Menyiapkan Menu Berbuka Puasa Untuk Orang Diet

Sunday, June 5th 2016. | Kesehatan


Menu Buka Puasa, Menu Berbuka Untuk Orang Diet, Menu Diet Saat PuasaPuasa merupakan ibadah yang dilakukan oleh umat Islam. Orang yang berpuasa tidak boleh mengkonsumsi makanan atau minuman apa pun selama kurang lebih 14 jam. Terlepas dari berbagai keutamaan bulan puasa, ternyata dunia kesehatan telah melakukan berbagai penelitian berkenaan dengan keuntungan puasa. Bahwa puasa termasuk program diet alami yang menyehatkan. Jadi orang yang ingin berdiet pada bulan puasa harus mengerti seperti apa menu berbuka puasa untuk orang diet.

Terdapat berbagai varian menu yang sesuai untuk program diet. Anda bisa memilih sesuai dengan selera Anda;

1.    Karbohidrat kompleks
Menu yang pertama kali Anda konsumsi saat berbuka adalah air putih, lalu dilanjutkan dengan mengkonsumsi  makanan yang mengandung karbohidrat komplek antara lain buah (jeruk, anggur, pir), sayur (kangkung, brokoli, kol, terong, kentang, wortel, bawang, selada, mentimun, seledri, dan asparagus), biji-bijian (gandum, beras merah), dan kacang-kacangan (kedelai, kacang merah, kacang hitam).

Berbagai jenis karbohidrat kompleks tesebut bisa Anda buat dalam bentuk jus sayur atau jus buah, dan bisa pula dibuat gado-gado, pecel, atau sop tanpa nasi.  Setelah selesai mengkonsumsinya, akhiri dengan meminum air putih sebanyak 2 gelas. Menu berbuka puasa untuk orang diet ini juga sesuai untuk penderita diabetes karena tidak menaikkan gula darah dengan cepat.

BACA  Cara Menghilangkan Kebiasaan Ngorok dan Ngiler

2.    Nasi dengan sedikit porsi dan lauk pauk
Setelah selesai menunaikan sholat magribh, Anda bisa segera menyantap makanan utama yang terdiri dari nasi putih atau nasi merah sebanyak 1 centong, ikan tuna (bisa diganti ikan salmon, ikan tengiri atau ikan haring).
Nasi mengandung karbohidrat, dan bagi Anda yang ingin menjalankan diet sambil berpuasa harus mengurangi jumlah porsi. Namun Anda jangan khawatir akan kekurangan gizi karena lauk yang Anda konsumsi akan tetap mendukung kecukupan gizi harian Anda.

Berbagai jenis ikan seperti ikan tengiri, ikan tuna, ikan haring, dan ikan salmon kaya akan antioksidan, protein, selenium, dan asam lemak omega 3. Mengkonsumsi ikan secara teratur sangat bermanfaat bagi kesehatan, antara lain menstabilkan kadar gula darah, serta mencegah terjadinya penyakit kanker dan penyakit jantung. Agar nutrisinya tidak banyak berkurang, disarankan untuk mengukus atau memasaknya dalam sayur saat pengolahannya.

3.    Ubi dan Sereal
Pada malam hari ketika perut Anda masih meraa lapar, hindari kebiasaan mengemil makanan berat seperti kue basah, namun gantilah dengan mengkonsumsi ubi rebus, sereal, kentang rebus atau jagung.

4.    Buah-buahan
Buah-buahan kaya akan serat dan mengandung berbagai vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Perbanyak konsumsi buah pada malam hari. Anda bisa mengkonsumsi buah secara langsung atau membuat jus buah tanpa gula. Buah mengandung gula alami, jadi Anda tidak perlu memberi tambahan gula.

BACA  Pentingnya Mengetahui Masa Subur Pria Agar Wanita Bisa Hamil

5.    Air putih
Minumlah air putih saat berbuka sebanyak 2 gelas, pada malam hari 3 gelas, dan pada dini hari saat makan sahur sebanyak 2 gelas. Kecukupan air putih akan mencegah terjadinya dehidrasi.

6.    Hindari makanan bersantan
Sebaiknya Anda menghindari sayuran berkuah santan atau makanan yanmg mengandung santan karena santan mengandung kadar lemak tinggi yang bisa memicu kenaikan berat badan, meningkat tekanan darah, dan juga meniingkatkan kolesterol darah.

Selain mengkonsumsi makanan sesuai dengan menu berbuka puasa untuk orang diet tersebut, agar diet Anda sukses imbangi dengan olahraga ringan sebelum berbuka puasa. Lakukan senam ringan, jogging, atau bersepeda secara rutin. Nah, selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

tags: , , ,