Aneka Tutorial Hijab Casual ala Zaskia Mecca Ini Bisa Anda Tiru, Lho!

hijab casual ala zaskia
hijab casual ala zaskia

Menjadi modis tanpa perlu mengesampingkan kewajiban sudah banyak cara-caranya di kehidupan kita, salah satu contohnya adalah tata cara berhijab. Dulu, sebagian orang masih beranggapan kalau perempuan berhijab adalah perempuan yang kolot, tidak dapat mengikuti perkembangan zaman, dan sangat tertutup. Hal tersebut wajar mengingat kewajiban menutup aurat ini untuk orang diluar sana seperti “menutup” seluruhnya. Sehingga wajar bila kesan gelap, kaku, tertutup melekat di status perempuan berhijab. Namun kenyataannya tentu tidak seperti itu.

Seiring dengan berjalannya waktu, stigma-stigma tersebut berhasil di pecahkan oleh beberapa desainer hijab yang mengeluarkan model-model baru dalam berjilbab maupun berhijab, dengan tidak mengesampingkan aturan yang ada. Zaskia Mecca merupakan salah satu dari sekian desainer yang berhasil mencetuskan warna baru dalam berhijab. Dengan style yang anggun namun tetap modern, berikut kami sajikan beberapa tutorial hijab casual ala Zaskia ini untuk Anda.



Tutorial Hijab Casual ala Zaskia yang Dapat Anda Tiru

Hijab untuk Hangout
Sering sulit mencari model hijab untuk hangout tetapi tetap memberikan kesan elegan pada Anda? Jangan khawatir, Zaskia Mecca punya tutorial model hijab untuk hangout dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Anda hanya perlu menyiapkan 1 buah inner hijab, 1 buah kerudung segi empat berbahan Paris, 4 buah jarum pentul, dan juga 1 headband bebas sesuai selera Anda. Berikut cara memakai hijab ala hijabers ini:

  1. Pastikan Anda sudah memakai inner hijab.
  2. Taruh kerudung di atas kepala dan buat kedua sisi sama panjang. Pasang jarum pentul di bawah dagu untuk menyatukan kedua bagian tersebut.
  3. Pasang headband setelah kerudung sudah dipakaikan. Headband ini berfungsi sebagai penambah estetika ketika berhijab.
  4. Setelah terpasang rapi, tarik sisi kanan ke atas kepala dan tancapkan jarum pentul di atasnya.
  5. Kemudian, tarik sisi kiri ke bagian belakang telinga dan tancapkan jarum pentul.
  6. Jika sudah terpasang rapi, bagian depan kerudung Anda pasti tersisa banyak. Sisa tersebut Anda tarik perlahan ke belakang.
  7. Ambil bagian belakang kerudung, letakan di atas kepala, lalu tancapkan jarum pentul diatasnya.

Voila, hijab segi empat Zaskia Adya Mecca ini sudah jadi. Jika anda ingin menambahkan aksen lain pada hijab Anda, Anda hanya perlu menambahkan bros kecil berwarna silver yang diletakan di sisi kanan untuk menambah kesan anggun pada hijab Anda.

Hijab untuk Arisan
Tidak perlu repot-repot untuk dipuji di depan teman-teman ketika arisan. Cukup tampil dengan chic dan classy dengan hijab casual ala Zaskia Mecca ini, pasti teman-teman Anda langsung menanyakan seperti apa caranya. Anda hanya perlu menyiapkan 3 buah jarum pentul, 1 buah inner hijab, dan 1 buah kerudung berbahan Pashmina. Cara memasangnya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan Anda sudah memakain inner hijab.
  2. Pasangkan kerudung di atas kepala Anda. Buat kedua sisi kerudung sama panjang. Satukan kedua sisi tersebut dengan jarum pentul di bawah dagu.
  3. Jangan lupa pasang jarum pentul di samping kanan telinga (dekat daerah pipi) agar kerudung dalam keadaan tetap atau mudah dibentuk.
  4. Tarik sisi kanan kerudung ke belakang Anda, dan tumpukkan bersama sisi kiri kerudung.
  5. Taruh kedua sisi tersebut ke belakang.

Dan jadilah seperti gambar diatas. Simpel, namun kesannya lebih rapi dan lebih elegan. Akan lebih chic lagi bila Anda memakai kalung bertema etnik untuk menambah warna dalam hijab dan pakaian Anda. Mungkin benar adanya perkataan bahwa tampilan akan menyembunyikan usia Anda, karena Anda akan tetap tampil mempesona dengan hijab ini walau Anda pasti akan selalu menua.

Hijab untuk Pesta
Pesta identik dengan sesuatu yang meriah. Namun kadang untuk bisa tampil semeriah mungkin, orang-orang menaruh berbagai macam pernak-pernik di tubuhnya. Hal tersebut bukanlah cara yang tepat untuk bisa tampil formal dan enak dipandang dalam pesta. Untuk Anda yang berhijab, Zaskia Mecca punya model hijab untuk pergi ke pesta tanpa harus secara berlebihan menambahkan pernak-pernik pada hijab. Anda perlu mempersiapkan 1 buah kerudung berbahan Paris, 3 buah jarum pentul, dan 1 inner hijab. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan Anda sudah memakai inner hijab. Taruh kerudung di atas kepala. Buat kedua sisi sama panjang
  2. Tarik sisi kiri kerudung ke belakang, dan lingkarkan pada leher Anda dan sisakan bagian kerudung untuk menutupi dada. Pasang jarum pentul di bagian ujung kerudung yang melilit leher Anda.
  3. Setelah beres, buat sisi kanan kerudung bertumpuk dan taruh di atas kepala. Pasang 2 jarum pentul agar bagian tersebut tidak mudah lepas.

Kini, hijab modis Anda untuk pergi ke pesta sudah dapat dipakai. Tambahkan aksesori seperti headband berwarna silver untuk menambahkan kesan elegan pada hijab Anda. Menambahkan bros untuk diletakan di bagian kiri kepala Anda juga dapat memberikan kesan elegan yang lebih pada pakaian formal Anda.

Hijab untuk Pengajian
Pergi ke pengajian juga perlu untuk tampil secara elegan, dengan menambahkan kesan lebih religius. Zaskia Mecca punya cara tersendiri untuk pergi ke pengajian, dan model hijab casual ala Zaskia ini juga bisa Anda tiru jika Anda akan pergi ke pengajian. Cukup siapkan 1 buah kerudung berbahan Pashmina (yang lentur dan panjang), 2 buah jarum pentul, serta 1 buah inner hijab. Cara memasangnya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan Anda sudah memakai inner hijab dengan baik.
  2. Taruh kerudung di atas kepala Anda. Buat sisi kiri kerudung lebih panjang dari pada sisi kanan kerudung. Satukan kedua bagian tersebut dengan jarum pentul yang dipasang di bawah dagu.
  3. Tarik sisi kiri kerudung ke belakang. Setelah itu, sisa dari sisi kiri kerudung itu ditarik kembali sampai habis.
  4. Pasang jarum pentul di atas kepala.

Jadilah hijab elegan untuk pengajian ini. Untuk menambah estetika, Anda dapat meletakan bros yang ukurannya cukup besar di bagian kiri kerudung Anda. Dengan gaya yang nyaman dan indah dilihat ini, Anda akan semakin semangat untuk mengikuti pengajian.

Wah, ternyata cukup mudah ya untuk tampil casual dan elegan dengan hijab, seperti hijab casual ala Zaskia Mecca yang sudah dipaparkan di atas. Selain model hijab, kenyamanan dan kesopanan pakaian juga perlu diperhatikan, ya. Karena tujuan dari hijab sendiri adalah untuk menjaga aurat perempuan, maka pakaian yang dipadupadankan harus sesuai dengan hijab yang dipakai. Semua wanita pasti menginginkan tampil cantik dan mempesona. Namun akan lebih cantik dan mempesona jika pakaian tersebut sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh pada masyarakat dan dimodifikasi seiring dengan berjalannya waktu, tanpa perlu untuk mengubah makna awal dari hal itu sendiri. Selamat mencoba, ya!