Kamera Oppo F3 Plus VS Vivo V5 Plus, Lebih Bagus Mana?

oppo f3 plus vs vivo v5 plus
oppo f3 plus vs vivo v5 plus

Smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Tanpa smartphone, kita tidak akan dapat melakukan aktivitas digital yang hampir setiap hari kita lakukan; membuka media sosial, mencari segala informasi hingga ke hal-hal kecil seperti berkomunikasi dengan teman, saudara, kerabat, keluarga dan pasangan. Untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, yang mana tiap orang pasti berbeda, maka vendor smartphone gencar memasarkan produk-produk terbaru mereka yang diklaim memiliki fitur terbaik, salah satunya Oppo dan Vivo.

Kedua brand smartphone yang sekarang sedang populer ini sama-sama memiliki senjata pamungkas mereka. Oppo memiliki Oppo F3 Plus, sedangkan Vivo memiliki Vivo V5 Plus. Jika dibandingkan, bagaimana fitur kamera Oppo F3 Plus vs Vivo V5 Plus? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.



Perbedaan Oppo F3 Plus dan Vivo V5 Plus

Oppo F3 Plus

Salah satu vendor smartphone terkenal, Oppo, mengeluarkan jenis smartphone terbarunya yaitu Oppo F3 Plus. Smartphone ini memiliki keunggulan dalam hal kamera, yaitu dual camera yang dapat membuat foto yang dihasilkan menjadi lebih indah dan natural. Lalu, apa hebatnya fitur dual camera ini? Dual camera ini menangkap lebih banyak objek ke dalam foto atau yang dikenal dengan istilah wide-angle. Misalnya, saat groupie. Oppo rupanya paham jika banyak orang senang melakukan group selfie, oleh karena itu dengan dual kamera, jangkauan objek akan lebih luas. Sebelum membandingkan Oppo F3 Plus vs Vivo V5 Plus, mari kita simak fitur Oppo F3 Plus.

Oppo F3 Plus menggandeng Sony dalam dual kamera besutannya. Seperti yang kita tahu, Sony memang handal dalam masalah kamera dan multimedia. Sony IMX398 menjadi sensor utama kamera Oppo F3 Plus. Sensor ini dilengkapi dengan aperture F1.7 dan teknologi Dual PDAF, sehingga foto yang dihasilkan menjadi lebih jernih serta kamera smartphone ini cepat dalam menemukan fokus.

Kamera pada Oppo F3 Plus terbilang cukup baik dalam pengambilan gambar, meskipun begitu saat mengambil foto, subyek yang berada paling depan akan mendominasi kamera. Walaupun memang begitu lah karakter foto selfie, namun tetap saja harmonisasi subyek dan objek di dalam foto nantinya akan terlihat kurang pas.

Sebagai panduan Anda dalam memahami ponsel ini, berikut kami tampilkan spesifikasinya:

  • Processor: Qualcomm Snapdragon 653 octa-core, 1.95 GHz
  • RAM: 4 GB
  • Penyimpanan: 64 GB, micro SD maksimal 256 GB
  • Layar: JDI Incell ukuran 6 inch dengan resolusi 1.920 x 1.080 px
    2.5D Corning Gorilla Glass 5
  • Kamera: 16 MP dan dual kamera 16 MP + 8 MP (front camera, wide-angle)
  • Sistem operasi: Android Marshmallow 6.0.1
  • Kapasitas baterai: 4000 mAh
  • Sensor: accelerometer, fingerprint, , compass, gyro, proximity
  • Harga: Rp. 6.499.000

Vivo V5 Plus

Selain Oppo, Vivo juga memiliki smartphone terbaru yang tangguh dan performanya tak kalah dari Oppo F3 Plus. Ya, Vivo V5 Plus yang memiliki jargon ‘Perfect Selfie’ ini saat ini digandrungi banyak kalangan. Hampir sama dengan Oppo F3 Plus, kualitas hp Vivo V5 Plus ini menonjol dalam hal kamera. Kamera yang diusung oleh smartphone ini ialah dual kamera 20 megapixel plus 8 megapixel. Dari segi angka, Vivo memiliki resolusi kamera yang lebih besar. Namun, mari kita bahas apakah resolusi tersebut sepadan dengan hasil jepretan kamera Vivo V5 Plus?

Fitur kamera depan yang diusung salah satu vendor populer ini diantaranya modus bokeh, softlight dan shot-refocus. Modus bokeh memungkinkan Anda mengambil foto dengan memfokuskan detail objek, misalnya saat selfie, dan membuat background foto menjadi blur. Fitur softlight dapat membantu Anda mengambil foto dengan sangat baik di ruangan minim cahaya atau memiliki cahaya berbeda dari cahaya matahari (daylight). Lalu, fitur selanjutnya adalah fitur ajaib, dimana Shot-refocus dapat mengubah fokus objek pada gambar yang telah diambil.

Fitur lainnya dari kamera depan Vivo V5 Plus adalah beautification alias mode cantik, yang mana telah dikembangkan lebih powerful dari sebelumnya. Anda dapat menggunakan mode beautification ini untuk meratakan warna kulit, menghaluskan tekstur kulit dan mempertajam detail wajah Anda, dibantu dengan fitur lain seperti HDR, Bokeh dan Enhance Beautification.

Untuk kamera belakang, Vivo V5 Plus sudah dilengkapi dengan 16MP Rear Camera F/2.0 yang dapat mengambil gambar dengan fitur phase detection autofocus sehingga fokus yang dihasilkan dapat lebih jernih. Lalu untuk pengambilan video, kamera Vivo V5 Plus dilengkapi dengan beberapa mode seperti mode Night, PPT, Anti Shake, Slow, Ultra HD, Professional dan Time Lapse, dengan resolusi 4k.

Berikut ialah spesifikasi dari Vivo V5 Plus sebagai pelengkap komparasi Anda:

  • Processor: Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
  • RAM: 4 GB
  • Penyimpanan: 64 GB
  • Layar: IPS 5,5 inch, FHD 1080×1920 pixel, Gorilla Glass 5
    2.5D Corning Gorilla Glass 5
  • Kamera: 16 MP dengan phase detection focus + LED flash dan dual kamera depan 20 MP + 8 MP dengan f/2.0, sensor size ½.8’’, resolusi 1080px, LED softlight
  • Sistem operasi: FuntouchOS 3.0 (Android Marshmallow 6.0.1)
  • Kapasitas baterai: 3160 mAh
  • Harga: Rp. 5.499.000

Perbandingan Kamera Oppo F3 Plus vs Vivo V5 Plus

Saatnya membandingkan Oppo F3 Plus vs Vivo V5 Plus . Jika dilihat lebih detail, hampir beberapa fitur memiliki kapasitas yang sama, seperti penyimpanan (storage), sistem operasi, RAM dan lain sebagainya. Perbedaan mencolok terlihat pada bagian dual kamera depan, yang mana Vivo V5 Plus memiliki resolusi lebih besar yakni 20 MP. Selain itu, Vivo V5 Plus juga memiliki fitur yang sangat mendukung untuk selfie seperti HRD, beautification dan bokeh. Fitur softlight juga tersedia di smartphone ini, sehingga hasil selfie Anda akan lebih tajam. Shot-refocusnya pun dapat dikatakan sebagai fitur ajaib. Lain halnya dengan Oppo F3 Plus yang lebih menekankan pada group selfie, yang mana kameranya memiliki fitur wide-angle untuk mempermudah groupie tanpa menggunakan tongsis.

Kami pribadi menilai Vivo V5 Plus lebih worth it untuk dimiliki, selain resolusi dual kamera lebih besar, harganya pun lebih murah sekitar Rp. 1 jutaan dari Oppo F3 Plus. Terlepas dari design, user interface dan lainnya, kami menganjurkan Anda untuk membeli Vivo V5 Plus.

Setelah perbandingan antara Oppo F3 Plus vs Vivo V5 Plus di atas, kira-kira smartphone mana yang menarik perhatian Anda? Pilihlah smartphone sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Komparasinya sudah sangat jelas: jika Anda menyukai group selfie, Anda dapat mencoba Oppo F3 Plus. Jika Anda ingin hasil selfie Anda terlihat lebih meyakinkan, silakan pilih Vivo V5 Plus.