Inilah Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi

Menu Diet, Menu Diet Wanita, Menu Diet PuasaTak terasa bulan puasa sudah di depan mata. Bagi kita umat muslim bulan puasa adalah yang ditunggu-tunggu karena pada bulan tersebut segala amalan kita akan dilipatgandakan. Selain itu ada satu malam yang amat mulia yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu Malam Lailatul Qodar.


Wah, bagi ibu-ibu tentu saat ini sudah mulai sibuk merencanakan berbagai menu buka puasa sehat dan bergizi yang akan disajikan untuk keluarga tercinta. Jadi tidak hanya lezat saja namun harus sesuai dengan standar gizi agar badan tetap fit walau harus menahan lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam. Kira-kira menu seperti apa ya?Nah simak dong beberapa contoh menu buka puasa berikut ini!

Menu Buka Puasa Sehat agar Tubuh Tetap Fit

1. Kurma dan Jus Buah
Ketika suara adzan tanda berbuka puasa telah diperdengarkan, batalkan puasa Anda dengan meminum jus buah seperti jus melon, jus jeruk, jus mangga dan sebagainya. Kemudian dilanjutkan dengan mengkonsumsi buah kurma secukupnya. Sebaiknya jangan tergesa-gesa untuk menyantap makanan utama, namun laksanakan sholat maghrib terlebih dahulu.

Kurma yang kita kenal merupakan buah yang berasal dari Timur Tengah merupakan salah satu menu buka puasa sehat. Kurma merupakan sumber energi yang baik karena mengandung gula alami yang cukuptinggidalambentukglukosa, sukrosa, dan fruktosa. Kurma juga merupakan sumber serat pangan dan sumber vitamin dan mineral antara lainvitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, mangan, besi, tembaga,magnesium, dan fosfor.

Bagaimana dengan minuman segar seperti kolak atau es buah? Apabila Anda tidak memiliki penyakit apa pun (kesehatan normal) silahkan saja, namun jangan berlebihan karena jika terlalu berlebihan akan membuat perut Anda kenyang namun tidak terpenuhi standar gizi.

Makanan/minuman manis memang sangat dianjurkan dikonsumsi pertama kali saat berbuka puasa. Hal ini dimaksudkan agar segera menstabilkan energi/kadar gula darah. Namun apabila Anda merupakan pengidap diabetes jangan sekali-kali mengonsumsi kolak, es buah, atau pun teh manis. Akan jaun lebih baik jika Anda meminum jus buah tanpa penambahan gula.

2. Nasi
Setelah selesai menjalankan sholat magribh, saatnya bagi Anda untuk menyantap hidangan utama, yaitu nasi putih, nasi merah, atau nasi hitam. Beberapa jenis nasi tesebut tergolong sebagai karbohidrat komplek yang baik dikonsumsi oleh orang yang berpuasa.

3. Lauk-Pauk
Pilih jenis lauk yang mengandung protein seperti ikan, telur, daging ayam, dan sebagainya. Orang yang berpuasa butuh asupan protein yang cukup setelah seharian tidak mendapatkan nutrisi.

4. Sayuran
Menu yang sehat harus menyertakan sayur dalam penyajiannya. Anda bisa memilih menu sayur seperti sayur bayam, sayur sop, oseng kacang panjang, lotek, dan sebagainya.

5. Air Putih
Jangan lupa minum air putih sebanyak minimal 2 gelas untuk mendukung kecukupan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

6. Buah-buahan
Setelah menyantap makanan utama sebaiknya Anda berhenti dulu, jangan makan lagi. Jalankan kewajiban untuk sholat Isyak dan sholat sunnah Tarawih terlebih dahulu. Setelah menyelesaikan aktivitas ibadah tersebut silahkan Anda mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk, mangga, apel, sirsak, melon, semangka, pepaya, dan sebagainya.

Bolehkah jika pada malam hari menyantap camilan? Menyantap roti-roti kering atau basah boleh-boleh saja asalkan tidak berlebihan. Dan sebaiknya berhentilah makan sebelum pukul 10 malam agar organ pencernaan memiliki cukup waktu untuk beristirahat mengingat pada dini hari Anda harus bangun untuk makan sahur.

Demikian menu buka puasa sehat yang tersaji untuk Anda. Selamat berpuasa Ramadhan ya!