Cara Meracik Makanan Anakan Lovebird yang Bagus

Merawat Anakan Lovebird, Cara Merawat Anakan Lovebird, Makanan Anak Lovebird

Makanan anakan Lovebird harus dibedakan dengan makanan lovebird dewasa. Hal ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan manusia yang membedakan makanan orang dewasa dengan makanan bayi.

Pembedaan ini tidak lain dan tidak bukan dilakukan karena sistem pencernaan anakan lovebird pasti belum begitu sempurna (belum sama dengan sistem pencernaan burung lovebird dewasa), sehingga pakan yang diberikan pun harus yang mudah dicerna.

Bagi para peternak lovebird yang sudah berpengalaman, aktivitas peracikan makanan anakan lovebird tentu nya bukan lagi hal yang baru bagi mereka. Dalam ha lini, merek pasti sudah sangat paham dan tidak lagi merasa kesulitan.

Hal ini jauh berbeda dengan para peternak lovebird yang masih pemula. Aktivitas peracikan pakan anakan lovebird pasti merupakan hal yang cukup sulit dan juga meresahkan. Pasalnya, jika aktivitas peracikan tidak dilakukan dengan benar, bisa – bisa anakan lovebird tidak akan tumbuh dengan baik, atau dalam kondisi tertentu bahkan bisa mengalami kematian.

Advertisement

Nah, untuk Anda para peternak lovebird pemula, berikut merupakan sedikit panduan cara meracik makanan anakan lovebird yang bisa Anda jadikan sebagai panutan:

Pilih Bahan Pakan yang Akan Digunakan
Agar kebutuhan nutrisi tubuh anakan lovebird bisa terpenuhi dengan baik, peternak harus memberikan makanan yang mengandung semua bahan nutrisi yang dibutuhkan oleh anakan lovebird.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada parameter pasti yang dapat menjelaskan secara gamblang mengenai jenis – jenis nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh anakan lovebird.

Sebagai gantinya, para peternak lovebird yang sudah berpengalaman biasanya menggunakan parameter kebutuhan nutrisi anakan ayam broiler (yang notabene sama – sama unggas), atau langsung menggunakan bahan pakan yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap.

Nah, dari sekian banyak jenis bahan makanan yang bisa diberikan untuk anakan lovebird, mayoritas peternak lovebird yang telah berpengalaman cenderung lebih banyak yang menggunakan bahan makanan bayi manusia. Hal ini dikarenakan bahan makanan bayi cenderung memiliki komposisi nutrisi yang jauh lebih lengkap dari bahan makanan yang lainnya.

Beberapa bahan makanan bayi yang sering digunakan sendiri adalah bubur SUN, bubur bayi rasa kacang hijau, dan juga bubur bayi dari bahan beras merah.

Sebagai pelengkap, para peternak terkadang juga sering menggunakan bahan makanan tambahan seperti voer ayam dan juga vitamin khusus untuk unggas.

Proses Peracikan Bahan Makanan Anakan Lovebird
Setelah semua bahan makanan yang dibutuhkan berhasil didapatkan, peternak dapat langsung mencampurkan semua bahan makanan tersebut dan menghaluskan nya menjadi bubur pakan yang mudah dicerna oleh anakan lovebird.

Dalam tahap ini, agar aktivitas pencampuran bisa berjalan dengan lebih halus dan merata, peternak dapat menggunakan bantuan mesin penghalus makanan berupa blender atau pun mixer.

Untuk perbandingan campuran antar bahan pakan nya sendiri, para peternak yang sudah berpengalaman biasanya menggunakan angka perbandingan bahan bubur bayi dengan voer ayam sebesar 1:2.

Sedangkan untuk vitamin, para peternak biasanya tidak menggunakan takaran pasti, dan selalu berubah – ubah sesuai dengan usia anakan lovebird. Meskipun begitu, normalnya, takaran vitamin yang diberikan tidak lebih dari 5 persen dari total takaran pakan yang dibuat.

Terakhir, agar makanan anakan lovebird yang telah dibuat tidak banyak terbuang, aktivitas peracikan pakan sebaiknya tidak dilakukan dalam volume yang terlalu besar. Usahakan, pakan yang sudah dibuat tidak tertahan selama lebih dari dua hari.

Nah, itulah sedikit tulisan mengenai panduan cara meracik makanan anakan lovebird yang bisa kami bagikan kepada Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

About Wawan 400 Articles
Ngeblog bukanlah sesuatu yang baru untuk saya, tetapi sudah menjadi rutinitas saya setiap hari. Saya sangat senang menulis tentang informasi Smartphone, Tablet PC, Laptop, dan lain sebagainya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*