • Membawa kartu identitas
    Persyaratan yang wajib dibawa untuk melakukan cek saldo bojs adalah membawa kartu identitas. Kartu identitas dapat berupa KTP maupun SIM serta pasport yang masih berlaku. Kartu identitas ini nantinya digunakan untuk pembuktian asli atau tidaknya pemilik tersebut.
  • Menuju kantor cabang bpjs terdekat
    Tahapan selanjutnya yaitu menuju ke kantor cabang bpjs yang terdekat di kota anda. Dengan mengunjungi kantor ini tentu akan lebih banyak mendapatkan informasi yang anda butuhkan tidak hanya perihal cek saldo dan sebagainya.
  • Ambil nomor antrian menuju petugas
    Mengambil nomor antrian yang telah tersedia pada mesin antrian. Tunggu hingga giliran anda dipanggil. Sekiranya sudah dipanggil segera menuju ke petugas bpjs ketenagakerjaan dan sampaikan keperluan anda yaitu untuk melakukan cek saldo.
  • Cetak informasi saldo
    Petugas akan memberi tahu mengenai saldo yang tersedia pada bpjs ketenagakerjaan anda. Kemudian petugas menawarkan untuk melakukan percetakan informasi atau tidak. Jika memang diperlukan maka akan dilakukan percetakan mengenai jumlah saldo yang tersedia pada bpjs ketenagakerjaan anda.
BACA  Bagaimana Cara Mencari Pekerjaan Via Internet

4. Cek saldo menggunakan ATM

Kini cek saldo bpjs menjadi lebih mudah karena dapat dilakukan di atm berupa atm bni. Bpjs bekerjasama dengan bni melakukan program ini untuk mempermudah pengecekan saldo. Cek saldo dapat dilakukan kapan saja dan di atm bni mana saja. Cara cek saldo Jamsostek lewat atm juga tidak rumit. Berikut cara cek saldo Jamsostek/BPJS ketenagakerjaan melalui atm dengan cara :

  • Kunjungi atm bni terdekat
    Proses pertama adlah mengunjungi atm bni terdekat yang terdapat di kota anda. Atm bni ini harus yang berstatus aktif dan bisa digunakan. Lakukan pada jam kerja dan hindari larut malam hari karena proses maintance bisa terjadi kapan saja dan kemungkinan adalah pada larut malam.
  • Masukan kartu atm serta pin
    Masukan kartu atm bni dan pin yang anda gunakan untuk melakukan cek saldo. Untuk penggunaan fitur ini berarti kartu atm anda sudah harus terkoneksi antara bank bni dengan akun saldo bpjs ketenagakerjaan. Pastikan kartu atm anda dalam keadaan baik sehingga dapat digunakan.
  • Pilih menu cek saldo bpjs ketenagakerjaan
    Pada pilihan menu akan terdapat beberapa menu untuk penggunaan atm bni. Salah satunya akan terdapat menu untuk melakukan cek saldo bpjs milik anda. Tekan tombol pada menu tersebut dan secara otomatis akan terlihat jumlah saldo yang dimiliki akun anda.
  • Logout kartu ATM
    Setelah melihat akun saldo bpjs ketenagakerjaan maka jangan lupa untuk logout kartu atm. Untuk menghindari terjadinya penggunaan oleh tangan jahil pastikan kartu atm anda telah diambil dan tidak tertinggal.

Begitulah ulasan mengenai cara cek saldo Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan dengan lengkap. Semoga informasi diatas dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan cek saldo bpjs ketenagakerjaan. Ayo cek saldo Jamsostek anda sekarang juga !

tags: , , ,