Cara Beternak Love Bird Untuk Para Pemula

anakan ternak lovebirth
anakan ternak lovebirth

Saat ini banyak wirausaha yang menjanjikan untuk anda sukses, salah satunya adalah dengan cara beternak lovebird. Salah satu burung indah yang banyak digemari para pecinta burung ini, akan menjadi bisnis terbaik untuk anda nantinya. Untuk para pemula, beternak blovebird ini mungkin masih akan menemukan kesulitan, terutama dalam membedakan lovebird betina maupun jantan. Namun untuk yang sudah berpengalaman mungkin akan sangat mudah beternak binatang yang satu ini untuk dijadikan bisnis yang menjanjikan.

Beberapa Cara Lengkap Beternak Lovebird Untuk Para Pemula

1. Memilih Jenis Kelamin
Untuk para ternak lovebird pemula, biasa nya susah untuk membedakan mana jantan dan betina. Bahkan kadang yang sudah mahir saja masih suka tertukar antara jantan dan betina.



Perbedaan lovebird betina dengan jantan
• Ukuran lebih besar dari jantan, namun kepalanya lebih kecil dari jantan
• Ukuran tulang panggul lebih lebar dari jantan, karena untuk bertelur nantinya
• Pada saat bertengger, kaki lovebird betina akan lebih renggang dibanding dengan jantan
• Namun terkadang lovebird jantan bisa saja berpasangan dengan jantan, dan sebaliknya. Bentuk tubuh lovebird betina biasa nya lebih bulat dan berisi, serta suara kekeknya lebih panjang.

2. Sesuaikan Usia Dan Memperhatikan Ciri ciri nya
Cara ternak lovebird agar cepat bertelur adalah dengan mengawinkan lovebird pas pada usia produksinya. Untuk jantan biasanya pada usia 8 bulan dan 1 tahun pada lovebird betina. Dan harus dipastikan burung tersebut sudah dewasa.

Ciri ciri jantan dewasa :
• Lovebird jantan telah siap untuk di kawinkan apabila terlihat telah menggesek gesekkan pantatnya pada sangkar. Jangan dibiarkan terlalu lama karena akan membuat lovebird jantan sulit kawin dengan lovebird betina nantinya.
• Ukuran supit urang yang lebih sempit dan akan lebih kaku

Ciri ciri betina dewasa :
• Kedua sayap lovebird betina sering dibentangkan dan bagian ekor seringkali diangkat ke atas. Itu pertanda betina siap untuk di kawinkan
• Ukuran supit urang lebar dan lebih lentur dibanding dengan jantan

3. Menyiapkan kandang ternak lovebird
Yang selanjutnya anda harus menyiapkan kandang ternak lovebird. Tempatkan lovebird jantan dan betina dalam satu sangkar agar lebih mudah untuk bertelur dengan membuat sangkar yang berukuran 40 x 40 x 50 x 50 x 50 cm. Jangan terlewat untuk membuat sarang telur dari kotak yang mempunyai ukuran 20 x 25 x 25 cm.

Isi dengan daun daun kering, rumput kering, ranting serta sobekan kain, tambahkan pula serbuk gergaji yang tidak terlalu bau, fungsi nya untuk menyerap sesuatu yang lembab, serta kotoran dari kedua lovebird tersebut. Jangan lupa juga untuk memberikan kayu kecil atau ranting untuk tempat lovebird bertengger.

ternak lovebird, cara beternak lovebird

4. Mulai Menjodohkan Lovebird
Untuk cara beternak lovebird bagi para pemula yang selanjutnya adalah mulai menjodohkan lovebird jantan dan betina, ini membutuhkan sedikit trik. Jangan langsung memasukkan lovebird jantan dan betina langsung dalam satu kandang lovebird ternak, karena nanti bisa saja saling berantem dan bahkan ada salah satu diantara mereka yang terluka akibat pertengkaran tersebut.

Namun dekatkan saja terlebih dahulu sangkar lovebird jantan dan betina pada saat dijemur. Biarkan mereka untuk saling mengenal terlebih dahulu. Lama kelamaan tingkat birahinya akan membaik dan membuat lovebird satu sama lain akhirnya berjodoh dan siap untuk dikawinkan di jadikan dalam satu sangkar

5. Proses Bertelur dan Mengerami
Ketika sudah berjodoh, maka tak lama kemudian lovebird betina akan bertelur. Sekali bertelur bisa 4 sampai 5 butir yang keluar. Namun jika kurang dari itu, bisa saja produksinya dikatakan kurang baik, atau mungkin saja lovebird betina masih dalam proses belajar bertelur. Hal ini bisa dikatakan wajar.

Telur tersebut akan di erami oleh lovebird betina selama 22 sampai 25 hari. Pada proses ini jangan terlalu sering di lihat, karena burung bisa menjadi stress dan tidak mau mengerami telur telurnya lagi. Namun ketika lovebird sudah terbiasa, di lihat terlalu sering tidak akan terjadi masalah apa apa.

6. Menyiapkan Pakan Anakan Lovebird
Untuk telur telur yang sudah di erami dan menetas, anda harus segera menyiapkan pakan bagi anakan lovebird tersebut. Apabila dibiarkan terlalu lama, maka bisa saja mati dan anda akan merugi karena tidak berhasil untuk peternakan lovebird ini. Memberikan makan lovebird ini juga tidak sembarangan, ada beberapa makanan untuk lovebird ini, yakni menyuapi dengan jagung muda. Atau bisa juga anda menggunakan por ayam daging untuk anakan lovebird agar lebih cepat besar dan bongsor. Tetapi tetap sediakan biji bijian mix karena itu pakan utama lovebird.

Beberapa cara beternak lovebird untuk para pemula diatas diharapkan mampu untuk membuat bisnis ternak lovebird anda berhasil. Selamat mencoba, semoga sukses.