Panduan Praktis Cara Menanam Bunga Mawar dengan Metode Stek


Bunga Mawar, Menanam Bunga Mawar, Cara Menanam Bunga Mawar, Teknik Menanam Bunga Mawar, Cara Simpel Menanam Bunga Mawar, Cara Stek Bunga MawarCara menanam bunga mawar pada dasarnya cukup mudah. Hanya saja, karena tidak pernah dipelajari, banyak orang yang tidak mengetahui teknik menanam mawar yang baik.

Nah, untuk anda yang ingin menanam bunga mawar di pekarangan rumah, tapi tidak mengetahui cara nya, berikut merupakan panduan praktis cara menanam bunga mawar dengan metode stek yang bisa Anda coba ikuti:

Pemilihan Batang untuk Stek
Karena sistem budidaya yang digunakan adalah sistem stek batang, maka untuk bisa mendapatkan hasil berupa bunga mawar yang subur dan dapat berbunga lebat, Anda harus memilih batang bunga mawar yang sehat dan berbunga lebat.

Batang yang bagus untuk di-stek sendiri juga harus memenuhi kretria layak stek, yaitu tidak terlalu tua atau pun terlalu muda, berwarna hijau tua, dan sudah berdiameter sekitar 0,75 hingga 1 cm.

Tahap Pembibitan
Jika batang dengan kriteria di atas sudah ditemukan, selanjutnya Anda dapat memotong batang tersebut dengan panjang sekitar 4 – 7 cm. Untuk memudahkan aktivitas pemotongan, Anda kami sarankan untuk menggunakan gunting potong khusus bunga.

Selanjutnya, Anda harus mempersiapkan wadah tanam berupa polybag yang diisi dengan campuran media tanam berupa tahan hitam, pupuk kandang, dan pasir (dengan perbandingan 1:1:1).

Jika polybag sudah siap untuk ditanami, Anda dapat langsung menancapkan batang mawar yang telah dipotong sebelumnya dengan tingkat kedalaman sekitar 1 sampai 2 cm.

Penting untuk diketahui, selama masa pembibitan, batang mawar sebaiknya tidak terlalu sering disiram. Hal ini perlu dilakukan agar batang mawar tidak membusuk.

Tahap Persiapan Media Tanam
Sembari menunggu batang mawar di polybag tumbuh, Anda dapat mempersiapkan media tanam yang nantinya akan ditempatkan di pot.

Pada dasarnya, media tanam bunga mawar bisa menggunakan media yang sama dengan media pembibitan, hanya saja untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda kami sarankan untuk menggunakan media tanam baru berupa campuran kompos, tanah hitam, pasir, pecahan genting, dan sekam bakar.

Semua bahan untuk media tanam di atas nantinya akan dimasukkan ke dalam pot dengan urutan dari bawah ke atas: pecahan bata merah / genting, campuran kompos, pasir, dan tanah (dengan perbandingan campuran 2:1:3), dan terakhir ditutup dengan sekam bakar.

Tahap Pemindahan Bibit ke Pot
Tahap cara menanam bunga mawar yang selanjutnya adalah tahap pemindahan bibit ke pot.

Setelah batang mawar yang ditanam di polybag sebelumnya tumbuh, Anda dapat langsung memindahkan nya ke media tanam yang baru yaitu pot yang telah disiapkan sebelumnya.

Untuk memindahkan bibit bunga mawar dari plastik polybag ke wadah pot, Anda tinggal merobek plastik polybag lalu memindahkan semua tanah yang ada di polybag ke dalam pot yang telah disiapkan.

Perlu diketahui, agar mawar tidak layu, aktivitas pemindahan sebaiknya dilakukan di sore atau pun pati hari. Selain itu, sesaat setelah mawar dipindah, Anda juga harus melakukan penyiraman dengan air bersih hingga merata.

Pemeliharaan
Agar bunga mawar bisa tumbuh dengan subur dan berbunga dengan lebat, Anda wajib menjalankan dua aktivitas pemeliharaan yaitu aktivitas penyiraman dan aktivitas pemupukan.

Aktivitas penyiraman normal nya wajib dilakukan secara rutin setiap hari, yaitu di pagi atau pun sore hari. Sedangkan aktivitas pemupukan dapat dilakukan secara berkala setiap satu bulan sekali menggunakan pupuk komplit (dosis secukupnya).

Itulah sedikit panduan praktis cara menanam bunga mawar dengan metode stek yang bisa kami bagikan kepada Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!