Musim Mudik, Musim Ganti Suku Cadang Sepeda Motor

109 views
Mudik, Motor
Sumber Gambar www.solopos.com

Meski lebaran sudah berlalu, tidak ada salahnya anda mendapatkan info menarik seputar suku cadang kendaraan sepeda motor yang perlu diganti sebelum mudik ke kampung halaman atau sebelum melakukan perjalanan jauh kembali ke tempat perantauan. Untuk memfasilitasi para pemudik yang menggunakan sepeda motor, telah disediakan banyak posko siaga yang tersebar di berbagai lokasi. Salah satu lokasi yang dimaksud adalah daerah Tajur, Bogor, Jawa Barat. Sejak pertama posko dibuka, posko langsung dikunjungi oleh para pemudik. Sembari beristirahat, para pemudik juga melakukan servis dan pengecekan terhadap kendaraan yang digunakannya. Sebagian besar pemudik meminta petugas posko untuk mengecek atau menservis bagian kampas rem, gir, busi, dan lampu.  Banyak pemudik juga yang ingin mengganti oli sepeda motor mereka. 
Spare parts yang wajib dicek
Beberapa komponen di atas wajib dicek atau diservis agar kendaraan sepeda motor dapat kembali prima performanya. Nah, bagi pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor yang kondisi atau performa sepeda motornya kurang baik, petugas posko siap membantu pengecekan dan servis total.  Khusus untuk pengecekan saja, 1 unit kendaraan sepeda motor hanya memerlukan waktu sekitar 10 hingga 15 menit saja. Akan berbeda jika kendaraan sepeda motor perlu diservis atau diganti suku cadangnya. Waktu yang diperlukan untuk menservis 1 unit sepeda motor adalah sekitar 1 hingga 2 jam. 
Posko juga diperbolehkan bagi pemudik yang ingin beristirahat
Para pemudik yang melakukan servis di posko siaga yang disediakan oleh salah satu perusahaan otomotif Indonesia ini juga akan mendapatkan keuntungan lainnya yaitu berupa diskon servis sepeda motorsebesar 20 persen. Namun ada pengecualian, seperti pergantian oli, ban sepeda motor, dan aki. Pemudik yang tidak melakukan pergantian spare parts alias hanya melakukan pengecekan saja, mereka tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Bagaimana dengan pemudik yang hanya menumpang untuk beristirahat saja di posko? Sah-sah saja. Para pemudik yang melakukan perjalanan hingga malam hari juga diperbolehkan untuk beristirahat di posko-posko siaga yang telah disediakan. Meski hanya menumpang istirahat, penjaga posko akan menawarkan layanan pengecekan ke semua pemudik sepeda motor yang singgah di poskonya. 
Pemudik sepeda motor tercatat mengalami peningkatan jumlah dari tahun ke tahun. Banyak pemudik yang memilih pulang kampung dengan menggunakan sepeda motor karena dianggap murah dan cepat bila dibandingkan dengan kendaraan umum seperti bus, kereta api, travel, kapal, dan pesawat. Pemudik juga bisa berhenti sesuka hati ketika merasa lelah berkendara. Dengan menggunakan kendaraan sepeda  motor, pemudik dapat menyusuri jalan-jalan pintas yang sedikit sempit dan sepi. Namun perlu diingat untuk selalu waspada dan berhati-hati saat mengendarai sepeda motor. Pastikan tubuh dan kendaraan dalam kondisi fit dan baik. Persiapkan hardware dan brainware dengan baik agar perjalanan mudik tetap lancar hingga selamat sampai tujuan.

Gravatar Image
Ngeblog bukanlah sesuatu yang baru untuk saya, tetapi sudah menjadi rutinitas saya setiap hari. Saya sangat senang menulis tentang informasi Smartphone, Tablet PC, Laptop, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *