Diet Sejak Dini Berpengaruh pada Kesehatan saat Dewasa

175 views
Gambar Illustrasi
Diet ketat kerap dilakukan oleh sebagian besar wanita untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Diet bahkan dijalankan sejak masa remaja di mana di masa-masa remaja seperti ini, seorang wanita mengidamkan tampilan yang sesempurna mungkin. Para remaja bahkan anak-anak yang banyak menjalankan diet dengan tujuan agar tubuh terlihat seksi seperti supermodel dan selebiriti dunia. Namun tahukah anda, diet ketat yang dijalankan di usia dini ternyata dapat menimbulkan dampak negatif pada kesehatan. sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seorang wanita yang menjalankan diet sejak dini, kecenderungan untuk menderita gangguan kesehatan akibat pola makan yang tidak benar. selain itu, diet yang dijalankan sejak dini  juga dapat berpengaruh pada tingkat kecanduan minuman beralkohol. 
Penelitian tersebut dilakukan di Florida State University, AS. Sampel penelitian merupakan siswa  berjumlah 1.340 orang. Dilansir dari Daily Mail,  keinginan para sampel untuk menjadi kurus sangatlah besar. Menjadi kurus semacam sudah menjadi budaya yang sudah melekat pada pikiran wanita  khususnya remaja. Berdasarkan hasil penelitian, sejumlah sampel penelitian mengatakan bahwa mereka telah menjalankan diet sejak usia dini. Sedang sampel-sampel lainnya  mengaku menjalankan program kontrol kalori sejak  usia 26 tahun. Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa semakin muda seseorang menjalankan diet, semakin besar mereka memiliki risiko gangguan kesehatan 10 tahun kemudian. 
Faktor-faktor yang mendorong terjadinya gangguan pola makan
Gangguan pola makan akibat menjalankan diet salah satunya didorong oleh beberapa faktor seperti faktor biologis, psikologis, dan faktor sosial. Faktor budaya dan faktor lingkungan juga berpengaruh besar terhadap dorongan untuk menjalankan diet di usia dini karena anggapan umum untuk istilah ‘cantik’ identik dengan langsing dan berkaki jenjang. Sejumlah selebriti dunia seperti Demi Levato dan Lady Gaga adalah selebriti yang pernah mengalami gangguan pola makan karena tuntutan tampilan tubuh yang langsing. Keduanya ternyata melakukan diet sejak usia muda seperti saat usia mereka 8 atau 9 tahun. Ternyata gangguan pola makan yang dialami oleh Demi ini membuatnya kecanduan kokain. Kini Demi sedang menjalani pola makan yang benar dan sudah terbebas dari jeratan narkoba. 
Sejumlah artis mengalami gangguan pola makan
Sama seperti Demi Levato, Lady Gaga juga menderita bulimia sebelum ia tenar seperti sekarang. Dikutip dari Majalah Vanity Fair, penyanyi solo yang selalu berpenampilan nyentrik ini mengaku bahwa dirinya menderita bulimia saat ia berusia 19 tahun. Diet yang terlalu ketat bahkan dapat menyebabkan kematian akibat tubuh kekurangan nutrisi (malnutrisi). Penelitian ini ada baiknya dijadikan sebagai referensi bagi kaum hawa untuk tidak melakukan diet ketat. Lakukan saja diet sehat agar tubuh tetap fit dan tampilan pun menjadi sempurna. Dengan menjalankan diet sehat, artinya anda mencintai tubuh anda sendiri. tampilan tubuh yang langsing seperti model akan menjadi sempurna jika tubuh tidak sehat.

Gravatar Image
Ngeblog bukanlah sesuatu yang baru untuk saya, tetapi sudah menjadi rutinitas saya setiap hari. Saya sangat senang menulis tentang informasi Smartphone, Tablet PC, Laptop, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *