Resiko Apa Saja Jika Hamil di Usia 40?

Hamil-2BDi-2BUsia-2B40-2BTahun
Hamil-2BDi-2BUsia-2B40-2BTahun
Gambar Ilustrasi Copyright FreeDigitalPhotos.net
www.jalaberita.com – Hamil di usia 40 memang cukup beresiko namun bukan berarti menjadi satu alasan untuk tidak segera memiliki buah hati.
Hamil di usia 40? Ada rasa cemas dan khawatir jika berdiskusi tentang masa hamil di usia yang bisa terbilang tidak seproduktif wanita di usia 20-an keatas. Salah satu penyebabnya adalah kondisi rahim yang mungkin tidak sekuat waktu muda sehingga kemungkinan timbul gejala atau efek lain bisa muncul. Meski demikian, bukan berarti kondisi yang ada menjadi momok yang menakutkan sehingga memilih untuk tidak hamil sama sekali.
Diakui memang jika tingkat pendidikan seseorang sangat berpengaruh terhadap keinginan untuk hamil. Bagi wanita pekerja terutama masyarakat perkotaan, menunda kehamilan saat mencapai usia 40 tahun bukanlah satu hal yang dianggap aib. Meski demikian, perlu diketahui bahwa tingkat kesuburan reproduksi sangat berbanding lurus dengan usia seorang wanita. Artinya, semakin tua wanita terebut maka peluang untuk hamil juga sangat sulit terjadi.
Tidak hanya itu hamil di usia 40 akan rentan dengan munculnya gangguan kesehatan seperti diabetes, gagal jantung hingga hipertensi. Yang tentu saja dijadikan sebagai kontribusi membahayakan bagi kondisi si calon ibu dan bayi seperti cacat atau malah berujung pada kematian.
Jumlah sel telur yang dihasilkan akan berkurang seiring dengan usia wanita yang bertambah. Potensi kesuburan yang umumnya sangat produktif di usia 25-an ke atas akan menyusut. Belum lagi aktifitas dan pola hidup juga sangat berpengaruh.
Meskipun demikian, seperti yang diuraikan diatas bahwa hamil di usia 40 bukanlah satu hal yang perlu dikhawatirkan. Tidak ada kata terlambat atau bahkan lebih baik menunda untuk dapat memiliki seorang anak yang diinginkan hadir di tengah-tengah keluarga. Hal ini dikarenakan kemajuan teknologi di bidang kesehatan terutama kandungan dalam kurun waktu belakangan ini telah sangat membantu banyak pasangan untuk mengatasi masalah kehamilan.
Tim medis akan memberikan tahapan atau prosedur tentang program yang sederhana namun sudah terbukti ampuh untuk mendapatkan kehamilan. Namun, sebaiknya bekali diri tentang informasi tentang informasi yang dibutuhkan sehingga mendapat keterangan yang cukup jelas tentang rencana yang harus dilakukan.
Yakinkan anda dan pasangan telah berdiskusi tentang rencana program tersebut. Hal ini sangat penting agar rasa nyaman dan aman dan nyaman untuk melakukan serangkain program dapat berjalan dengan sempurna terutama dalam memilih metode hamil di usia 40.