Spesifikasi dan Harga Motor BMW G310R


Seakan ingin mengubah tradisi, BMW baru – baru ini tengah mengenalkan sepeda motor sport ber-cc menengah, yaitu BMW G310R. Seperti yang telah kita ketahui bersama, BMW selama ini hanya mengeluarkan sepeda motor berkapasitas mesin raksasa saja dan sama sekali tidak bergerak di kelas sepeda motor berkapasitas kecil.

Kabar nya, untuk memproduksi varian sepeda motor ini, BMW tengah bekerja sama dengan pabrikan sepeda motor asal India, yaitu TVS India. Kerja sama ini sedikit banyak nya telah menimbulkan tanda tanya besar di kalangan masyarakat mengingat BMW biasa nya hanya bekerja sama dengan perusahaan – perusahaan ternama dan produk nya merupakan produk premium. Sedangkan TVS India sendiri merupakan perusahaan yang masih tergolong baru dan mayoritas produk nya merupakan produk sepeda motor ekonomis yang cenderung lebih diperuntukkan ke masyarakat lapisan menengah ke bawah.

Lantas, seperti apakah spesifikasi BMW G310R hasil kerja sama antara BMW dan TVS India ini? Dan berapakah harga jual yang ditetapkan oleh dua pabrikan sepeda motor berstandar internasional ini? Berikut informasi lengkap nya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:

Spesifikasi Motor BMW G310R

Desain
Mengusung desain model naked bike, sepeda motor BMW ini memiliki desain yang sangat keren dan cukup memukau. Jika dilihat sekilas, sepeda motor ini memiliki desain tampilan yang sangat mirip dengan desain tampilan sepeda motor Er-6n milik Kawasaki.

Di bagian suspensi depan, sepeda motor ini mengandalkan sistem suspensi model upside down dengan kelir dominan emas.

Untuk ukuran dimensi nya sendiri, sepeda motor ini memiliki panjang 1988 mm dan lebar 896 mm. Dengan ukuran yang tergolong cukup besar seperti ini, bobot total sepeda motor ini mencapai 158,8 kg.

Jika dinilai sekilas dari desain fisik nya, diprediksi sepeda motor ini akan terasa sangat nyaman untuk dikendarai. Hal ini dikarenakan perpaduan dan peletakan posisi tangki dan tempat duduk pada sepeda motor ini benar – benar sangat pas dan sinergis.

Disamping itu, model stang kendali yang diterapkan oleh BMW pada sepeda motor ini juga menganut model stang lebar, sehingga pasti akan terasa jauh lebih nyaman dan juga jauh lebih mudah untuk dikendalikan.

Dapur Pacu
Berbicara mengenai dapur pacu, sepeda motor ini sebenarnya banyak mengherankan para pecinta dunia otomotif, terutama para pecinta produk premium BMW. Pasal nya, sejauh ini BMW belum pernah mengeluarkan sepeda motor ber-CC kurang dari 500. Disamping itu, proses produksi sepeda motor ini juga diserahkan pada TVS yang notabene belum memiliki banyak pengalaman dalam proses produksi sepeda motor ber-CC besar.

Meskipun begitu, di atas kertas, kemampuan dapur pacu sepeda motor ini terbilang cukup liar. Berbekal mesin berkapasitas 313 cc 4 tak satu silinder, BMW mengklaim sepeda motor ini mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 34,5 Ps di putaran mesin 9500 rpm, dan torsi maksimal sebesar 27,9 Nm di putaran mesin 7500 rpm.

Untuk sistem transmisi nya sendiri, BMW menggunakan sistem transmisi constant mesh 6 percepatan.

Harga BMW G310R
Jauh berbeda dengan kebanyakan sepeda motor buatan BMW yang lain nya, dimana biasa nya selalu dibanderoli dengan harga jual yang luar biasa mahal, sepeda motor BMW G310R ini hanya dibanderoli dengan harga jual sebesar 4.995 euro saja, atau sekitar 76 jutaan rupiah.

Dengan harga jual ini, diprediksi sepeda motor ini akan sangat laris di pasaran, terutama untuk pasar Asia dan Eropa yang notabene sangat suka dengan sepeda motor naked bike ber-cc sedang.