Taman Alam Lumbini, Wisata Medan Berastagi, Wisata Murah Medan

Menikmati Pesona Wisata Medan Berastagi

Taman Alam Lumbini, Wisata Medan Berastagi, Wisata Murah MedanDaerah Wisata Medan Berastagi merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan yang ingin menikmati keindahan Sumatera khususnya bagian Utara. Wisatawan yang suka dan kagum oleh keindahan dataran tinggi Medan ini tidak hanya berasal dari negeri sendiri, menurut Dinas Pariwisata setempat banyak juga wisatawan asing terutama wisatawan yang berasal dari benua Asia dan Eropa sering kali datang ke Berastagi sepanjang tahunnya. Tidak heran, karena walaupun Berastagi hanya kota kecil yang berada di Medan tetapi memiliki segudang pesona khas dataran tinggi dan pesona yang unik yang membuat banyak orang ingin berkunjung.

Beberapa objek wisata seolah menggoda banyak orang jika kita mencari tahu apa saja yang ada di Berastagi. Mulai dari wisata alam, sampai wisata bangunan yang memiliki nilai eksotik, religi, dan nilai historis tersedia di sana. Pihak pemerintah dan masyarakat pun bersinergi agar kawasan wisata menjadi ramai dan semakin terkenal dari hari ke hari.

Seperti yang sudah disinggung tadi, Wisata Medan Berastagi memiliki sejumlah kawasan atau objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Objek wisata yang sangat terkenal di Berastagi yang pertama adalah Taman Alam Lumbini. Pernahkah anda mendengar objek wisata ini? Jika sudah pernah, pasti taman ini terkenal dengan Thailandnya atau juga Myanmarnya Indonesia. Menggapa bisa demikian? Taman Alam Lumbini memang sangat khas dengan negeri negeri tersebut karena memiliki pagoda atau kuil Budha.

Pagoda ini berwarna emas dan sangat tinggi. Bahkan, pagoda yang berada di desa Tongkeh, Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini merupakan pagoda yang paling tinggi yang ada di Indonesia. Taman Alam Lumbini ini dibuka untuk umum, apapun agama anda. Masyarakat desa pun sangat ramah dan toleransi terjaga dengan baik. Selain anda bisa melihat kemegahan dari Pagoda ini, anda bisa menikmati bagian taman lainnya karena secara total luas taman ini seluas 3 hektar. Disana terdapat juga jembatan gantung berwarna emas yang panjang dan kolam kolam ikan.

Tidak hanya Pagoda, Wisata Medan Berastagi menyimpan bangunan lagi yang juga digunakan untuk tempat wisata. Kali ini, wisatawan akan mendapat nilai historis dari Indonesia. Objek wisata bersejarah yang dimaksud adalah Rumah Pengasingan Soekarno. Ya, Indonesia memang merdeka tahun 1945. Tetapi setelahnya bukan berarti tidak ada masalah karena penjajah Belanda masih ingin menguasai NKRI. Akhirnya, presiden kita yang pertama dan juga Bapak Proklamator kita ditahan dan diasingkan ke Sumatera Utara oleh koloni Belanda. Tepatnya ada di Berastagi. Pihak Kabupaten dan Pemerintah Daerah setempat memang berniat untuk merawat rumah tersebut karena merupakan saksi bisu dan bahan untuk edukasi sejarah. Di depan rumah, ada patung Soekarno yang tinggi yang biasa digunakan untuk latar belakang mengambil gambar atau berfoto.

Puas dengan wisata bangunan yang unik dan bersejarah, wisatawan akan menikmati pesona wisata lain yaitu wisata alamnya. Wisata Medan Berastagi memiliki beberapa objek wisata alam yang mempesona, salah satunya adalah Air Terjun Sikulikap. Air terjun yang terletak di antara dua kabupaten yaitu Deli Serdang dan Karo. Tidak jauh dari Kota Berastagi, hanya sekitar sebelas kilometer saja sudah bisa memasuki kawasan Air Terjun Sikulikap. Keistimewaan dari air terjun ini adalah ketinggiannya yang mencapai 30 meter dan berada di kawasan hutan pinus yang memiliki aroma harum khas. Selain air terjun, wisata alam lainnya yang cukup terkenal dari Berastagi adalah Danau Lau Kawar, Bukit Gundaling, Bukit Kubu, pemandian air panas Sidebuk Debuk, dan taman hutan rakyat.

Bagi anda para pembaca yang ingin pergi berwisata ke Berastagi, ada beberapa hal yang perlu di pahami. Beberapa hal yang harus anda pahami adalah sebagai berikut:

Suku Karo adalah suku yang sangat toleran. Jagalah toleransi apapun agama anda jika berkunjung kesana.

  • Adat dan kepecercayaan masih kental disana. Jika pergi berwisata, maka hormati adat dan patuhi aturan agar damai tetap terjaga.
  • Wisata ke Berastagi mudah dijangkau dari Kota Medan. Transportasi umumpun tersedia. Tetapi jika anda ingin lebih nyaman, anda bisa menyewa bus pariwisata privat.
  • Manfaatkan jasa biro pariwisata untuk kemudahan jika anda tidak memiliki rekanan di sana dan baru pernah datang ke Berastagi.

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, maka kegiatan Wisata Medan Berastagi akan menjadi nyaman, aman, dan tentu mendapatkan pesona yang indah dari Tanah Karo.



You May Like Also

2 thoughts on “Menikmati Pesona Wisata Medan Berastagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *