Tips Membuat Menu Berbuka Puasa Untuk Orang Diet

Puasa Ramadhan sebentar lagi tiba. Selama menjalankan ibadah ini kita umat muslim tidak diperkenankan makan dan minum. Dan aktivitas tersebut berjalan selama kurang lebih 14 jam. Wah, terbayang kan betapa tubuh akan kekurangan asupan nutrisi selama seharian penuh. Dalam hal ini kita bisa mensiasatinya dengan sajian menu-menu sehat agar tubuh tetap fit selama berpuasa.


Namun pada kenyataannya bulan puasa seakan merupakan momen bagi sebagian orang untuk berlomba-lomba makan, seolah merupakan sarana memanjakan diri setelah seharian tidak makan. Seharusnya hal itu tidak boleh terjadi karena selain merupakan ibadah, puasa sesungguhnya juga cara diet alami dan sehat.

Berpuasa Sambil Menjalankan Program Diet Sehat

Jadi bulan puasa juga merupakan saat yang tepat bagi Anda yang ingin menjalankan diet. Untuk itu Anda perlu tahu bagaimana sajian menu berbuka puasa untuk orang diet agar tidak keliru. Untuk itu simak yang berikut ini!

Minuman manis

Meskipun Anda sedang menjalankan program diet namun saat berbuka puasa Anda tetap disarankan untuk mengkonsumsi makanan/minuman yang manis untuk meningkatkan kadar gula darah. Ada berbagai pilihan minuman seperti teh manis, kolak, atau jus buah.  Anda bisa memilih minuman favorit Anda seperti kolak atau teh manis secukupnya saja namun yang lebih disarankan adalah jus buah.

Jus buah merupakan salah satu menu berbuka puasa untuk orang diet yang sehat. Buah kaya nutrisi dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kesehatan organ pencernaan.

Buah Kurma

Buah ini merupakan hidangan wajib pada bulan puasa. Memang tak salah karena buah ini merupakan sumber energi yang baik yang disarankan untuk dikonsumsi oleh orang yang berpuasa, ibu hamil dan menyusui, serta orang yang baru sembuh dari sakit.

Buah kurma juga mengandung berbagai vitamin dan mineral sehingga baik pula dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan diet karena tidak akan berpengaruh pada kenaikan berat badan.

Nasi dan lauk pauk dengan sedikit porsi

Dianjurkan bagi Anda untuk menyantap makanan utama setelah menjalankan sholat magribh. Aturan makannya adalah; nasi putih/nasi merah dengan porsi sedikit (sekitar 1 centong), dengan lauk pauk bisa berupa daging ayam tanpa lemak, ikan, atau tempe seecukupnya, dan sayuran seperti sayur lodeh, sayur sop, atau sayur bayam dengan porsi yang lebih banyak dari nasi. Anda juga bisa mengganti sayur berkuah dengan menu sayur lain seperti  lotek atau pecel.

Ubi dan Sereal

Pada malam hari sebaiknya Anda menghindari makanan berat seperti nasi atau kue-kue basah. Jika Anda masih merasa lapar bisa menggantinya dengan ubi rebus, jagung rebus atau sereal. Konsumsi jenis makanan tersebut lebih sehat dan sesuai untuk Anda yang sedang diet karena memiliki kadar lemak yang rendah namun mengenyangkan.

Perbanyak Konsumsi Buah

Sebaiknya hindari kebiasaan mengemil pada malam hari, namun gantilah dengan buah. Buah-buahan seperti pisang, melon, jeruk, semangka, atau pepaya tentu lebih baik dari pada camilan yang tidak sehat

Minum air putih

Jangan lupa untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari,  yaitu 3 gelas ketika makan sahur, 2 gelas ketika berbuka puasa, dan 3 gelas pada malam hari.  Hal ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

Demikian menu berbuka puasa untuk orang diet yang tersaji untuk Anda. Agar memperoleh hasil maksimal disarankan juga untuk melakukan olahraga ringan pada sore hari sebelum berbuka puasa, antara lain senam ringan, bersepeda, jogging, atau jalan-jalan. Semoga bermanfaat!