Potensi Usaha Ternak Kambing di Indonesia


Potensi usaha ternak kambing di Indonesia benar – benar masih sangat menjanjikan. Jika Anda ingin menjalankan usaha ternak kambing, maka sekarang adalah saat yang sangat tepat bagi Anda untuk segera memulai nya.

Nah, berbicara mengenai potensi usaha peternakan kambing, berikut merupakan beberapa poin penting yang bisa digunakan sebagai bukti penunjuk bahwa peluang usaha peternakan dan budidaya kambing di Indonesia benar – benar masih sangat menjanjikan.

Potensi Usaha Ternak Kambing di Indonesia

Ternak Kambing, Cara Ternak Kambing, Budidaya Kambing, Usaha Ternak Kambing, Potensi Ternak Kambing, Potensi Usaha Ternak Kambing di Indonesia

1. Letak Geografi Indonesia Sangat Mendukung

Indonesia merupakan Negara beriklim tropis. Di Indonesia, peternak dapat menemukan pakan hijauan sepanjang tahun. Disamping itu, pasokan air yang dibutuhkan oleh ternak kambing juga bisa didapatkan dengan mudah.

Jika ditinjau dari letak geografis nya, Indonesia benar – benar sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu sentra peternakan kambing dunia.

2. Lahan Kosong di Indonesia Masih Sangat Luas

Selain sangat mendukung dari segi geografi, Indonesia juga memiliki wilayah daratan yang sangat luas. Dan dari wilayah daratan tersebut, lebih dari setengah nya masih belum termanfaatkan dengan baik.

Nah, di wilayah daratan yang belum termanfaatkan tersebut, peternak kambing di dapat mendirikan kandang, menanam hijauan pakan ternak, dan juga membuat padang sabana untuk tempat penggembalaan kambing. Sangat potensial bukan?

3. Masih Ada Gap antara Permintaan dan Penawaran Daging di Indonesia

Sampai saat ini angka permintaan dan penawaran daging di Indonesia masih belum seimbang. Jumlah permintaan daging di Indonesia masih jauh lebih besar dari jumlah penawaran daging yang tersedia. Dampaknya, kebutuhan daging di Indonesia pun belum bisa terpenuhi dari dalam negeri dan masih harus diimpor dari Negara tetangga.

Nah, jika berangkat dari poin ini, maka dapat dipastikan hingga beberapa puluh tahun yang akan datang, potensi usaha ternak kambing pedaging di Indonesia masih akan tetap menjanjikan (dengan asumsi pemerintah mau mengurangi keran impor daging dari Negara tetangga).

4. Kebutuhan Susu di Indonesia Masih Dipenuhi dari Luar Negeri

Sama seperti hal nya daging, kebutuhan susu di Indonesia sampai saat ini juga masih dipenuhi dengan cara impor dari luar negeri. Nah, karena kambing juga merupakan salah satu hewan ternak penghasil susu (dengan kualitas yang lebih baik dari susu sapi), maka dapat dipastikan potensi usaha ternak kambing perah di Indonesia masih akan tetap menjanjikan hingga kebutuhan komoditi susu terpenuhi.

5. Jumlah Penduduk Indonesia Terus Mengalami Pertumbuhan

Saat ini (Tahun 2016), jumlah penduduk Indonesia diperkirakan telah mencapai 250 juta jiwa. Angka ini akan terus mengalami peningkatan setiap tahun nya seiring dengan semakin banyaknya penduduk Indonesia yang ber-rumah tangga.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik sendiri, angka pertumbuhan penduduk di Indonesia masih lebih besar dari angka pertumbuhan normal sebesar 1 persen. Sehingga jika dikalkulasi, maka setiap tahun nya, jumlah penduduk Indonesia akan bertambah sekitar 2,5 juta jiwa.

Jika setiap jiwa per tahun nya mengonsumsi daging seberat 1 kg (angka konsumsi yang sangat kecil), maka per tahun nya, pertumbuhan kebutuhan daging di Indonesia berada di angka 25.000 ton. Sangat luar biasa bukan?

6. Gaya Hidup Masyarakat Indonesia Terus Bergeser ke Arah yang Lebih Sehat

Terakhir, disamping terus mengalami peningkatan dari segi jumlah, gaya hidup masyarakat Indonesia ke depan nya diprediksi juga akan terus bergeser ke arah yang lebih sehat.

Dalam hal ini, diprediksi angka konsumsi daging dan susu di Indonesia akan terus mengalami peningkatan. Dan jika angka konsumsi daging dan susu terus mengalami peningkatan, sudah pasti kebutuhan nya akan terus mengalami peningkatan dan potensi usaha ternak kambing pun akhirnya juga akan mengalami peningkatan.

    potensi ternak kambing