Buah, Diet Mudah, Buah Untuk Diet

Wow, Inilah Menu Berbuka Puasa Untuk Orang Diet!

14,349 views

Buah, Diet Mudah, Buah Untuk DietPuasa merupakan salah satu kegiatan ibadah yang pada pelaksanaannya adalah menahan makan dan minum selama sekitar 14 jam lamanya. Semestinya dengan berpuasa maka berat badan akan turun secara sehat dan alami, maka bulan puasa merupakan momen yang tepat bagi Anda untuk menjalankan program diet sehat.  Untuk itu sediakan selalu menu berbuka puasa untuk orang diet sehingga setelah menjalankan puasa selama sebulan Anda akan mendapatkan berat badan seperti yang diharapkan.

Berpuasa, khususnya puasa pada bulan Ramadhan selain merupakan ibadah wajib pada hakekatnya adalah aktivitas tubuh dalam mengeluarkan racun/toksin yang mengendap dalam tubuh selama setahun sehingga puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.



Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, jangan pernah menyediakan menu sahur dan menu buka puasa secara berlebihan. Konsumsilah makanan dan minuman secukupnya saja asal memenuhi standar nilai gizi. Hindari mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu yang mengandung lemak tinggi karena bisa memicu kenaikan berat badan.

Beberapa Menu Berbuka Puasa yang Sehat dan Bergizi Untuk Orang Diet

Jus Buah dan Buah Kurma
Jus buah dan buah kurma adalah sajian menu pertama yang bisa Anda cicipi untuk membatalkan puasa ketika adzan magribh telah terdengar. Selanjutnya segera ambil wudlu dan laksanakan sholat magribh.

Buah-buahan seperti jeruk, apel, dan mangga kaya nutrisi, serat, dan anti oksidan yang sangat baik bagi kesehatan. Demikian pula halnya dengan buah kurma. Buah kurma yang rasanya manis legit tersebut sangat disarankan dikonsumsi oleh orang yang berpuasa saat berbuka untuk memulihkan energi.

Nasi dan lauk pauk dengan porsi sedikit
Setelah selesai melaksanakan sholat magribh, Anda boleh meenyantap hidangan utama berupa nasi beserta lauk pauknya. Karena Anda sedang menjalankan program diet, maka kurangi porsi makan Anda. 1 centong nasi + daging ayam tanpa lemak (bisa diganti ikan/tempe/telur) + sayur sop (bisa diganti sayur bayam/ sayur lodeh/ tumis kangkung dan sebagainya) merupakan hidangan yang tepat sebagai menu berpuasa puasa untuk orang diet seperti Anda.

Perbanyak konsumsi buah  dan sayur pada malam hari
Setelah menyantap hidangan utama, stop makan! Dan pada malam hari setelah melaksanakan sholat tarawih, hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti kue basah, kue kering, atau camilan, namun konsumsilah buah-buahan seperti melon, semangka, jeruk, atau pepaya. Anda bisa pula mengkonsumsi sayur berkuah seperti sop atau sayur bayam tanpa nasi.

Minum air putih
Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari, 3 gelas saat makan sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, dan 3 gelas setelah sholat tarawih.  Hal ini untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh agar tidak terjadi dehidrasi.

Susu
Anda juga harus tetap minum susu untuk memenuhi kebutuhan gizi, akan tetapi susu yang Anda konsumsi adalah susu kalsium atau susu rendah lemak sehingga tidak berpengaruh pada peningkatan  berat  badan Anda. Jadi Anda tidak perlu khawatir berat badan akan naik karena minum susu.

Puasa merupakan saat yang tepat bagi Anda untuk menjalankan program diet agar terhindar dari obesitas dan badan lebih bugar. Intinya Anda harus disipiln dan berusahalah untuk tidak memanjakan diri dengan sajian-sajian nan lezat yang hanya mengutamakan soal rasa.

Setelah  seharian menahan lapar dan haus, Anda mungkin tergoda untuk menyantap berbagai menu yang tidak sesuai dengan menu berbuka puasa untuk orang diet. Namun itulah tantangan untuk Anda dan Anda harus bisa melewatinya. Semoga bermanfaat!



Gravatar Image
Ngeblog bukanlah sesuatu yang baru untuk saya, tetapi sudah menjadi rutinitas saya setiap hari. Saya sangat senang menulis tentang informasi Smartphone, Tablet PC, Laptop, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *