Merawat Burung Lovebird, Burung Lovebird, Lovebird, perawatan lovebird, perawatan harian lovebird,

Panduan Cara Merawat Lovebird untuk Pemula

5,731 views

Cara merawat Lovebird pada dasar nya tidak jauh berbeda dengan cara merawat burung – burung yang lain nya. Jika Anda sudah pernah memelihara burung jenis lain nya, Anda pasti tidak akan merasa kesulitan dalam merawat burung Lovebird.

Secara umum, aktivitas perawatan burung Lovebird mencakup aktivitas pemberian pakan, pembersihan kandang, memandikan, dan juga penjemuran. Dalam menjalankan semua aktivitas tersebut, Anda dapat mengikuti panduan berikut ini:

Pemberian Pakan
Aktivitas pemberian pakan burung lovebird wajib dilakukan secara rutin dan teratur setiap hari.

Frekuensi pemberian pakan burung lovebird sangat bergantung pada usia burung lovebird. Semakin muda usia lovebird yang akan diberi pakan, maka semakin banyak pula frekuensi pemberian pakan yang harus dilakukan.

Untuk lovebird dewasa sendiri, aktivitas pemberian pakan dapat dilakukan secara rutin satu kali dalam sehari, yaitu di pagi atau pun sore hari.

Penting untuk diingat, ketika memberikan pakan, Anda kami anjurkan untuk turut membersihkan wadah pakan dan minum burung lovebird. Pasalnya, jika dibiarkan kotor wadah pakan dan minum bisa dijadikan sarang bakteri yang nantinya dapat berakibat buruk pada kesehatan burung lovebird.

Pembersihan Kandang
Sama seperti halnya aktivitas pemberian pakan, aktivitas pembersihan kandang sebaiknya juga dilakukan secara rutin setiap hari. Hal ini perlu dilakukan agar kebersihan kandang tetap terjaga, dan burung lovebird yang dipelihara dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

Normalnya, aktivitas pembersihan kandang dilakukan ketika burung lovebird sedang dimandikan atau pun dipindahkan ke kandang khusus untuk mandi.

Dalam praktiknya, aktivitas pembersihan kandang harian hanya dilakukan dengan jalan membersihkan kotoran lovebird yang ada di bagian bawah kandang. Disamping itu, untuk menghindarkan kandang dari virus dan bakteri, setiap sebulan sekali, peternak juga dianjurkan untuk mencuci kandang dengan desinfektan (harus dilakukan dengan posisi kandang tidak dihuni).

Pemandian
Dalam memandikan lovebird, Anda dapat menggunakan dua macam cara.

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan semprotan atau pun sprayer. Dalam hal ini, Anda tidak perlu memindahkan burung lovebird Anda ke kadang khusus untuk mandi dan hanya perlu menyemprot burung lovebird dengan sprayer yang telah diisi dengan air bersih.

Kelebihan cara memandikan yang pertama ini ada di tingkat kemudahan dan kepraktisan nya. Namun, jika burung belum terbiasa, ketika disemprot menggunakan sprayer, burung lovebird biasa nya akan kaget dan sering kali akan merusak bulu nya.

Cara memandikan yang ke dua adalah dengan memindahkan burung lovebird ke kandang khusus untuk mandi. Dibandingkan dengan cara yang pertama, cara ini jauh lebih aman (dari kemungkinan terjadinya kerusakan pada bulu burung lovebird). Meskipun begitu, cara ini juga cenderung agak sedikit ribet dan juga tidak praktis.

Sekedar informasi, untuk mendapatkan hasil yang optimal, beberapa pecinta burung lovebird ada juga yang mengkombinasikan dua teknik memandikan burung lovebird di atas. Dalam hal ini, lovebird akan dipindahkan ke kandang khusus mandi sembari disemproti dengan menggunakan sprayer.

Penjemuran
Aktivitas penjemuran lovebird perlu dilakukan agar lovebird bisa mendapatkan suplay sinar matahari yang memadai. Disamping itu, aktivitas penjemuran juga bertujuan untuk menghilangkan bakteri dan virus yang ada di sekujur tubuh dan kandang lovebird.

Dalam praktiknya, aktivitas penjemuran biasa nya dilakukan selepas lovebird dimandikan serta kandang telah dibersihkan.

Penting untuk diperhatikan, agar bulu lovebird tidak mengalami kerusakan, aktivitas penjemuran sebaiknya dilakukan di pagi (lebih dianjurkan) atau pun sore hari. Selain itu, aktivitas penjemuran juga tidak boleh dilakukan lebih dari 3 jam per hari.

Nah, itulah sedikit panduan cara merawat Lovebird yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga membantu ya!

Gravatar Image
Pecinta dunia TV Serial Drama Korea dan konsen untuk membagi informasi baik Kesehatan, Film Bioskop Terbaru 2015, dan Informasi lainnya yang bisa saya bagikan.

One thought on “Panduan Cara Merawat Lovebird untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *