Cara Merawat Anakan Lovebird untuk Pemula


Merawat Burung Lovebird, Burung Lovebird, Lovebird, perawatan lovebird, perawatan harian lovebird,Cara merawat anakan Lovebird pada dasarnya cukup mudah. Hal ini dikarenakan Lovebird merupakan jenis burung yang memiliki tingkat ketahanan hidup yang cukup tinggi sehingga sangat mudah untuk dibudidayakan.

Meskipun begitu, jika aktivitas perawatan anakan Lovebird tidak dilakukan dengan baik, tetap saja proses pertumbuhan anakan tidak akan bisa berlangsung dengan baik. Atau dalam kondisi tertentu (dengan aktivitas perawatan yang ekstrim), anakan Lovebird bahkan bisa mengalami kematian.

Nah, untuk Anda para peternak Lovebird pemula yang saat ini sedang menjalankan aktivitas perawatan anakan lovebird, berikut merupakan sedikit panduan cara merawat anakan Lovebird yang bisa Anda jadikan sebagai panutan:

Panduan Cara Merawat Anakan Lovebird
Aktivitas perawatan anakan burung Lovebird pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan aktivitas perawatan anakan burung yang lainnya.

Dalam hal ini, agar proses pertumbuhan burung bisa berjalan dengan baik, peternak wajib melakukan beberapa tindakan perawatan, seperti pemberian pakan, pembersihan sarang, dan juga pemberian vitamin.

Pemberian Pakan dan Vitamin
Aktivitas pemberian pakan anakan Lovebird cenderung sangat berbeda dengan aktivitas pemberian pakan burung Lovebird dewasa. Jika dalam aktivitas pemberian pakan burung Lovebird dewasa peternak hanya perlu meletakkan pakan di tempat pakan nya saja, aktivitas pemberian pakan burung Lovebird anakan harus dilakukan seperti yang dilakukan oleh indukan nya, yaitu dengan jalan melolo (menyuapi) nya.

Penting untuk diketahui, aktivitas pemberian pakan oleh peternak sebaiknya baru dilakukan ketika anakan telah berusia kurang lebih 10 hari, yaitu ketika anakan sudah mulai bisa dipisahkan dari indukan nya.

Sebelum mencapai usia 10 hari, anakan Lovebird harus dibiarkan untuk belajar makan dari indukan nya. Disamping itu, dalam kurun waktu sekitar 1-3 hari anakan lovebird biasanya juga masih memiliki cadangan makanan yang didapat nya ketika masih berada di dalam telur.

Pakan yang Digunakan
Selain harus diberi makan dengan cara dilolo, pakan yang diberikan pada anakan Lovebird juga harus dibedakan dengan pakan burung lovebird dewasa. Hal ini perlu dilakukan karena sistem pencernaan anakan lovebird normalnya hanya bisa memproses bahan makanan yang lembut saja.

Beberapa jenis bahan makanan yang dapat diberikan dan juga sering digunakan oleh para peternak lovebird profesional adalah bubur bayi, beras merah yang telah dihaluskan, dan juga bubur SUN.

Semua bahan pakan tersebut biasanya akan dicampur dengan bahan pakan lainnya seperti voer ayam dan juga vitamin. Untuk perbandingan pencampuran nya sendiri, Anda dapat menggunakan angka perbandingan 1:2 (untuk bubur dan voer ayam).

Jadwal Pemberian Pakan dan Vitamin
Agar tingkat probabilitas hidup anakan Lovebird bisa lebih tinggi dan proses pertumbuhan juga berjalan dengan optimal, peternak tidak boleh membiarkan anak lovebird kelaparan (yang ditandai dengan tembolok nya yang kosong).

Dalam hal ini, peternak harus rajin melihat kondisi tembolok anakan Lovebird, yang dilanjurkan dengan memberi nya makan ketika tembolok nya kosong.

Setelah usia anakan Lovebird telah menginjak 15 – 20 hari, aktivitas pemberian pakan anakan Lovebird dapat mulai dikurangi dan dapat dilakukan secara teratur setiap 4 jam sekali.

Pembersihan Sarang
Agar anakan Lovebird terhindar dari berbagai macam penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri dan kotoran yang ada di sarang nya, peternak wajib membersihkan sarang anakan Lovebird secara rutin dan teratur setidaknya setiap 2 – 5 hari sekali.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai cara merawat anakan Lovebird yang bisa kami bagikan kepada Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

    cata melolo anakan love bird, Panen anakan lovebird untuk pemula