Bagaimana Cara Mencari Pekerjaan Via Internet

Lowongan Kerja
Lowongan Kerja

Lowongan Kerja, Cari Lowongan Kerja, Informasi Lowongan Kerja, Tips dan Trik Lowongan KerjaJalaberita.com – Bagaimana Mencari Pekerjaan di era saat ini dimana internet sudah mengambil alih beberapa bidang membuat banyak orang sudah beralih menggunakannya. Mulai dari bisnis online, memasarkan jasa serta mencari informasi seputar pekerjaan pun bisa dengan mudah dilakukan. Tentu saja, ini menjadi satu hal yang perlu disikapi terlebih bagi mereka yang masih terbilang pemula.

Pencarian informasi seputar lowongan kerja cukup tinggi. Ini bisa dilihat banyaknya tawaran yang diberikan oleh beberapa perusahaan yang bergerak di bidang yang berbeda. Mulai dari gaji yang tinggi, lokasi penempatan hingga syarat dan ketentuan yang ditetapkan sangat jelas diberikan. Hanya saja, kemudahan ini perlu diwaspadai karena banyak sekali pelaku yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan keinginan masyarakat dalam mencari informasi.



Untuk itu, beberapa tips sederhana di bawah ini bisa dijadikan sebagai acuan seperti :

Cek dan Ricek Perusahaan
Ini sangat penting agar Anda tidak terjebak dalam kasus penipuan. Saat ini, banyak sekali perusahaan yang mengatasnamakan perusahaan terkenal guna mendapatkan keterangan atau data pribadi. Untuk itu, sangat disarankan mencari informasi lebih lanjut tentang data, alamat serta kebenaran lowongan pekerjaan yang sedang dibuka.

Menyiapkan CV
Setelah Anda yakin jika perusahaan tersebut benar benar terpercaya, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan CV atau Curriculum Vitae. Untuk membuat kesan menarik di CV yang Anda buat, sebaiknya cari referensi yang tepat. Namun, bukan berarti Anda harus berbohong akan tetapi jadikan rekomendasi tadi sebagai acuan dalam membuat CV.

Update Data Pribadi
Facebook, twitter hingga instagram adalah media sosial yang kerap Anda gunakan sebagai alat untuk berkomunikasi dengan sahabat atau keluarga. Untuk itu, pastikan semuanya baik baik saja alias tidak pernah melakukan hal yang dianggap ‘buruk’ oleh perusahaan dimana Anda ingin melamar pekerjaan. Jika perlu, rapikan profil dengan lengkap agar pihak perusahaan mengetahui bahwa data yang diberikan adalah benar.

Selain hal diatas, mengirimkan surat lamaran melalui e-mail juga perlu diperhatikan etikanya agar tidak menimbulkan hal yang jelek di mata HRD. Dan jangan lupa, untuk selalu mengecek e-mail setiap hari agar segera mengirimkan balasan dengan cepat.