10 Hewan Transparan Yang Unik di Dunia

1,773 views
Dunia memang memiliki keragaman dan keunikan yang terkadang membuat kita mengucap takjub. Hal ini juga terjadi pada hewan, kali ini saya ingin membahas tentang 10 hewan yang memiliki kulit yang transparan.

1 katak Transparan

Katak satu ini memang terbilang unik, dimana memiliki tubuh dengan kulit yang tembus pandang. Katak ini asli dari Venezuela, katak tersebut merupakan keluarga dari Centolenidae Amfibi (Ordo Anura). Pada kulit bagian belakang katak kaca itu memiliki warna utama hijau limau, sedangkan pada kulit perut sangat transparan yang memungkinkan anda dapat melihat isi dalaman perut katak kaca ini seperti Jantung, Hati, Saluran Pencernaan. (Photo by Heidi and Hans-Jurgen Koch)



2. Ikan Berkepala Transparan

Ikan ini hidup di perairan air dalam, ikan ini dikenal dengan nama Barreleye atau dengan nama latin Macropinna microstoma tersebut memiliki kepala yang tembus panda dimana memiliki mata yang berbentuk tabung. Ikan ini sangat peka dengan cahaya yang bisa berputar di dalam perisai transparannya, mata ikan ini akan mengacung saat mencari makan. (Photo by MBARI)

3. Kupu-Kupu Transparan

Kupu-kupu merupakan jenis serangga yang memiliki bentuk dan warna yang paling cantik jika dibandingkan dengan serangga lainnya. Kupu-kupu masuk dalam kelompok Lepidotera atau serangga yang memiliki sayap bersisik. Kupu-kupu ini berbeda dengan sejenisnya karena memiliki warna sayap yang transparan, kupu-kupu ini ditemukan pada wilayah Amerika Tengah meliputi Meksiko hingga Panama. Serangga ini memiliki nama Glasswing Butterfly (Greta Oto) merupakan kupu-kupu sikat kaki, dimana memiliki sayap yang transparan. (Photo by Hemmy)

4. Ikan Zebra

Zebrafish merupakan ikan yang diciptakan oleh scientists pada tahun 2008, ikan tersebut memiliki genetika yang mirip dengan manusia dan ikan ini digunakan untuk memperlajari proses penyakit. Para peneliti di Children’s Hospital Boston telah menciptakan ikan zebra transparan yang memungkinkan para ilmuwan dapat melihat organ dalam dari ikan tersebut dan mengamati proses metastatis tumor dan produksi darah setelah melakukan transplantasu tulang sumsum. (Photo by LS)

5. Salp

Hewan ini merupakan keluarga dari ubur-ubur sebagai pakan Salp pada tanaman kecil di air yang disebut dengan fitoplankton (Ganggang Laut). Hewan ini memiliki kulit transparan dan memiliki ukuran berkisar 1 sampai 10 cm panjangnya. (Photo by DM)

6. Ubur-Ubur Transparan

Hewan ini biasa kita temukan banyak di perairan dalam, ubur-ubur merupakan hewan yang suka berenang bebas dan anggota dari Phylum Cnidaria. Hewan ini banyak ditemukan di setiap laut dari permukaan laut yang dalam. Salah satu dari contoh diatas merupakan ubur-ubur yang datang dari Genus Arctapodema dengan ukuran panjang 2,5 centimeter. (Photo by Bill Curtsinger)

7. Squid Transparan

Hewan ini biasa ditemukan di belahan laut bumi bagian selatan, hewan ini memiliki nama Glass Squid dengan nama latin Teuthowenia pellucid. Hewan ini memiliki organ mata yang bercahaya dan memiliki kemampuan untuk roll menjadi bola yang biasa dikenal dengan landak air. Hewan ini biasa dimangsa oleh ikan hiu goblin, ikan paus, dan burung laut samudera. (Photo by Peter Batson)

8. Ikan Es (Icefish)

Ikan ini banyak ditemukan di perairan dingin seperti Antartika dan Amerika Selatan. Ikan ini lebih dikenal dengan nama crocodile icefish atau dengan nama latin Channichthyidae. Hewan ini gemar memakan krill, copepods, dan ikan lainnya. Darah ikan ini transparan karena mereka tidak memiliki hemoglobin atau hanya memiliki eritrosit mati. Metabolisme ikan ini hanya tergantung dengan oksigen yang terlarut didalam cairan darah mereka yang diyakini akan diserap oleh kulit. (Photo by uwe kils)

9. Amphipod

Hewan ini disebut juga dengan nama Phronima, hewan tersebut merupakan salah satu spesies baru yang aneh dan baru saja ditemukan pada sebuah ekpedisi ke pegunungan laut dalam di Atlantik Utara. Makhluk udah kecil ini memiliki strategi dalam bertahan hidup seperti berupaya untuk menghilang karena memiliki tubuh yang transparan. (Photo by David Shal)

10. Udang Larva (Larva Shrimp)

Hewan yang datang dari keluarga udang ini banyak ditemukan di sekitar Hawaii, yang memiliki kulit transparan seperti layaknya ubur-ubur. Hewan ini memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dengan melakukan penyamaran agar tidak terlihat dengan pemangsanya. (Photo by Chris Newbert/Minden Pictures)
Demikianlah informasi yang bisa saya berikan tentang hewan yang memiliki tubuh transparan, apabila anda memiliki informasi lainnya bisa memberitahu saya.
Sumber: Wrock



Gravatar Image
Ngeblog bukanlah sesuatu yang baru untuk saya, tetapi sudah menjadi rutinitas saya setiap hari. Saya sangat senang menulis tentang informasi Smartphone, Tablet PC, Laptop, dan lain sebagainya.

One thought on “10 Hewan Transparan Yang Unik di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *