Bagaimana Menu Berbuka Puasa Untuk Orang Diet?

menu diet, makana diet, menu berbuka untuk orang dietAnda menderita obesitas? Manfaatkan momen bulan puasa untuk menjalankan program diet alami dan sehat. Asalkan Anda mematuhi aturan dengan mengkonsumsi makanan sesuai dengan menu berbuka puasa untuk orang diet, niscaya Anda akan berhasil menurunkan berat Anda.

Program diet alami saat berpuasa telah dijalankan oleh banyak orang dan sebagian besar memperoleh keberhasilan. Perut yang awalnya membuncit  menjadi lebih langsing, dan berat badan bisa turun hingga lebih dari 5 kg.

Bulan Puasa, Saatnya untuk Diet

Seperti kita ketahui bahwa obesitas merupakan permasalahan kenaikan berat badan yang melebihi batas normaL Penderita obesitas memiliki resiko tinggi terkena penyakit diabetes, hipertensi, penyakit jantung, hingga disfungsi seksual.

Selain terancam beberapa penyakit serius, penderita juga akan terganggu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, seperti berjalan, duduk, membungkuk, hingga susah memilih ukuran baju yang pas. Secara penampilan pun penderita obesitas baik pria maupun wanita sama-sama terlihat kurang menarik, tidak ideal, dan terkadang juga dilecehkan orang. Anda tentu tidak ingin hal tersebut terjadi pada Anda bukan?

Nah, bulan puasa ini merupakan saat yang tepat bagi Anda untuk beribadah sekaligus menjalankan program diet. Untuk itu simak beberapa menu berbuka puasa untuk orang diet berikut ini!

1.    Buah Kurma dan Air putih
Buah kurma merupakan jenis makanan yang pertama kali Anda konsumsi saat adzan magribh telah terdengar. Meskipun raanya manis namun buah kurma tidak menimbulkan efek menaikkan gula darah secara drastis dan tidak menimbulkan resiko menaikkan berat badan. Buah ini justru merupakan sumber energi yang baik untuk orang yang sedang berpuasa, termasuk Anda yang sedang menjalani diet.

Setelah menikmati legitnya buah kurma, segarkan tubuh Anda dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 2 gelas sekaligus lalu segera laksanakan sholat maghribh.

2.    Karbohidrat kompleks
Menu selanjutnya adalah menu utama berupa karbohidrat komplek antara lain
– buah (jeruk, anggur, pir); bisa diukonsumsi secara langsung atau dibuat jus buah tanpa tambahan gula
– sayur-sayuran (kangkung, brokoli, kol, terong, kentang, wortel, bawang, selada, mentimun, seledri, dan asparagus); Anda bisa mengolahnya dalam bentuk sayur sop, gado-gado, lotek, pecel, atau dimakan langsung sebagai lalapan
– biji-bijian (gandum, beras merah); bisa dikonsumsi sebagai nasi dan lauk atau kue.
– kacang-kacangan (kedelai, kacang merah, kacang hitam, kacang hijau); cara pengolahannya bisa dalam bentuk minuman kacang hijau tanpa santan, kedelai rebus, dan sebagainya.

3.    Nasi dengan sedikit porsi dan lauk pauk
Apabila Anda berkeinginan menyantap nasi putih, bisa saja namun dengan porsi yang sangat sedikit, yaitu sebanyak 1 centong ditambah lauk berupa ikan/ dfaging ayam tanpa lemak/ daging sapi.

Namun yang paling dianjurkan adalah ikan tuna, ikan salmon, ikan haring atau  ikan tengiri karena beberapa jenis ikan tersebut mengandung zat antioksidan serta merupakan sumber protein, selenium, dan asam lemak omega 3 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk mengolahnya sebaiknya Anda mengukus atau memasaknya dalam sayur agar nutrisinya tidak banyak berkurang.

4.    Buah-buahan
Pada malam hari hindari makan camilan yang kurang sehat namun ganti camilan Anda dengan buah-buahan segar seperti pepaya, jeruk, pisang, anggur, apel, dan sebagainya. Buah-buahan bisa dikonsumsi secara langsung atau dibuat minuman jus buah.

5.    Minum air putih
Setelah sholat tarawih hingga menjelang tidur jangan lupa untuk minum air putih sebanyak tiga gelas agar terhindar dari dehidrasi.

Demikian menu berbuka puasa untuk orang diet. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!